Kamis, 11 Oktober 2012

Proud of YOU! Indonesia Team For HWCMexico 2012

Sebagian dari mereka hidup dengan HIV, beberapa dulu adalah pecandu. Miskin kota serta termarginalkan oleh masyarakat tidak mengurungkan niat mereka untuk maju dan berjuang melawan diri mereka sendiri. Mereka bangkit dan maju melawan keterpurukan. Membuka pintu masa depan yang luar biasa.

Ajang Homeless World Cup bukan ajang pembuktian siapa kalah dan menang dalam pertandingan ini. Namun membuktikan bahwa siapapun yang berangkat jauh dari negara mereka menuju Mexico City adalah pemenang. Bukan mudah untuk Indonesia dapat menjadi bagian dari event sebesar ini. Masalah pendanaan menjadi faktor utama. Dan tim beserta masyarakat yang mendukung kegiatan ini berusaha cukup keras untuk mewujudkan mimpinya.

Melalui aksi donasi #1000untuk1 yang digaungkan sejak 2 bulan terakhir membuktikan bahwa masih ada masyarakat yang peduli. Walaupun pemerintah Indonesia dan PSSI, Persatuan Sepak Bola seluruh Indonesia tidak menyebut atau menganggap ajang ini penting, namun mereka terus maju.  Dengan dukungan dari Masyarakat,sahabat dan kawan, serta beberapa sponsor yang tidak bisa disebutkan satu persatu. Terkumpulah sejumlah uang untuk mereka berangkat ke Meksiko dan berlaga dalam ajang Homeless worldcup 2012.

Rasa syukur juga mereka haturkan dengan menjawab Nazar mereka. Yup, mereka bernazar jika ada keajaiban Tuhan yang bisa memberangkatkan mereka ke #HWC2012 mereka akan bermain sepak bola selama 24 jam. Dan hal itu mereka realisasikan. Saya hadir disana bersama rekan rekan Indonesia AIDS Coalition mendapat kesempatan meliput. Berbincang dan mewawancarai langsung pihak2 yang berperan besar dalam kegiatan ini. Nazar #Bola24Jam dilakukan selama 24 Jam penuh sejak pukul 5 sore tanggal 22 sept hingga pukul 5 sore tanggal 23 sept. Timnas Indonesia melawan lebih dari 60 tim tanpa henti. dukungan terlihat saat detik detik terjawabnya Nazar, seluruh sahabat dan kawan berkumpul di lapang Bawet dengan air mata syukur dan kebanggaan.

Keharuan juga saya rasakan saat mengantar dan melepas keberangkatan seluruh tim menuju Mexico tanggal 4 Oktober lalu. Menyanyikan lagu Garuda di dadaku, seluruh sahabat, keluarga serta official management dari Rumah Cemara..kami melepas mereka dengan kebanggaan.

Dan pagi ini, saya terbangun dengan rasa bangga. Menghirup udara pagi Indonesia yang begitu sejuk dengan sejuta perasaan yang saya ungkapkan dalam tulisan ini.

Indonesia kembali memenangkan pertandingan malam ini melawan Namibia dan Rumania. Setelah sebelumnya menjadi juara grup D dengan menang melawan Yunani, Skotlandia, Lithuania dan 1x kalah melawan Peru. Melanjutkan bertanding dengan masuk ke grup selanjutnya Indonesia kemarin menang melawan Bosnia Herzegovina. Dan hari ini dengan adu Penalti di akhir pertandingan Indonesia kembali memenangkan pertandingan melawan Namibia dan Rumania.

Yes is not finish yet. Ini belum selesai kawan! Saya tau kalian berusaha sekuat tenaga! Ini adalah perjalanan panjang yang akan kalian ingat , bahwa kehidupan adalah pertandingan sebenarnya. Kau harus melawan dirimu sendiri, ego mu, melawan segala luka dan masalah di masa lalu.

Kalian akan melihat gambaran besar kehidupan dan kedamaian abadi saat kau meresapi makna pertandingan yang sebenarnya. Pertandingan ini menguatkan kalian, membesarkan hati kalian, menguatkan jiwa kalian. Mengisi kekosongan pikiran kalian dengan semangat dan keberanian.
Kalian lah sang Juara kawan! Kalian membawa nama Bangsa Indonesia. Mengibarkan bendera Indonesia. Menyanyikan Indonesia Raya saat pembukaan kegiatan. Itu membuat saya menangis! Kalian lah pejuang kami kawan.

Namibia, Rumania, Bosnia, Skotlandia, Peru dan negara nagara tersebut hanya sebagian kecil dari kemenangan yang lebih besar! Kalian yang bertanding disini, lebih dari 70 negara adalah kebanggaan setiap negara kalian. Keluarga, sahabat dan orang orang yang kalian kasihi terus mengiriman jutaan doa dan semangat!!

Salam hormat seluruh Timnas Indonesia 
#HWCMexico 2012
MANGPRANG!!








 Foto hasil jepretan Dudi Sugandi dan dokumentasi Homeless worldcup Mexico 2012.

4 komentar:

  1. Wahyu Setyo Budhi11 Okt 2012 07.16.00

    I'm touched Kak, for sure! :')

    BalasHapus
  2. saya juga. saya tersentuh oleh keberanian dan kegigihan mereka menempuh perjalanan yang luar biasa ini. Mari kita menginspirasi lebih banyak orang dengan berbuat kebaikan! :')

    BalasHapus
  3. Bener-bener terharu...
    Indonesia Hebat :-Bd

    BalasHapus
  4. saya sepakat mas.
    mereka semua kebanggaan Indonesia!

    BalasHapus