Senin, 31 Juli 2017

Radio Favorit dari Jaman ke Jaman

Helooooohhh, Pagi ini saya super semangat, karena punya bahan tulisan saat mood booster saya balik! apa sih mood boosternyaa? Itu lho penyiar Favorit jaman SMA, yuppp.. Vena Annisa siaran lagi di Radio. Kali ini Vena tandem sama Arie Dagienkz di Motion 97.5 FM Radio. Dikarenakan saya tinggal di Bandung, jadinya harus streaming online via website dan tadaaaa.. jadilah pagi2 begini setelah si anak berangkat sekolah saya malah nongkrong di meja kerja buat nulis ini sambil dengerin doi siaran!

No its not random, but its exciting! Saya kemudian bertekad untuk streaming terus setiap pagi supaya ada yang bisa maksa untuk gak tidur lagi setelah anak berangkat sekolah. Hahahaha iya iya.. saya pemalas lho. LOL Jadilah saya kemudian teringat sama beberapa radio station, dan acara2nya yang rutin saya dengarkan setiap hari. Nah saya ini tipikal orang yang setia, seumur - umur cuma dengerin beberapa acara siaran saja, gak pernah gonta ganti channel lho. Nanti misalkan pas kalian baca tulisan saya ini dan ada kesamaan, tulis di kolom komen yah barangkali pernah dengar atau punya momen yang sama persis dengan penyiar idolanya.

1. Radio SK 101,6 FM
Hayoo siapa yang dulu rutin dengerin channel lawas ini?? Kalian juga? Aslinya? Mungkin kalau anak-anak jaman sekarang belum familiar ya sama stasiun radio yang satu ini. Waktu dengerin radio ini say amasih duduk di bangku SMP, tahun2 90-an, masih piyik dan lagi lucu2nya cinta2an sama cowok yang tinggal di komplek. Hahahaha, maaf ya saya nulisnya sambil ketawa dan senyam senyum. Soalnya geli sendiri nginget hal-hal kek gini. Oke balik lagi ke Radio SK ini. Jadi, kalau kalian yang setia denger, pasti tahu kalau radio SK ini identik dengan komedian2 bodor yang siaran setiap harinya. Seperti Temon, Abdel, Mucle, dan Yadi.. saya pertama kali tahu mereka karena dengerin radio SK ini. Momen paling menyedihkan adalah pada saat mereka akhirnya tutup ga siaran lagi, dan siaran terakhir mereka di tanggal 31 Desember 1999. Saya sebagai salah satu eskawan (sebutan buat pendengar) duduk manis di dapur rumah, sambil dengerin siaran mereka sampe habis hitungan mundur tahun baru masuk ke tahun milenial. trus saya nangis dong. Edan yah.

2. Radio Prambors 102.3 FM
Setelah radio SK tutup saya gak terlalu nyimak radio apa yang siarannya seru dan nyenengin untuk jadi penyemangat sepanjang hari. Kebanyakan cuma random putar2 channel aja, sampe dapat lagu favorit yang kebetulan lagi diputar. Sampe akhirnyaa stuck di radio prambors saat denger suara enaknya Vena Annisa, di acara pagi - pagi. Doi identik banget sama istilah bu Ayam karena selalu bangunin kita anak - anak sekolah pagi - pagi.Setelah fase Vena selesai siaran, saya masih lanjut tuh dengerin siaran prambors pas jamannya Danang Darto sama Sesa Nasution. Yang seru dari prambors adalah mereka sering bikin kompilasi kaset dari lagu - lagu yang paling hits di tahun itu. Terus mereka juga punya acara rutin selama bulan puasa, kayak drama radio gitu.. saya inget banget namanya 'Balada Cinta Ramadhan'. Nah kalau radio SK menyebut pendengar setia nya eskawan, kalau prambors menyebut pendengar nya kawula muda!

*mulai berasa tua*

3. Radio Mustang 88 FM
Nah, kalau radio mustang ini saya mulai dengerin pas sudah mulai kerja, karena harus naik turun bus setiap hari.. bosen juga yakalau cuma dengerin musik yang playlistnya saya sudah hapal banget. Akhirnya pilihan saya jatuh kepada Mustang ini, tapi saya cuma dengerin acara paginya aja, SIGAPP88 yang penyiarnya sering banget gonta ganti, heuh ZAD.. dari mulai surya, molan, rico, felix. Pas sudah cabut semua saya memutuskan untuk berhenti mendengarkan SIGAPP karena rasanya sudah beda. Bayangin ya tiap pagi dengerin radio ini, saya sering ngakak sendirian di bis P20, dan sontak orang - orang langsung ngeliatin saya. Kayak kesihir aja, kalau denger mereka siaran, kita mau mau aja disuruh ngikutin apa yang mereka minta kayak kenalan sama orang di bus sambil on air, atau nitipin salam dari surya dan molan buat orang yang duduk di samping kita di bus. 

