Selasa, 12 Mei 2015

30 Hari Pertama Pengobatan Lini 2 #Day5

sumber : google.com
Tidur saya sangat Pulas, bagaimana dengan tidurmu?
Catatan 12 Mei 2015

Sambil makan roti bakar, nyeruput teh anget manis. saya bahagia sekali pagi ini. karena semalam saya tidur nyenyaaak sekali. Alhamdulilah yahhh, sesuatu banget. Setelah drama mual dan puyeng, sakit kepala, diare, ga nafsu makan selama 4 hari ke belakang. Malam tadi, saya super tidur nyenyak Dan patut disyukuri, walau hal yang sangat sederhana, tapi buat saya yang lagi mood swing seperti ini adalah kebahagiaan besar. Nah, Setelah di hari pertama kemarin saya sudah membahas pokok persoalan yang saya hadapi, lalu di hari kedua saya mengajak teman teman memikirkan lagi tentang tantangan menjadi orang yang hidup dengan HIV, di hari ketiga saya cerita tentang bagaimana kerja kerasnya mengatur pola makan yang baik seperti apa, dan kemarin, hari keempat saya ajak teman semua untuk memahami dengan sederhana, tentang apa itu HIV AIDS. Hari ini, karena semalam tidur saya nyenyak. Maka saya mau kasih tips, buat teman teman ODHA yang sedang dalam tahap pengobatan, dan memiliki kesulitan untuk tidur. Mudah mudahan saya bisa berbagi ya, kenapa saya bisa tidur pules semalam.

Nah, berdasarkan informasi yang saya baca, tidur bisa diartikan sebagai bagian dari periode alamiah kesadaran yang terjadi ketika tubuh direstorasi (diperbaiki) yang dicirikan oleh rendahnya kesadaran dan keadaan metabolisme tubuh yang minimal. Secara otomatis, otak kita memprogram untuk tidur begitu gelap datang dan terbangun ketika terang tiba. Pun kita bisa tidur kapan saja, baik karena mengantuk ataupun dipengaruhi obat-obatan.
sumber : www.huffingtonpost.com
Kenapa Manusia membutuhkan tidur? Atau kenapa harus sih tidur itu? Saya sendiri gak tau jawabannya, saya sudah diajari untuk tidur siang minimal 1 jam setiap harinya sejak kecil, saya juga paling suka saat tidur, karena saat tidur, seluruh tubuh saya dapat lebih relaks dan santai, dan konon katanya, saat tidur tersebut tubuh memperbaiki bagian bagian yang rusak, atau menyempurnakan pertumbuhan untuk anak anak yang masih dalam masa pertumbuhan. Selain itu, tidur adalah hobi saya. Saya termasuk dapat menikmati tidur dimana saja. di atas tikar, karpet, dipan, sofa empuk, kasur hotel yang mahal, ataupun kasur kapuk kesayangan saya dirumah. Kalau mama saya bilang, dulu saat tidur, saya sangat kebluk. yang dalam bahasa jawa, konon artinya tidur tanpa terganggu suara apapun, sampai suara keras pun saya dapat tidur nyenyak.

Semenjak hidup dengan HIV. Saya memiliki fase yang beragam dalam tidur. Kadang sulit, kadang mudah karena dibawah pengaruh obat yang saya konsumsi. Kadangkala, Saya sedih jika tidak bisa tidur, atau tidur dalam pengaruh efek samping obat, karena keduanya, tentu saja membuat pagi menjadi berantakan, saya cenderung bangun dalam keadaan sakit kepala, atau bangun kesiangan, dan tentunya keleyengan yang pasti mendera dan menghalangi saya beraktifitas normal keesokan paginya. 6 tahun kebelakang, salah satu obat ARV yang saya minum setiap malam, memiliki efek samping tidur, namun bangun tidur selalu keleyengan. Nah, dengan obat yang baru ini, alhamdulilah, saya merasakan bisa tidur atas kemauan diri saya, bukan dipengaruhi oleh obat. Dan, ada beberapa tips penunjang, bagaimana kira kira caranya supaya kita bisa tidur nyenyak dan bangun dengan segar keesokan harinya.

