Kamis, 21 September 2017

The Zookeper Wife [September Movie]

sumber : wikipedia
Selesai menonton film ini, saya langung ber ooo panjang. Saya ingat pernah mendengar Pakta Warsawa semasa kecil dan mencoba mengingat - ingat kembali apa sih Pakta Warsawa itu (langsung browsing dan gak akan saya bahas disini hahaha). Jadi apakah hubungannya film ini dengan Pakta Warsawa? Apakah ini film tentang hewan - hewan dan kebun binatang semata? Tidak, its more than that. Film ini diadaptasi dari sebuah buku yang ditulis oleh Diane Ackerman dengan judul yang sama. Jadi ini adalah cerita nyata yang dibukukan kemudian di film kan. Saya suka sekali film - film seperti ini. Masih mengambil latar belakang perang dunia kedua, film ini menceritakan hal lain dibalik peperangan itu sendiri.

Sebuah kebun binatang yang tidak begitu besar terletak di Kota Warsawa. Sebelum perang dunia kedua berlangsung, kota ini merupakan pusat utama dari kebudayaan Yahudi. Warsawa memiliki kelompok masyarakat Yahudi terbesar di Eropa. Namun, tidak hanya Yahudi yang tinggal disana, banyak masyarakat dari etnis lain yang juga tinggal dan tumbuh bersama disana. Dr Jan Zabinski dan istrinya Antonina, adalah pemilik kebun binatang tersebut. Mereka berdua bersama banyak sekali pegawainya para pengurus kebun binatang sangat menyayangi hewan - hewan di dalamnya. Bukan hanya memiliki kedua pasangan suami istri bersama anaknya tersebut juga turun langsung untuk membantu merawat hewan - hewan yang ada di dalam kebun binatangnya. Dr Jan Zabinski, dalam pengelolaan kebun binatang dibantu oleh Lutz Heck pemilik Berlin Zoo, dan belakangan diketahui adalah kepala Zoologist dari Adolf Hitler sang pemimpin Nazi.

Setiap pagi, pasangan Zabinzki membuka gerbang kebun binatang menyambut para pendatang. Dan kemudian, Antonina mengendarai sepedanya mengelilingi perkebunan dan kandang - kandang hewan. Sampai akhirnya perang dimulai, German memulai penyerangannya kepada Polandia.. semua tidak sama lagi bagi Jan dan Antonina, serta para pengurus kebun binatang. Bom diledakan dan misil diluncurkan ke penjuru kota Warsawa, hampir keseluruhan hewan disana tewas mengenaskan akibat ledakan bom dan misil. Jerman akhirnya menguasai kota Warsawa dan menjadikan kebun binatang sebagai salah satu tempat penyimpanan senjata.

Bagaimana dengan keluarga Zabinzki? Mereka selamat dari ledakan dan tetap berada di rumah mereka yang berada di areal kebun binatang. Namun, kasih sayang dan kedekatan mereka dengan sahabat - sahabat mereka yang notabene adalah Yahudi, hal ini membuat mereka geram dan berfikir bagaimana cara untuk melindungi serta menolong  mereka. Hal ini tentu sangat membahyakan keselamatan mereka sendiri, jangankan memberi ruang pada kelompok Yahudi, memberikan minum saja kepada mereka, siapapun dapat ditembak ditempat oleh Nazi.

Warsaw Ghetto, perbatasan Yahudi dan German

The Real, Antonina Zabinzki

The Real Antonina Zabinzki

Warsaw Ghetto

Kota Warsaw yang hancur

Magda Gross adalah salah seorang sahabat pertama mereka yang menetap di kediaman mereka. Suaminya, berada di kampung Yahudi yang saat itu dibangun dengan tembok pembatas yang memisahkan teritory pemerintah jerman dengan penduduk Polandia Yahudi. Satu persatu dengan cara yang amat beresiko Jan menjemput anak - anak, perempuan, lansia serta sahabat - sahabat Yahudi lainnya untuk menetap di basement rumah mereka yang semula adalah kandang - kandang untuk hewan - hewan kebun binatang. Selama bertahun - tahun, ratusan orang singgah dan menetap disana. Lutz Heck, yang semula bekerja bersama mereka mengela kebun binatang menjadi bagian dari Nazi dan berbalik menyerang Zabinski dan mencurigai adanya kegiatan mencurigakan yang dilakukan oleh Pasangan Zabinski dirumahnya. Heck kemudian memerintahkan tentara nya untuk menggeledah rumah Zabinski. Apa yang terjadi dengan kaum Yahudi yang tinggal di rumah Antonina? Just watch the movie. (gak asik yaaa.. hahahaha). Oiya, Dari apa yang saya baca, hingga kini Warsaw Zoo masih berdiri kokoh dan kembali hidup setelah kekejian yang dilakukan pasukan Nazi. Visit Poland to city of Warsaw, to know Warsaw zoo directly.

Warsaw Zoo saat ini

Zabinzki Villa's saat ini


Anyway, saya suka sekali dengan film semacam ini. Memang gak selalu Happy ending, atau plot nya membahagiakan. Kebanyakan bikin kita geram, atau bahkan terdiam membeku ga bisa ngomong apa - apa karena terlalu banyak kekerasan yang terjadi dalam ceritanya. Tapi cerita - cerita semacam ini yang kemudian menyegarkan kembali ingatan kita bahwa kita gak boleh lupa sama sejarah. Sulit sekali untuk mendapatkan informasi sejarah seperti ini jika tidak kita yang mencarinya. Gak banyak teman - teman seangkatan saya yang suka membaca sejarah, saya hanya tau Nazi tidak boleh dibicarakan, logonya atau bahkan gesture hormatnya tidak lagi boleh digunakan. Hal ini dilakukan untuk menghormati semua keluarga korban perang, dan korban kekejaman pasukan yang dipimpin oleh Hitler tersebut.

Dan akhirnya setelah berhari - hari sakit, ga bisa ngapa2in, setelah pulih langsung bayar hutang sama diri sendiri. Nonton film dan dituliskan reviewnya. Nah, Kalau kalian punya referensi film untuk saya tonton tulis di kolom komen atau mention di instagram saya ya!

Referensi Bacaan :
https://en.wikipedia.org/wiki/Warsaw_Zoo
https://en.wikipedia.org/wiki/Warsaw_Ghetto
https://en.wikipedia.org/wiki/The_Zookeeper%27s_Wife
https://www.ushmm.org/wlc/id/article.php?ModuleId=10007990

5 komentar:

  1. Wow sejarah kelam gakkan mudah terhapus yah

    BalasHapus
  2. Waaah jadi pengin nonton 😍😍😍

    BalasHapus
  3. Battleship, teh. pemerannya Song jong Ki
    #eh

    BalasHapus
  4. sha seneng nonton film, tapi susah mau berceritakayak gini teh. kenapa yaa ehehe

    BalasHapus
  5. Penasaran... Jalau dikasih tau endingnya malah jd ga seru, enak nonton sendiri :D

    BalasHapus