Sabtu, 11 Agustus 2012

Penangkap Mimpi


Dalam budaya asli Amerika adalah sebuah penangkap mimpi  yang merupakan objek buatan tangan. Menggunakan ring willow, yang dijalin jaring longgar Yang kemudian dihiasi dengan barang-barang pribadi dan suci seperti bulu dan manik-manik. Penangkap mimpi asalnya adalah dari Bangsa Ojibwa, selama Gerakan Pan-Indian tahun 1960-an dan 1970-an mereka diadopsi oleh penduduk asli Amerika dari sejumlah negara yang berbeda. Sebagian menganggapnya sebagai penangkap mimpi simbol persatuan di antara Bangsa Indian dengan budaya asli Bangsa Amerika. Namun, penduduk asli Amerika lain telah datang untuk melihat penangkap mimpi sebagai hal yang komersil dan sudah banyak orang yang bukan Indian juga menggunakan penangkap mimpi untuk tujuan mereka sendiri.


Seorang etnografer Amerika  bernama Frances Densmore menulis dalam bukunya Chippewa (1929, diterbitkan tahun 1979, pg 113.):
 
Bahkan bayi diberi mantra pelindung. Penangkap Mimpi tergantung di melingkar papan buaian.  Benda yang terdiri dari lingkaran kayu dengan diameter sekitar 3 ½ inci diisi dengan meniru jaring laba-laba terbuat dari benang halus, berwarna merah biasanya dicelup. Dahulu kala Jaring ini terbuat dari serat jelatang. Dua jaring laba-laba biasanya tergantung di lingkaran itu, dan dikatakan bahwa mereka.

"akan tertangkap segala hal buruk yang mungkin ada di udara seperti sarang laba-laba dan akan menangkap lalu memegang apa pun yang datang dan  kontak dengan penangkap mimpi."




Secara tradisional, Ojibwa membangun Penangkap mimpi dengan mengikat helai urat dalam jarring di seluruh putaran kecil atau air mata berbentuk kerangka (dalam cara yang kira-kira mirip dengan metode mereka untuk membuat anyaman). Penangkap mimpi Yang dihasilkan  tergantung di atas tempat tidur, digunakan sebagai daya tarik untuk melindungi anak dari tidur mimpi buruk.  Penangkap mimpi sebaiknya terbuat dari bahan yang lebih kokoh, dimaksudkan agar dapat bertahan lebih lama dan tidak mongering atau menutup saat abak menjadi dewasa.  

Para Ojibwa percaya bahwa Dreamcatcher sebuah perubahan mimpi seseorang. Menurut Konrad J. Kaweczynski, "Hanya mimpi yang baik akan diizinkan masuk melalu penyaring... dan Mimpi buruk akan tinggal, lalu menjadi bersih dan menghilang dengan cahaya hari." Mimpi yang baik akan melewati Jaring dan bergeser ke bawah bulu-bulu untuk masuk kedalam orang yang sedang tidur. Penjelasan lain adalah, " Mimpi buruk masuk melalui lubang-lubang dan keluar dari jendela Mimpi-mimpi baik yang terjebak dalam jaring, dan kemudian bergeser ke bawah bulu untuk kepada pemilik orang yang sedang tidur”. 

saya adalah tipe orang yang suka berhayal. saya suka sejarah dan legenda kuno. Penangkap mimpi adalah salah satu imaginasi terbesat saya. Konon, seperti yang saya kutip dari http://en.wikipedia.org/wiki/Dreamcatcher Penangkap mimpi yang merupakan legenda Kuno bangsa Indian memiliki kekuatan yang dapat menangkap mimpi atau hal buruk yang ada di sekitar kita pada saat kita sedang tidur. apapun yang dikatakan oleh legenda, saya dengan segala imaginasi yang saya memiliki menyukai konsep Sang Penangkap Mimpi.

ini adalah Link bagaimana cara membuat Dreamcatcher

*Gambar Berasal dari Google dan sumber berita saya kutip dari Wikipedia
 

2 komentar:

  1. Wah, Mbak terima kasih infonya atas dreamcatcher. Jadi pingin bikin nih :-)

    BalasHapus
  2. hehehe.. ayoo bikin yuukk seru seruan.. :)

    BalasHapus