sumber : google.com
1. Selesaikan semua pekerjaan terlebih dahulu
Walau sulit. ini adalah poin utama yang harus dikerjakan sebelum kita hendak tidur. Baik itu pekerjaan kantor (yang sebaiknya tidak dibawa kerumah), atau pekerjaan sehari hari seperti merapihkan rumah dan mengurus anak. semua dikerjakan tuntas sebelum waktu kita tidur. Pastikan tuntas dikerjakan, karena biasanya tidur kita bisa gak tenang. Seperti saya, saya paling gak tenang kalau sebelum tidur, di dapur masih berantakan dengan piring kotor. Saya gak akan bisa tidur, karena khawatir akan serangga seperti kecoak dan semut yang akan berkeliaran di dapur. Saya juga selalu merapihkan ruang tengah dan meja kerja dengan rapih sebelum tidur. Dengan harapan, besok pagi tidak ada lagi beban pekerjaan sisa hari ini yang akan membuat mood kita berantakan dengan pekerjaan yang menumpuk di pagi hari. 
sumber : google.com
2. Perut kenyang
Sebelum tidur, pastikan perut dalam keadaan cukup kenyang, bukan kekenyangan. Entah kenapa, saya juga gak ada yang mengajarkan, tapi kok rasanya, kalau belum makan saya gak akan bisa tidur dengan nyenyak. Menurut para ilmuwan, terjadi reduksi oksigen yang diserap tubuh kalau kita sudah kenyang.  Dari hasil tes, oksigen tubuh berkurang sebesar 20-40% atau sekitar 5-10 detik karena pernapasan berat atau hiperventilasi. itu kenpa kita membutuhkan waktu untuk mencerna makanan sebelum tidur, karena sesungguhnya badan sudah cukup kelelahan dan penuh dengan makanan. Jadi pastikan, sebelum waktunya kita tidur, kita sudah makan. Makan yang cukup tidak berlebihan.
3. Jangan lupa minum obat
Bagi teman teman ODHA, atau teman teman yang sedang dalam recovery kesehatan dan harus mengkonsumsi obat. jangan sampai lupa minum obat obatan kita sebelum tidur ya. Jangan sampai karena sudah kenyang, cepat cepat kita naik ke tempat tidur dan memejamkan mata. Wah, kalau kelupaan minum obatnya kan bisa gawat tuh. Bisa juga dibantu oleh keluarga kita untuk mengingatkn kita minum obat, atau menggunakan alarm di handphone untuk pengingat waktu minum obat sebelum tidur.

Sumber : Google.com
4. Minum segelas teh atau susu hangat
Dari kecil, mama saya selalu membiasakan minum susu sebelum tidur. Setelah beranjak dewasa, sudah sedikit berkurang tapi masih sering saya lakukan. Minum segelas susu hangat, dapat membuat kondisi tubuh nyaman sebelum tidur. Itu kenapa komposisi makan malam tidak boleh berlebihan, karena bisa dibantu dengan susu supaya lebih kenyang. Nah, bagi teman teman yang mengkonsumsi obat obatan di malam hari. Upayakan minum susu 1 jam sebelum atau sesudh minum obat agar tidak mengganggu kerja obat dalam tubuh. Selain susu, ada pilihan lain seperti teh hangat atau jahe hangat.  Akan semakin nikmat, kalau susunya dibikinin sama suami tercinta atau anak tersayang. ehehehe..

Sumber : Google.com
5. Menyikat Gigi
Coba ngaku, siapa yang selalu lupa sikat gigi sebelum tidur? Alhamdulilah saya termasuk orang yang rajin menggosok gigi setiap hari sebelum tidur. Dan setelah saya cari tahu, betapa pentingnya menyikat gigi pada malam hari khususnya sebelum kita tidur. Beberapa alasan tersebut diantaranya adalah, Bakteri yang ada di mulut dan gigi kita lebih cepat berkembang di malam hari. Dan Faktanya bakteri perusak gigi yang tidak pernah beristirahat akan semakin aktif dalam keadaan mulut yang kekurangan air liur seperti pada saat tidur malam hari. Jadi ketika kita tidak menyikat gigi sebelum tidur, wahh sama aja deh kita ngasih kesempatan pada bakteri bakteri di gigi kita untuk berkembang lebih cepat, lalu mengubah sisa makanan menjadi asam yang dapat melaturkan email gigi, sehingga gigi kita akan seperti jalan yang rusak alias berlubang. duh, amit amit deh, wong mau sehat kok malah jadi cari penyakit. Nah, maka dari itu, siapa yang masih pingin melewatkan sikat gigi sebelum tidur, siap siap menikmati gigi yang penuh lubang yah.
 
