Rabu, 24 Desember 2014

Selamat Ulang tahun kakung, Selamat Natal :)

Source : Google.com
 Sejak kecil, saya mengenal bahwa saya beragama islam dan saya juga memiliki keluarga beragama kristen. Dan sejak saat itu saya belajar tentang makna toleransi beragama. Bahkan saat dewasa ini saya ingat sebuah ayat Qur'an "Bagiku agamaku, bagimu agamamu" yang mengajarka tentang saling menghormati keyakinan dan kepercayaan orang lain.

Sri Astuti Cynthia Magdalena Sampouw Adalah ibu saya, dia adalah perempuan berdarah Manado dan Surabaya. Dilahirkan oleh Ayah dan Ibu yang beragama kristen. Ibu saya tumbuh dan besar di didik dalam kasih sayang keluarga. Saat menginjak usia dewasa, Mama menganut agama Islam, yang dia yakini. Tanpa mengurangi rasa hormat terhadap kedua orangtuanya, mengurangi keyakinan terhadap Islam, mama resmi menjadi seorang mualaf.
 
Salah satu momen kumpul natal di rumah kakung, Date : 25 Des 1995
Sejak duduk di bangku taman kanak kanak, setiap tanggal 25 Desember, merupakan hari yang membahagiakan bagi kami sekeluarga. karena hari tersebut merupakan hari kelahiran Eyang kakung (Papa dari mama), sehingga seluruh keluarga besar akan berkumpul disana sekaligus bersilaturahmi dan merayakan indahnya kebersamaan dalam Hari raya Natal. Kakung yang juga beraga kristen, tentunya sangat bahagia, karena seluruh anak cucu dan mantunya hadir disana. berdoa bersama, bersilaturahmi dan bercengkrama. Saya begitu bahagia, karena walaupun kami tidak memiliki keyakinan yang sama, namun kasih sayang antara keluarga kami begitu kuat. Dan Setiap 25 Desember, menjadi momentum paling kami tunggu hingga akhirnya Eyang Kakung meninggal5 hari setelah perayaan Ulang Tahun dan hari Natal di tahun 2006. Saya yang sedang hamil usia 6 bulan sangat sedih dan terpukul. kehilangan kakek kesayangan, yang waktu saya kecil mengajarkan saya berbicara karena saya sangat cadel.

Walaupun eyang kakung dan eyang uti sudah meninggal. Dan saya sudah berdomisili di Bandung, Nuansa Natal selalu menjadi momentum yang sakral bagi kami sekeluarga. Doa selalu saya panjatkan untuk kerukunan dan kedamaian Umat manusia. Saya meyakini bahwa Ucapan Natal dari seorang muslim, kepada saudaranya yang beragama kristiani, tidak akan mengurangi keimanan seseorang.

Selamat Natal Saudara saudara ku..
Selamat ulang Tahun Eyang kakung di Surga, I miss you so much!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar