Kamis, 31 Oktober 2013

AIDS Digital, Persembahan Kami Untuk Indonesia

sumber : pexels.com
Jika ada perasaan yang benar benar bisa mewakili perasaan saya pagi ini, adalah kemudian kata bangga yang keluar dari hati yang paling dalam. mengapa? maka saya akan menceritakannya pada paragraf berikut dalam tulisan ini...

Tahun lalu, berawal dari sebuah obrolan ringan mengenai banyaknya kesulitan yang dialami masyarakat untuk mengakses informasi HIV AIDS, baik informasi kesehatan itu sendiri.. juga informasi mengenai layanan kesehatan HIV yang dapat diakses oleh mereka. kemudian pelan pelan dengan upaya yang kami lakukan sendiri saat itu kami memulainya. Membuat catatan kasar, membuat konsep, berdiskusi dan menuangkannya. Aditya Wardhana, atau yang akrab dipangil Edo; dan Budi Rissetya atau biasa saya panggil bani. Dua orang hebat yang menjadi pengagas ide, dan mewujudkan semuanya. mereka mencoba mendeliver informasi serta ide yang ada, kemudian kami susun, bangun dan lengkapi.. bersama dengan seluruh tim Indonesia AIDS Coalition.

Hari ini adalah hari yang paling kami nanti. Dimana akhirnya, AIDS Digital akan diluncurkan secara resmi oleh Menteri Kesehatan Ibu Nafsiah Mboi. Sunggguh bangga dan lega secara bersamaan, karena akhirnya kami dapat mewujudkan mimpi kami selama ini. Jika bisa mengutip pidato yang akan disampaikan oleh Aditya pagi nanti saat acara peluncuran, dia menyampaikan beberapa poin penting..

" AIDS Digital lahir dari pengalaman dan pemikiran komunitas terdampak, yang selama ini merasakan sendiri bagaimana realita berjalanannya epidemi AIDS di lapangan. AIDS Digital lahir untuk menjawab kebutuhan di lapangan, yaitu kebutuhan untuk memberikan ruang yang aman dan nyaman sehingga siapapun bisa mendapatkan akses informasi terkait HIV dan AIDS yang akurat serta informasi layanan HIV dan AIDS yang dibutuhkan. AIDS Digital lahir guna memperkuat strategi penyebaran informasi yang telah ada, mempermudah serta memperluas cakupan informasi ini karena AIDS Digital bisa diakses oleh siapa saja, kapan saja dan dimana saja.

Saya yakin kita semua memiliki mimpi yang sama. Mimpi dimana Indonesia mampu mengendalikan epidemi AIDS serta menghilangkan tantangan bagi orang terinfeksi HIV guna mencapai kualitas hidup yang maksimal. Kami di IAC yakin jika kita bekerja bersama maka mimpi ini bisa kita wujudkan.."

Akhirnya, hari ini tiba.
Setelah hari hari menginput 1342 data bersama bani, siang dan malam. Hari hari mencari GPS Location, mengumpulkan data komunitas, dan akhirnya mendapat dukungan dari banyak pihak khususnya untuk masalah data, dan dukungan moril serta materiil. 

AIDS Digital, tampak pada iphone5 setelah di download
Ucapan terima kasih kepada Allah swt, Tuhan semesta Alam.. yang memberikan kami (saya, Edo, Bani, Irwan dan seluruh staff IAC) kekuatan.. hingga walaupun hidup dengan HIV, itu tidak membuat jiwa kami lantas mati. HIV membuat kami kemudian berfikir, apa yang bisa kami lakukan untuk lebih banyak masyarakat terdampak AIDS lainnya, agar hidup lebih baik.

Terima Kasih kepada Orangtua, Anak anak kami, suami dan istri serta pasangan kami, terima kasih telah memberikan kami ijin dan doa restu untuk siang malam seperti hantu berkeliaran di depan layar laptop kami masing - masing, kadang tidak pulang kerumah.. kadang dirumah lupa tidur.. terima kasih keluarga kami yang sudah memberikan kami dukungan dan semangat. Tanpa kalian, apalah artinya kami.

Terima Kasih kepada pihak pihak penting akan disampaikan oleh Aditya Wardhana dalam speech-nya. Saya juga berterima kasih pada mereka, namun tidak bisa diucapkan satu persatu. Terima Kasih telah memberikan kami kepercayaan bahwa ide kami layak untuk didukung dan terus bersama kami dalam proses ini hingga kedepan.

AIDS Digital bisa di download gratis di Apple Store, Playstore dan Blackberry Application Store!

Tautan Berita  lainnya terkait AIDS digital :

2. Kemenkes Segera Luncurkan AIDS Digital via

3. Dengan AIDS Digital, Tak Perlu Lagi Malu Akses Informasi tentang HIV via

4. AIDS mobile app to be launched | The Jakarta Post via

5. Indonesia Rilis Situs AIDS Pertama di Asia Pasifik via

6. SINDOnews : AIDS digital permudah akses informasi bagi ODHA

7. Menteri Kesehatan Akan Luncurkan | Republika Online via




Tidak ada komentar:

Posting Komentar