sumber : google.com
6. Menggunakan baju tidur yang nyaman
Beres beres rumah udah, kerjaan yang lain juga udah, perut udah kenyang, dan mata mulai mengantuk.. gak lupa kan sikat gigi. Setelah semua dilakukan, pastikan kita tidur dengan bahan yang nyaman. Gak harus kok tidur menggunakan piyama (seperti orang orang kebanyakan), ada yang senang pakai daster, ada yang senang pakai kaos biasa, ada yang senang tidur hanya pakai singlet. bebaskan kita mau tidur menggunakan pakaian seperti apa, tapi pastikan pakaian tersebut tidak berbahan panas, dan nyaman di kulit khususnya saat tubuh sudah terlelap. Jangan sampai kita berkeringat tengah malam, dan mengakibatkan kita kembali terbangun saat sedang asik asiknya tidur.
7. Membersihkan kasur dan kamar
Saat kita sudah terlalu mengantuk, banyak yang lupa bahwa kasur harus kita rapihkan sebelum tidur. Bisa dibersihkan dengan sapu lidi khusus kasur, juga bantal dan gulingnya. Juga tak lupa merapihkan kamar. Kalau kita biasa merapihkan kamar dan kasur di pagi hari, tentunya kita tidak akan perlu repot repot membersihkan kamar kita di malam hari sebelum tidur. Mungkin kita hanya tinggal merapihkan kasurnya menggunakan sapu lidi, agar tidak ada debu, atau tungau (kutu kasur).
8. Jangan membicarakan pekerjaan, persoalan rumah tangga, atau yang lainnya
Bagi mereka yang sudah tidak tidur sendirian seperti saya. usahakan untuk tidak membicarakan pekerjaan, persoalan rumah tangga, atau masalah lainnya saat di kasur. Kenapa, karena tidak selalu pembicaraan bertema pekerjaan dan urusan rumah tangga akan berakhir indah, bisa jadi kita malah akan bertengkar dengan pasangan. Padahal, itu adalah moment moment dimana akhirnya kita dan pasangan dapat beristirahat setelah beraktifitas seharian. Kecuali, bagi mereka yang dapat berkomunikasi dengan tenang dan santai. Tapi tetap saja, ngobrol panjang lebar sebaiknya dilakukan sebelum tidur. Agar persoalan selesai, dan tidak mengganggu istirahat kita.

Sumber : Google.com
9. Matikan handphone
Ini hal yang masih cukup sulit saya lakukan setiap kali hendak beristirahat. Kegemaran mengecek seluruh akun social media, dan mengupdate status di facebook. selalu menjadi kendala untuk tidak segera mematikan handphone kita. Tapi alhamdulilah, setelah proses panjang pemulihan kesehatan, saya mulai bisa memprioritaskan istirahat ketimbang telfon genggam pintar saya. Dan tidur jauh lebih nyenyak, karena tidak akan terganggu notifikasi yang masuk atau bunyi bunyian lain dari telfon genggam kita.
10. Matikan lampu utama pada kamar
Bagi beberapa orang, tidur dengan lampu menyala adalah kebiasaan. tapi saya termasuk orang yang lebih nyaman saat  lampu di kamar dimatikan menjelag tidur. Karena kalau terlalu terang biasanya saya gak akan bisa tidur dan bisa bisa terjaga. teman bisa menyalakan lampu tambahan yang watt-nya lebih kecil, sehingga tetap ada lampu yang menyala walau lampu utama pada kamar dimatikan.
11. Sesuaikan suhu udara di kamar dengan kondisi tubuh
Nah, jika teman tinggal di daerah yang suhunya panas, seperti Jakarta. Maka teman bisa menyalakan pendingin ruangan atau kipas angin agar kamar menjadi lebih sejuk. Sebaliknya jika tinggal di wilayah yang dingin, kita dapat menyiapkan selimut untuk menghangatkan tubuh.

