Sabtu, 23 Mei 2015

Mengubah Informasi Pada Akun faceboook kerabat yang telah wafat

Saya baru saja mendapatkan informasi yang sangat bermanfaat. Jika ada salah seorang teman/sahabat/keluarga/kerabat kita wafat, kita bisa lho mengirim report kepada facebook, Setelah memorialization request diterima, maka akun facebook almarhum/ah ditambahkan kata "remembering" dan fitur add friend dan message pun tak tersedia lagi. Bagaimana ya caranya. Pagi ini setelah membaca detailnya, saya langsung mempraktikannya. Cara ini buat saya sangat bermanfaat, agar facebook yang bersangkutan tersebut tidak disalahgunakan oleh orang lain, dan tidak ada pesan pesan 'nyasar' yang akan berseliweran seperti ucapan selamat ulang tahun atau spam berupa promo produk. berikut step by step yang telah saya lakukan. Sebagai contoh, saya melakukan pada salah satu akun sahabat kesayangan saya Aziz, yang telah wafat setahun lalu. Saya melakukan ini karena, halaman facebooknya kini dipenuhi oleh spam produk handphone, sangat menganggu. Saya berharap setelah melakukan panduan panduan yang saya dapat dari mas Matahari Timur, akun facebook yang bersangkutan tidak lagi disalahgunakan.

1. Masuk ke option "Help" pada bagian kanan halaman facebook yg terdapat segitiga terbalik 
ketik pada kolom search kata : Death atau Passed Away
- Klik, pilihan “How Do I report a deceased person or an account that needs to be memorialized?”

     

2. Setelah itu akan muncul keterangan seperti disclaimer atau ketentuan yang harus dilakukan
Lalu pada bagian “To Report a profile to be memorialized please” klik contact us


3. Setelah itu akan muncul form seperti ini yang harus kita lengkapi
Facebook akan meminta kita mengisi semua informasi penting seperti :
- Your email : isi Email kita sebagai pelapor
- Link url to the profile of the person who passed away : link facebook rekan kita yang sudah meninggal dunia.



4. Jika kita tidak dapat menemukan link akun orang tersebut, kita dapat melakukan pengisian selanjutnya seperti contoh dibawah ini :
- Enter the full name on the deceased persons account below : masukan nama akun facebook orang yang bersangkutan
- Enter the deceased person date of birth : masukan hari/tgl/tahun kelahiran
- When did they passed away : masukan hari/tgl/tahun kematian
- Proof of death : sertakan bukti berupa url atau screenshoot status belasungkawa yang masuk.
- Jika sudah semua dilakukan kita klik send.


Contoh screen shoot yang di masukan


5. Setelah semua laporan masuk, maka kita akan menerima resume laporan seperti ini.

6. Setelah memorialization request diterima, Facebook mengirimkan email kepada kita sebagai konfirmasi jika ada kekurangan kekurangan bukti yang menguatkan bahwa ybs memang sudah meninggal. berikut email yang saya terima dari facebook.

7. langkah selanjutnya, keesokan harinya tanggal 25, saya mengirimkan beberapa captured tambahan berita duka cita. Foto almarhum semasa sakit, serta foto makam yang bertuliskan namanya. langsung reply melalui email yang dikirimkan.

8. dan dalam waktu beberapa jam, facebook mengirimkan kembali email konfirmasi bahwa memorialization request kita telah diterima dengan baik dan Facebook account milik sahabat saya telah diproses sesuai ketentuan facebook pada akun seseorang yang sudah meninggal.


9. Lalu saya mengecek, akun ybs, ternyata sudah ada penambahkan tulisan "Remembering" diatas nama profilenya, dan sudah tidak ada lagi tombol add friend, serta fitur pengiriman pesan secara pribadi. Begini tampilan setelahnya.


Nah, kelihatannya memang tidak merubah apapun, namun dengan cara seperti ini, harapannya, akun facebook sahabat kitalah yang menjadi pengingat terakhir dari aktifitas bersama. Selain tentunya, di dunia nyata, kita memiliki kenangan manis perjalanan bersama dalam kehidupan. Selamat Jalan A, tanggal 30 ini, sudah satu tahun kau berpulang, semoga amal ibadahmu diterima Allah swt, thanks for such a sweet friendship that we have! Al-Fatihah Aziz Akbar  

2 komentar:

  1. Kami baru kehilangan teman baik. Saya masih sering ke wall nya. Teman2 lain juga. Untuk mengingat kebaikannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Akunnya tidak akan hilang mbak.
      tapi akan di setting oleh facebook, akan penambahan 'Remembering' sehingga kolom message dan add friend tidak ada lagi (karena memang ybs sudah tidak bisa mengapprovenya atau membalas pesan kita) dan kita tetap bisa melihat kenangan kenangan. Akun Ybs juga akan aman dalam penyalahgunaan org yg tdk bertanggung jawab.
      Saya kehilangan teman setiap hari mbak :'(

      Hapus