Nah, Seiring bertambahnya kesibukan, saya udah makin jarang dengerin radio, karena para panutan.. penyiar penyiar radio favoritnya udah gak ada. Sekarang - sekarang ini yaa karena saya sekarang tinggal di Bandung, palingan sering dengerin i radio Bandung, karena penyiarnya adalah temen suami saya si trio urban Wanda, Elmy dan Ronny. Tapi itupun ga setiap hari hehehe. Saya gak tau ya, apakah anak - anak jaman sekarang seperti jaman saya dulu yang sejak SD sampe kuliah rutin dengerin radio. Mungkin masih ada, tapi ga banyak ya. 

Dan kalau kita perhatiin, ada banyak perbedaan signifikan saat kita dengerin radio di jaman dahulu kala, sekitar tahun 90'an dan 2000'an. Mulai dari cara ngirim pesan, atau request lagu, kalau dulu kita harus sabar nunggu telfon kita (dari telfon rumah yaaa) diangkat oleh operatornya hanya untuk request lagu, atau lewat SMS saat jaman mulai lebih berkembang lagi. Kalau sekarang, kita udah tinggal twit atau kirim via pesan WhatsApp, langsung deh dibacain sama penyiar kita pesen kita atau request lagu kita bisa langsung diputerin. Selain itu, dulu kita cuma bisa dengar siaran radio ya lewat Radio, iya yang kotak.. dan kita mesti puter2 untuk nyari channel stasiun radio kita, kalau geser dikit dan kurang tepat biasanya siarannya jadi jelek dan kresek - kresek bunyinya. Kalau sekarang, kita mau ada di ujung belahan dunia manapun, asal ada internet online, kita bisa langsung streaming dan dengerin penyiar favorit di radio favorit kita.

Huahhh berasa makin tua, dan anak saya aja gak pernah denger siaran radio lho! Nanti saya mau ajak dia sekali sekali dengerin siaran radio, bukan cuma dengar lagunya aja, tapi ada diskusi dan informasi yang bisa didengarkan dari sang penyiar idola. Wahhh pagi ini saya kayak di Re-charge lagi nih gara - gara Vena Annisa balik siaran lagi, dapet pulak satu tulisan dengan tema yang membangkitkan memori seru jaman2 dengerin radio. Kalau kalian gimana? pernah ngalamin era nya punya penyiar dan radio favorit kah? 

18 komentar:

  1. Siaran Radio Bandung aku jadi pendengar setianya dari awal kuliah 2004 mb karena sama ortu cuman dibekelin radio doank dikosan *miris* wwkwkwk akhirnya dah kayak nenek2 tiap pulang kuliah sambil ngeteh n makan biskuit mantengin radio yang sering aku denger sih 99'ers mba sama RakaFm zaman kuliah klo sekarang siy kadang juga I-radio.
    Dan bener mba titip salam lewat radio itu ngehits enggak banget dah :D zaman aku SMP pokoknya aku selalu intimidasi teman2 yang mau nelepon ke radio dan aku bilang nanti pas nelepon titip salam specialnya buat aku ya!pulang sekolah pasti aku dengerin uceeet maksa banget yak *geli sendiri inget ini :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. waaaa pasti seru ya maaakk.. hahaha inget gak pernah nitip salam buat mantan di jaman baheula #ehh

      Hapus
  2. Inget banget, aku suit sepentinan di prambors cafe, wkwkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. waaaahhh pendengar setia prambors juga yaa

      Hapus
  3. Dulu zaman SMK saya sukanya dengerin 99ers , penyiar favorite dulu Dody 3D hihi sama siapa ya lupa wkwwk ga mau nyebut nama karena sudah melukai #eh jadi curhat#

    BalasHapus
  4. mentok sekarang dengerin ozradio aja :(

    BalasHapus
  5. Radio jakarta semua ya. Kalo di Bandung mah Oz sama Rase udah paling jadul hahahaha. Bagusnya pada bertahan sampe sekarang, loooove!

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihihi iyaaa aku dulu teh tinggal di jakarta dari lahir maak, baru pindah ke bandung nih

      Hapus
  6. radio prambors ya yang paling top itu

    BalasHapus
  7. sha juga ngalamin waktu sma seneng banget denger radio, terutama sih bagian kirim salam, curhat sampe telfon ke radio! hahaha sekarang kebanyakan radio penuh lagu2 drpd penyiarnya, trus lupa dulu dengernya radio apa hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. CURHAT SAMPE NELFON KE RADIO hahahahaha aku jugaaa euyy

      Hapus
  8. pernaaah... terlebih jaman2 smp dl.ngikutin bingits haha

    BalasHapus
  9. Btw saya juga suka juga prambors :D
    Dan dengerin radio emang bisa jadi mood booster ya mbak, bikin hari mendung terasa cerah *asal ga keluar rumah :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbaak, apalagi dengerin suara penyiar favorit

      Hapus