12. Kunci pintu
Biasakan mengunci pintu kamar. Karena saat kita tidur, adalah saat dimana kita beristirahat dan upayakan menghindari kemungkinan adanya gangguan. Kuncilah pintu untuk keamanan dan privacy.

sumber : google.com
13. Memeluk orang terkasih  
Katanyaaaaaaa.... memeluk Orang Tersayang 8 Kali Sehari, Hidup Jadi Lebih Sehat Lahir Batin lho. Psikolog Melly Puspita Sari, Psi, M, NPLm Psychologist menyebutkan, pelukan yang dilakukan minimal delapan kali sehari bisa membuat hidup lebih sehat. penelitian dari University of North Carolina, Amerika Serikat, pelukan bisa menurunkan kadar hormon stres (kortisol) sekaligus meningkatkan hormon oksitosin yang mampu memberikan perasaan tenang. Bahkan, penelitian yang disebutkan oleh Kathleen Keating dalam bukunya 'The Hug Therapy', empat kali pelukan bisa mempertahankan hidup. 12 kali pelukan untuk kesehatan dan kebahagiaan. Waduhhh gak usah dijelaskan lagi lah yaaa.. Alhamdulilah setiap menjelang tidur, saya selalu memeluk anak dan suami saya. It makes us feel much better, setelah banyak masalah atau hal hal berat kita rasakan. Seperti yang saya alami saat merasakan efek samping minum obat.
14. Berdoa
Hal yang paling penting dari semua, sebagai penenang hati, berdoa dapat menjadi hal yang rutin dilakukan. berdoa akan membuat hati tenang, dan mendekatkan diri kita kepada sang pencipta.

Nah, ke-14 hal tadi sebisa mungkin akan saya lakukan terus menerus, selain membantu kita tidur, hal hal tadi akan menyehatkan tubuh. Yang utama bagi saya dan teman teman dengan HIV lainnya, hati yang bahagia dapat menyehatkan tubuh. Sedangkan Stress, merupakan sumber penyakit yang sangat besar. tubuh pun dapat memproduksi hormon yang menguatkan imun tubuh ketika Anda merasa gembira atau santai. Contohnya adalah serotonin, dopamin, relaksin, atau oksitosin. Ketika hormon-hormon ini masuk ke aliran darah, mereka akan mengirimkan sinyal agar tubuh menciptakan lebih banyak sel imun. Bahkan tertawa selama lima menit akan secara signifikan meningkatkan jumlah sel darah putih yang berfungsi untuk membunuh sel penyakit. Nah, tidur yang nyenyak merupakan salah satu indikasi kita nyaman dan tenang serta beristirahat cukup. Semoga malam ini saya dapat tidur nyenyak lagi yaaayaaaayaaahh...
Referensi Bacaan:

3 komentar:

  1. Kunjungan pertama ke blog kamu nih mbak :D salam kenal ya hehe

    BalasHapus
  2. Sepertinya tips-tipsnya juga bisa diterapkan untuk yang sehat :)
    Makasih tipsnya mba :)

    BalasHapus
  3. iya mba, akupun kalo tidur dgn byk pikiran krn masalah kerjaan, pasti ga bkl bisa tidur.. ato kalo sebelumnya aku ngopi2 di starbucks ato kopi2 lainnya, udhlah, dijamin melek ampe subuh ;p katro ni mata emg...lgs keok pas ketemu kopi -__-..

    trs 1 lg, spy tidur nyenyak aku hrs mandi... tau sih kalo mandi malam emg ga bgs..tp sjk di jkt yg suhunya emg lembab dan panas, aku brnan g bakal tdur kalo ga dlm keadaan bersih dan wangi.. :D keringetan itu bikin gerah dan ujung2nya ga ngantuk

    BalasHapus