Kamis, 14 Mei 2020

Conversation with My Antiretroviral Teraphy | Bonus Podcast*

Ayu : “Duh gede banget ya botolnya, mana dua butir setiap minum.. ada dua jenis lainnya pula.. jadi tujuh butir sehari astagaaaaa….huff”

Aluvia : “Woy, enak aja lo baru ketemu udah ngatain gue gede! Body shamming namanya!”

Ayu : “Eh maap maap.. bukan itu maksudku.. eh lho kok kamu bisa ngomong.. kok serem sih…”

Lamivudine : “Iyaaa mulai hari ini kita akan selalu ngobrol kayak gini.. ga usah takut nyantei aja!”

Tenofovir : “Iyaa santai aja. Kamu nih kayak baru liat obat sekali ini. Kan empat tahun kemarin kamu juga dah ngerasain obat yang lainnya. Meski akhirnya ga bekerja dengan baik kan di badan kamu..”

Aluvia :  “Akhirnya ketemu deh sama kita. Makanya mulai hari ini kami bertiga akan jadi lebih bawel supaya kamu sehat terus”

Ayu : “Aku sebenernya nervous banget. Kalian ini pilihan terakhirku lho, kalau setelah kita coba ternyata kalian juga ga bekerja di badanku.. terus aku harus beli ke luar negeri? Mana ada aku uang buat tiap bulan harganya jutaan rupiah? huff”

Lamivudine : “Udah ribet sih takut duluan.. si Aluvia nih Booster. Nanti kamu rasain sendiri deh.. di dalamnya ada lopinavir ritonavir yang terkenal mereka.. bisa naikin jumlah kekebalan tubuh kamu secepat pesawat jet”

Tenofovir : “Tapi sama aja boong kalau kamu ga jaga kesehatan uy. Kamunya juga harus makan yang bener.. tidur yang teratur.. olahraga… jangan kebanyakan takut kayak gini.”

Aluvia : “udah ah kebanyakan basa basi. Jadi, kita bikin kesepakatan aja sekarang. Kamu mau minum jam berapa? Coba cek jadwal urusan hidupmu dan kerjaanmu. Jangan nanti malah jadi alesan buat ngelupain kita..”

Ayu : “Hmm… biasanya sih jam Sembilan ya. Jam Sembilan aja deh. Menurut kalian gimana?”

Tenofovir : “Aku si oke oke aja, aku kan cuma sekali minum. Si Lami sama ALu tuh yang dua kali kan.. kamu mau minum pagi atau malam?”

Ayu : “Kamu malam deh. Biar pagi.. aku lebih rileks.. “

Aluvia : “Kemarin orang apotiknya cerita ga apa yang terjadi setelah minum aku, sama Lami dan si Teno nanti?”

Ayu : “Eh enggak dong, mereka ga cerita apa apa. Mungkin karena dia pikir aku pasien lama ya. Jadi kagok dipikirnya aku udah pinter mungkin atau aku bisa browsing. Eh emang nanti ada efek samping yang bikin capek kayak dulu lagi ya?”

Lamivudine : “Kalau aku sih nyaman Yu, kamu santai lah minum aku. Udah mungil, less side effect! Si Alu sama Teno tuh yang rada PR”

Ayu : “Ah sukurlah. Ayo dong kasih tau..”

Aluvia : “Hmm.. gini.. mulai hari ini kamu harus menjaga pola hidup sehat ya. Jaga makanan yang masuk ke perut besarmu itu.”

Ayu “Woyyyy kok ngatain aku perut besar! Katanya ga boleh body shamming!”

Aluvia : “Eh maaf maaf… hehehe Kan udah akrab jadi suka kelepasan. Pokoknya jaga makanan yang kamu makan yaa. Jangan berlebihan makan makanan yang mengandung dan memicu peningkatan kolesterol. kurangi makanan manis juga... Jangan sampe kamu kena serangan darah tinggi atau diabetes. Aku bakalan bikin kamu lebih sensitive soalnya”

Ayu : “Yah kok berat amat. Aku ga boleh makan cumi atau udang lagi dong.. huff”

Aluvia : “Ya boleh aja. Tapi jangan kayak orang napas.. setiap saat. Pokoknya itu deh. Sama satu lagi pas kamu boker nanti.. kamu ga bakalan ngeden lagi mulai sekarang. Karena aku akan bikin feses kamu jadi cair. Bukan diare yahhh.. tetep sehari dua kali kok.. tapi  ya itu encer aja jangan kaget”

Ayu : “hmm itu ga masalah lah.. bisa dihandle.. terus apa lagi dong”

Tenofovir : “Aku bakalan bikin kamu kehilangan kepadatan tulang, saat usia kamu makin tua nanti. Maaf ya. Tapi kamu masih bisa konsumsi suplemen kalsium dan vitamin D kok. Atau dari sekarang sering olahraga”

Teno, Lami dan Alu: “kok kamu diem ajaaaa…. Haloooooo… jangan sedihhh dong. kenapa mukanya gitu”

Ayu : “gak apa apa. Aku pengen hidup lebih lama.. aku pengen liat anakku kuliah di universitas.. Aku juga pengen jalan jalan ke selandia baru… katanya udara di sana palong bersih dari semua udara di muka bumi. Aku akan minum kalian dengan benar sesuai dengan waktunya, caranya dan semua yang kalian ceritakan akan ku dengar dengan baik dan ku laksanakan”

Teno, Lami dan Alu : “Yeayyyyyyy!!! Eh udah jam Sembilan kurang lima nih.. yuk siap siap! Ayu mau minum kita!”

Ayu : “wait wait wait.. aku mau berdoa dulu. Kita berdoa bareng ya. Supaya sampai aku tua nanti aku ga perlu ketemu obat lainnya. Aku mau sehat dan sama kalian aja terus”

Ayu : “Tuhan, anugerahkanlah kepadaku kedamaian… untuk menerima hal-hal yang tidak dapat aku ubah; keberanian untuk mengubah hal-hal yang dapat kuubah; dan kebijaksanaan untuk mengetahui perbedaannya.”

***

Tulisan ini dibuat pada kelas CS Writers Club yang dilaksanakan setiap hari kami. More Info about the club check their IG @CSWritersClub

Listen to the most recent episode of my podcast: Conversation with My ARV Teraphy 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar