Jumat, 26 September 2014

Trip To Belitong Part #8

Kamis 25 September 2014 – Day III

Ada sebuah kata bernama Agama yang saya kenal dari ayah dan ibu saya, kakek dan nenek serta guru guru saya di sekolah. Lalu kemudian saya mengenal bahwa Agama tidak hanya satu, ada islam, kristen, budha hindu dan banyak agama lain yang dipercayai manusia.

Sejak lahir saya adalah seorang muslim.. saya percaya bahwa agama saya Islam.
Walau ibadah saya belum sempurna. Ada sesuatu dalam setiap sujud saya yang membuat saya selalu merasa bersyukur. Merasakan kedamaian ada dan mengalir didalam darah saya. Saya merasakan Tuhan itu ada.

Tulisan ini sedikit mundur dari part #7 dimana kami sudah tiba di Museum kata milik Andrea hirata.
Ada hal yang sangat spiritual sebelum kami tiba di Gantong.

Adalah sebuah Vihara yang berdiri sejak tahun 1747 bernama Vihara Kwan Im. Vihara yang terletak di Desa Burong mandi, kabupaten Belitung Timur, lokasinya persis menghadap ke Pantai Burong Mandi. Vihara yang dominan dengan warna merah ini memiliki 3 kuil utama. Kuil Maco, Kuil budha dan Kuil dewi Kwan Im. Ini kali pertama saya bertandang ke Vihara. Sebelumnya saya hanya melihat di televisi atau foto foto milik beberapa teman. Namun suasana damai terasa sangat kuat saat saya melangkahkan kaki naik tangga menuju area vihara.







Suasana damai dan spiritual semakin terasa saat salah satu sahabat kami di rombongan, irwan yang masih keturunan Tionghoa, melakukan ritual doa. Dia membakar Lidi dupa, sambil memanjatkan doa. Saya tiba tiba bertanya kepada diri saya, kapan terakhir saya berdoa.. meskipun melaksanakan ibadah shalat lima waktu, saya merasa kadangkala doa doa yang saya panjatkan hanya sekedarnya, hanya membaca alfatihah dan doa selamat.. Kunjungan ke Vihara Dewi Kwan im ini, membuat saya ingat, bahwa bukan Tuhan yang butuh kita. Tapi kita yang semestinya mencintai Tuhan, bukan karena terpaksa, bukan karena orag orang juga melakukan itu. Namun karena kita memang MencintaiNya.

To Be Continue!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar