Rabu, 10 April 2013

Suka Duka Jadi Admin



Sebuah curhat di pagi yang sangat malas. tentang suka duka menjadi administrator.
ini bukan kisah seorang sekretaris di sebuah perusahaan yang mengoperasikan atau menjalankan tugasnya sebagai administrator. tapi ini adalah administrator atau sebut saja singkatnya admin, dari sebuah atau banyak media sosial. Mulai dari Akun twitter, facebok, website dan blog. apa tugas dan tanggung jawabnya, bagaimana perasaannya, bagaimana tantangannya, apa harapannya kedepan. (eh, kenapa saya merasa seperti akan mengisi sebuah testimonial ya?)

Sebutlah saya menjadi admin di 7 Akun twitter dan menjadi costumer service dari blacberry messenger operator dari sebuah gerakan. setiap harinya saya bertugas untuk mengatur konten yang akan saya terbitkan di dalam akun tersebut. mulai dari konten yang segmented di setiap akunnya. serta saya harus juga menjawab pertanyaan pertanyaan atau mendengarkan keluh kesah yang masuk dalam bbm costumer service tersebut.

1. Konten
konten atau bahan isian yang harus diinput dalam akun tersbut sangatlah penting. karena ini yang menjadi kekuatan utama dan modal awal sebuah akun twitter sukses dan bermanfaat bagi masyarakat. memiliki 7, bukan 1.. bukanlah hal mudah. saya harus memikirkan ide ide cemerlang nan kreatif yang harus dimasukkan kedalam akun tersebut. Mulai dari googling (mencari via google), bertanya kepada teman, mencari narasumber, mengkutip dari beberapa buku dan tulisan, sampai saya berusaha membuat tulisan saya sendiri.

2. Konsistensi
gak boleh males bo' ternyata. harus kreatif. yup, saat kita memutuskan diri kita akan aktif menjadi administrator dari sebuah akun sosial media sebesar twitter. kita harus menjaga konsistensi akun tersebut. bahwa pengikut atau followers lama kelamaan akan mengharapkan sesuatu yang lebih. mereka lama lama akan haus akan motivasi, dorongan, semangat serta informasi informasi baru yang up to date. sehingga akun tersebut akan selalu hidup. inkonsistensi akan membuat followers bingung. apa sebenernya yang coba disampaikan dalam akun tersebut.

3. Bersenang senang
siapa bilang admin gak boleh seru seruan di dalam akun twitter miliknya. kecuali ada klausul khus yang mengatur tentang harus seperti apa saat anda menyampaikan berita dan informasi kepada masyrakat. saya pikir tidak ada salahnya. contohnya? sebagai admin, saya seringkali santai dan mendekatkan diri pada followers saya. dengan menggunakan bahasa bahasa yang santai dan tidak kaku. dan selalu merespon setiap mention dan sapaan yang masuk sebisa mungkin. sehingga efek viral informasinya tidak terhenti dan masyarakat yang mengakses atau mengikuti jalannya informasi kita, menjadi lebih mendapatkan manfaatnya.

ada lagi yang perlu disampaikan.. mungkin teman teman bisa menambahkan.. segitu dulu dari saya..ciaow...



1 komentar:

  1. hay ayu..
    Entah kenapa dari dulu saya juga senang menjadi admin.. Tapi gak pernah media yg saya bangun jadi besar..
    Mungkin gak bakat ya :D

    follow blog saya :
    mnafarin.blogspot.com

    BalasHapus