Jumat, 28 Oktober 2016

Bagaimana Cara Menikmati Terapi ARV Seumur Hidup?

Tadinya, saya ingin memberi judul tulisan ini menggunakan bahasa Inggris "How to Enjoy Your Lifetime Therapy?". Rasanya lebih enak gitu dibacanya.. lalu saya berfikiri, Ahh dasar kamu Ayu, Ke BARAT - BARAT an.  Hahaha, akhirnya, demi tulisan ini dapat dipahami oleh semua pembaca saya. Maka saya memutuskan untuk menggantinya dengan menggunakan bahasa indonesia. Nah, seperti judulnya yang bisa dibaca dengan jelas ya, hari ini saya akan menceritakan bagaimana cara saya menikmati terapi / pengobatan yang berlangsung seumru hidup saya ini. Tips ini mungkin gak bisa pas yaa sama semua orang, tapi paling gak.. semoga teman - teman bisa menggambil cara - cara yang menurut kalian pas dan asik buat dijalanin juga.

Kalau kalian bingung, terapi apa sih, si ayu nih? Emang dia sakit ya. Coba baca tulisan saya sebelumnya disini : Anti Retroviral Theraphy, My Life Pills. Kalian juga bisa baca - baca bio saya, atau tulisan saya sebelunmnya, tsebenarnya ada apa dengan si ayu. Hehehe.. Semoga bisa menjawab kebingungan pembaca yang baru hari ini banget mulai kenal blog saya. dan dalam rangka mensyukuri usia kandungan yang memasuki usia 8 minggu, saya ingin lebih banyak berbagi dengan kalian semua. So, Please enjoy cerita hari ini yah!

Kira - kira, apa yang harus kita lakukan jika ternyata penyakit yang kita idap harus diobati dengan pengobatan selama seumur hidup. Bukan cuma HIV lho, ada beberapa sakit yang mengharuskan pasiennya mengkonsumsi beberapa obat - obatan sepanjang hidup mereka. Seperti sakit jantung, kemudian diabetes, yang juga sama sama harus mengkonsumsi obat-obatan agar kondisi tubuh mereka tetap stabil dan terjaga. Coba deh, jika kamu punya kerabat yang memiliki masalah dengan jantung atau diabetes, pasti mereka juga merasa kelelahan dengan pengobatan yang mereka jalani. Bukan hanya lelah, ada rasa bosan yang dirasakan, dan itu sangat manusiawi. Jangan dimarahin lho! Hahahaha, karena rasanya gak enak banget kalau dimarahin karena soal minum obat.

Biasanya saya melakukan beberapa hal dalam rangka belajar menikmati terapi Anti Retroviral yang saya jalani seumur hidup ini. Bukan tidak pernah saya lalai dan lupa ya, tapi saya selalu beljar dari kesalahan yang ada. Yang pertama saya lakukan adalah memasang alarm pengingat minum obat di handphone saya.. juga handphone suami, dan jam tangan digital miliknya. Hehehe, jadi pas jam nya minum obat, rame deh satu rumah dengan bunyi alarm. Tapi karena sudah terbiasa minum obat pukul 9, maka sebelum jam nya saya akan menyiapkan obat tersebut. Hal ini dapat mengantisipasi rasa lupa, atau malas yang disengaja. Jadi kalau saya lagi ngeblog nih, saya akan meletakan segelas air dan obat yang akan saya minum di meja saya. Karena saya sadar, saya gak bakalan deh beranjak dari tempat duduk saya sampai tulisan saya selesai.

Selain alarm pengingat minum obat, yang juga penting adalah mengajak keluarga atau pasangan kita untuk terlibat sebagai pengingat minum obat secara langsung. Biasanya suami dan anak saya, walaupun mereka ga ada dirumah, atau saya yang sedang keluar kota, mereka akan mengingatkan kita melalui telfon atau pesan singkat, apakah saya sudah minum obat belum. Hal ini sangat membantu, membuat kita tidak merasa sendirian dalam menjalani pengobatan kita.

Kita juga bisa memotivasi diri kita untuk menikmati momen minum obat dengan mengemas obat kita dengan menarik. Sekarang kan sudah banyak dijual baik di apotik ataupun supermarket, kotak penyimpan obat dengan berbagai warna, ukuran serta model. Saya paling juara deh yang namanya koleksi kotak obat, dari yang biasa aja -kotak transparan-, sampai yang warna warni, atau ada signature khusus yang bertanda nama kita, sampai akhirnya sekarang karena jumlah obat saya yang banyak dan dengan botol yang besar serta tidak boleh terkena panas, maka saya beli tas kecil khusus untuk membawa semua obat - obatan saya. Didalamnya saya juga bisa menyimpan obat - obatan serta vitamin saya yang lainnya. All in one pocket.

Hal yang gak kalah penting adalah Memberikan diri kita Penghargaan/Hadiah, atas upaya keras yang kita lakukan selama sekian lama mengkonsumsi begitu banyak pengobatan. Banyak banget nih yang cuek dan ngerasa cara ini tidak begitu penting. Tapi ini sangat berarti buat saya, misalnya.. dulu pas baru baru sekali mulai terapi ARV, rasanya kok sangat berat sekali. Tapi kemudian, saya berjanji pada diri sendiri, jika minggu pertama ini saya bisa menjalani pengobatan dengan lancar, maka saya mengijinkan diri saya pergi di akhir minggu ke bioskop dan nonton film kesukaan saya sebagai hadiah. Sehingga saya termotivasi untuk mlakukan sesuatu. Reward ini bertahap, dari mulai mingguan, bulanan, 3 bulanan, 6 bulanan sampai tahunan. Sampai pada akhirnya, kita tidak perlu memiliki alasan apapun untuk tidak minum obat, karena ini sudah menjadi bagian dari kehidupan kita.

Find a Friends to Talk and Share! ini juga bagian yang sangat penting dalam proses saya menikmati pengobatan saya. Saya memiliki beberapa kawan setia plus suami yang senantiasa mendengarkan cerita dan keluh kesah saya, setelah berpanjang lebar cerita dengan mereka, biasanya semua terasa jauh lebih baik dan menyenangkan. Disamping cerita, kita juga bisa berbagi tawa serta pelukan yang akan memberikan lebih banyak energi positif.

Hmmm, apalagiii yaaaa... well.. sebenernya semua kembali ke diri kita sendiri sih. Jika kita sudah meniatkan diri ingin sehat, ingin kehidupan yang jauh lebih baik, semestinya kita jangan ragu - ragu untuk menjalani pengobatan kita juga. Karena, percaya atau tidak.. tidak ada orang lain yang bisa menolong diri kita selain diri kita sendiri. Kita gak bisa terus menerus bergantung kepada orang lain untuk membantu, mengingatkan, menghapus air mata dan memeluk kita, meskipun sejujurnya we really need other people in our life. Dan satu lagi, Jangan pernah lupa "Jika kita merasa lelah menjalani ini semua, ingat perjuangan kita di awal saat memulainya". Doakan saya dan si jabang baby ini selalu sehat, baik selama di dalam kandungan dan sampai proses melahirkan nanti yaaa teman - teman. Semoga kalian semua juga selalu dilimpahkan sehat dan kebahagiaan!

Love!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar