Jumat, 22 September 2017

Mau Hati Damai? Harus Liburan ke Bali nih!

sumber : google.com
Sejak kecil, Bali adalah salah satu destinasi impian, selain menara eifel di Prancis, Patung Liberty di New York serta Big Ben di London. Yah paling enggak dari semua destinasi impian, saya sudah pernah menginjakkan kaki di Bali. Yup, sudah 2x saya ke Bali, yang pertama waktu duduk di bangku SMA bersama ayah dan keluarga tante saya yang datang dari Amsterdam. 

Mereka hendak berlibur, dan saya adalah additional passenger, yup penumpang tambahan yang diajak last minute. Kali kedua ke Bali adalah saat harus mengikuti training sexual reproductive health and rights bersama teman - teman Ikatan Perempuan Positif Indonesia (IPPI).

Saya sungguh menikmati setiap sudut Bali kala itu, indahnya pantai dreamland, Kuta dan Sanur. Lalu dinginnya area pegungungan Batur plus danau Batur yang juga indah sekaligus mistis. Saya juga mengunjungi Tanah Lot yang sangat epic dengan Pura di atas karang. Saya ingat sekali, didoakan oleh penjaga Karang disana.. dan dipercikan air suci dengan beberapa butir beras yang kemudian menempel di Kening. Yang gak boleh ketinggalan, karena pergi dengan rombongan yang hobi belanja, maka kami menyempatkan untuk mampir ke Pasar Seni Sukawati untuk ngeborong.

It was a super unforgetable moment in my life! But its not enough.

Sumber Foto : Google Images
Saya butuh liburan, benar - benar liburan tanpa embel embel bekerja, dan nyolong waktu di sela - sela break meeting, untuk jalan - jalan. Saya ingin benar - benar melepaskan penat, dan segala kesedihan yang selama 4 bulan terakhir ini merundung kehidupan saya. 

Yup, setelah kepergian Miguel, bayi yang saya lahirkan namun meninggal 40 jam kemudian, saya belum benar - benar memberikan ruang bagi diri saya sendiri untuk liburan. Saya kembali sibuk dengan rutinitas di republik rumah tangga, mengurus anak dan suami, sesekali kembali beraktifitas bersama teman - teman di aktfisme HIV, teman - teman Blogger atau berkumpul seminggu sekali bersama kawan - kawan di Bandung Writers Club. But than again, I still need Holiday!

Nah, wujud dari keinginan untuk liburan mungkin masih jauh dari angan. Tapi boleh dong kita punya rencana - rencana, kali aja ya kan ada kesempatan ke Bali saya sudah siap dan tahu mau kemana. Berdasarkan hasil dari browsing saya di gooogle, Ini dia ni, beberapa tempat yang kepingin sekali saya sambangi jika saya ke Bali nanti. 

1. Nusa Penida

Ternyata saya belum benar - benar ke Bali, selama ini yaaa hanya ke tempat - tempat yang umum dan mainstream didatangi oleh kebanyakan wisatawan. Ternyata Bali memiliki 3 kepulauan kecil dis ekitarnya, yang hanya bisa diakses menggunakan kapal. Kebayang yaaa, pasti seru banget nyebrang pulau Bali ke bagian - bagian pulau lain di luarnya. Disana ada beberapa tempat yang menarik perhatian saya. Seperti Trekking menuju mata air Tembeling.. yang konon katanya merupakan salah satu tempat yang sakral dan sering digunakan untuk beribadah masyarakat di sekitarnya. Penasaran aja, ada cerita apa dibalik keindahan mata air Tembeling ini.

Sumber Foto : Google Images
Selain itu, saya juga ingin ke Pantai Pasih Uug, yang kalau liat di banyak sekali foto teman - teman yang berhasil sampai ke Nusa Penida, ya tempat ini keren banget! Sayangnya saya gak bisa berenang sih, tapi pingin banget ke pantai ini dan nikmatin keindahan alam, serta batu karang yang bentuknya seperti patahan di tengahnya. 

Yang terakhir, di Nusa Penida saya ingin mampir ke Pura yang ada di sana, saya gak yakin sih ada Pura apa saja disana. Tapi, berkunjung ke tempat ibadah selalu menimbulkan rasa nyaman, tentunya bersilaturahmi dengan penduduk lokal yang ada disana dapat menambah kesempatan kita untuk mengenal daerah tersebut secara lebih dekat.


Sumber Foto : Google Images
2. Nusa Lembongan

Nah kalau ke Nusa Lembongan saya sih cuma pengen satu yaa, pengen sekali bisa liat Ikan Pari Manta! tapi ga tau nih gimana caranyaaa, hiks. Da saya kan gak bisa renang. huuuu sedihh pisan. Kalau cuma snorkeling aja masih bisa lah, tapi diving mah butuh lisence. 

Berarti yaudahlah ya kalau gak bisa lihat Manta, saya mau berjemur aja deh di Dream Beach. Hahaha.. biar tambah eksotis kulitnya..Sambil nungguin sunset. ihhh kayaknya damai banget yaa. Tuh liat deh pasirnya aja putih bangettt.. trs lautnya biruuu... Bisa bisa gak kepingin pulang lagi ke bandung ya kalau gini caranya. Oh Bali, how beautiful you are!

Sumber Foto : Google Images
3. Trekking di Gunung Batur

Waktu ke gunung Batur terakhir kali itu saya cuma berkeliling naik mobil aja. Gak bener - bener nikmatin Indahnya Gunung Batur dengan trekking kesana. Jadinya ya kurang berkesan gitu. Nah belakangan saya baru tahu ada jalur yang biasa digunakan oleh wisatawan dan pecinta alam untuk melihat matahari terbit. Tapi untuk menjangkau lokasi itu, harus trekking dulu untuk mencapai lokasi tersebut. Wah di bayangan saya sepertinya mirip2 sama tebing keraton yang ada di Bandung ya. Beda nya yaa.. tebing keraton di Bandung, Gunung batur di Bali. 

Sebelumnya saya pernah lihat sunrise setelah sebelumnya trekking terlebih dahulu di Gunung Bromo. Dan saya dengan keluarga sering sekali trekking ke Hutan Raya Ir Hj Juanda di Bandung. Harusnya sih, fisik dan stamina saya untuk trekking itu cukup oke lah ya. Meskipun berat badan cukup bertambah banyak, harapan saya trekking nanti bisa bikin saya jadi lebih sehat. Kemudian, kalau kita lihat lagi foto - foto di google, duhh rasanya kok ya peacefull bisa melihat awan dari ketinggian 1717 Meter diatas permukaan laut. Jadi, kapan kita liburan ke Bali?

11 komentar:

  1. Semoga kita bisa bertemu di Bali ya mbak :)

    BalasHapus
  2. Semoga bisa bertemu juga di Bali :)

    BalasHapus
  3. Ke Bali pas Dinas doank kelilingnya juga malam cuman liat pemandangan gelap hahaha semoga bisa ke Bali lagi nih jadi pengen ikutan ini hehhee

    BalasHapus
  4. Uidiii Balii.. klo anak2 udh gedean insya Allah masuk dlm daftar nih

    BalasHapus
  5. pengen ke Bali aku juga teh, seru kayaknya disana ya

    BalasHapus
  6. Hayuuuk ke Balii.... i love Baliiii

    BalasHapus
  7. Semoga kesampaian :)
    Banyak bgt ya tempat2 keren di bali... Pengen...

    BalasHapus
  8. Wah ada lomba hadiah jalan-jalan ke Bali. Seru banget pastinya sama Pungky. Udah lama ga dapet vitamin sea. Hihihihi

    BalasHapus