Selasa, 13 Agustus 2013

Penting Untuk Berolahraga Saat Menstruasi?

Picture From Tumblr.com


Saat menstruasi tubuh terasa lebih lemas dan lelah dari biasanya. Diawali dengan masa PMS, dimana keinginan untuk bermalas-malasan lebih tinggi dari biasanya, kemudian badan pegal-pegal, suasana hati yang mudah berubah-ubah hingga keram perut saat menstrusi membuat tubuh enggan untuk bergerak. Tapi, saat masa menstruasi sebaiknya hindari bermalas-malasan. Karena ternyata dalam masa tersebut olahraga menjadi sangat penting.

Seperti dilansir dari sheknows.com, olahraga dapat mempengaruhi hormon tubuh saat menstruasi serta mengurangi gejala-gejala PMS, termasuk keram pada perut. Studi menyatakan bahwa olahraga ringan saat dan tidak berlebihan saat periode menstruasi membuat mengurangi nyeri di sekitar tulang panggul dan meningkatkan hormon endorfin dalam tubuh untuk mengurangi keram perut. Perut buncit dan terasa kembung saat kedatangan tamu tersebut, juga bisa terjadi karena kurang berolahrga.
Pakar kesehatan perempuan, menyarankan agar para perempuan melakukan olahraga ringan selama periode bulanan untuk membantu menenangkan otot-otot rahim berkontraksi yang merupakan penyebab utama kram. Berolahraga dapat memperlancar aliran darah sehingga dapat mengatasi sakit yang berlebihan. Rutin berolahraga kecil setiap hari juga ternyata dapat mengurangi sindrom PMS yang terjadi setiap bulan.

Olahraga ringan yang dapat dilakukan saat menstruasi misalnya yoga, jogging, atau berenang. Berjalan santai juga menjadi pilihan yang baik jika tidak ingin terlalu lelah. Mulai olahraga perlahan dengan melakukan pemanasan ringan, setidaknya setelah 10 menit berolahraga tubuh akan terasa lebih segar. Aktivitas yang satu ini dapat menambah energi dan membuat tubuh lebih relaks dan segar. Secara otomatis dapat mengusir rasa lelah, lemas dan malas.

Manfaat lainnya adalah bagi para wanita yang mengalami menstruasi tidak lancar, berolahraga dapat meningkatkan sistem hormon tubuh sehingga memperlancar siklus menstruasi. Karena mengalami periode menstruasi yang tidak normal dapat berhubungan dengan problem kardiovaskular dan juga osteoporosis pada wanita. Nah, Dreamer itulah alasan agar jangan malas berolahraga saat menstruasi!

Sumber berita:
http://id.she.yahoo.com/mengapa-penting-untuk-berolahraga-saat-menstruasi-064300803.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar