Rabu, 26 November 2014

"Big Hero 6" Makna baru berbuat baik untuk Malika

Beberapa minggu terakhir, saya melihat begitu banyak teman yang memposting informasi di path bahwa mereka sedang di bioskop menyaksikan film berjudul "Big hero 6" adalah sebuah film kartun tentang kisah kisah heroik. awalnya saya pikir ini tidak jauh berbeda dengan film kartun yang beralur cerita kepahlawanan khas amerika, yang bisa terbang, memiliki sayap dan kekuatan super, lalu menolong masyarakat yang mengalami kesulitan. Namun saya membaca resensi filmnya, pikiran saya sedikit berubah. ini bukan Amerika, juga bukan bicara kekuatan lahiriah yang ada dalam tubuh sesorang dan membuat mereka kemudian menjadi seorang pahlawan.
Source : google.com
Lalu saya berfikir, "saya harus nonton film ini sama malika" tidak boleh tidak. kemudian saya melihat jadwal film di aplikasi handphone dan melihat jam tayang film ini. kemarin 25/11/2014, saya melihat bahwa film ini masih diputar di Braga City Walk yang kebetulan jaraknya sangat dekat dari rumah. sehingga hari ini (26/11/2014) kami memutuskan untuk menonton di jadwal pemutaran pukul 5. saya dan malika sudah siap sejak pukul 15.30, dan berangkat dari rumah dengan bersemangat. Malika tadi menggunakan pakaian terbaiknya, yang baru saya belikan sepulang dari bangkok kemarin.

Bandung yang saat ini sedang dalam perbaikan besar besaran, membuat para pejalan kaki seperti kami merasa sangat tidak nyaman. tidak ada jalur pejalan kaki, lubang lubang besar bongkaran pemasangan saluran air dan jalur trotoar baru, membuat saya dan malika begitu sulit dijangkau untuk pejalan kaki. Lalu setibanya di Braga CIty Walk, bertambah kembali kekecewaan kami, saat tahu ternyata filmnya sudah tidak ada. wajah malika langsung berubah sedih. lalu saya memutuskan untuk melihat kembali jadwal pemutaran film di aplikasi handphone tersebut dan betul sekali, hari ini sudah diputar filmnya di Braga City Walk. lalu saya bilang pada Malika, "tenang nak..kita telfon papi dan minta anter ke Bandung Indah Plaza" dan berangkatlah kami.

Dan saya tidak kecewa. Film ini memberikan kami semangat baru. khususnya malika! dia langsung minta kuliah di Institut Tekhnologi Bandung (ITB) dan mau bikin robot! Hahaha keren kan.. film ini menghilangkan bayangan saya mengenai "kisah kisah kartun heroik" yang sangat klise. kekuatan sejak lahir, lalu popularitas dan banyak hal lainnya.



ini saya kutip sebuah link tentang "6 Alasan kenapa film ini Wajib ditonton"

1. Film yang sangat diperhitungkan
"Big Hero 6" melibatkan dua perusahaan besar, yaitu Disney dan Marvel. Tentu dua perusahaan itu telah melakukan perhitungan yang matang dalam menggarap film ini. Film ini disutradarai oleh Don Hall (sutradara "Winnie the Pooh") dan Chris Williams (sutradara "Bolt"). Meski pada dasarnya ini film anak-anak, "Big Hero 6" mampu menampilkan situasi emosi yang kompleks dalam cerita. - ini juga merupakan salah satu alasan saya kenapa penasaran sama film ini!

2. Latar tempat yang unik
Butuh imajinasi yang tinggi untuk berpikir apa jadinya jika kota San Fransisco digabung dengan kota Tokyo. "Big Hero 6" berhasil menggabungkan dua kota itu menjadi kota bernama San Fransokyo. Butuh pengerjaan animasi untuk mewujudkan kota fiktif ini. Beberapa landmark San Fransisco tampak dalam film ini, seperti jembatan Golden Gate, menara Coit, dan gedung piramida Transamerica. - walaupun bukan Amerika, tapi film ini sangat tidak Amerika! but i like the idea membuat ruang dan kota baru.

3. Tokoh-tokoh yang lintas rasial
"Big Hero 6" bisa jadi pembelajaran yang baik bagi anak-anak untuk mengenal keberagaman. Alasannya, tokoh-tokoh dalam film ini berasal dari berbagai ras, namun mereka tetap kompak bekerjasama menumpas kejahatan. Tadashi dan Hiro Hamada, karakter utama, adalah seorang bocah blasteran kulit putih dan Jepang. Beberapa karakter lain tampak berkulit hitam dengan rambut keriting, dan juga terdapat perempuan yang berwajah Asia. - Yes, like what I said. jepang yang juga bisa memberikan kisah heroik. love it!

4. Baymax adalah sosok yang menggemaskan
Baymax adalah seorang robot yang kuat, tangguh, tapi juga empuk dan kenyal seperti marshmallow. Ini membuat Baymax menjadi karakter yang begitu menyenangkan. Belum lagi, Baymax sangat jenius dan mampu memberi solusi bagi tiap masalah yang tim mereka hadapi. - so in LOVE with Baymax!

5. Karakter-karakter film ini jenaka dan konyol
Jika pada umumnya superhero tampak cool dan jauh dari tindakan-tindakan konyol, Lain halnya dengan karakter protagonis dalam "Big Hero 6". Para penggagas kelompok superhero dalam film ini adalah para mahasiswa teknik San Fransokyo Institute of Technology. Tim ini terdiri dari remaja kutu buku yang tingkahnya jauh dari kesan cool atau gagah perkasa layaknya karakter superhero selama ini.

6. Cerita yang menguras emosi
Sudah menjadi ciri khas Disney yang selalu menggarap film-film yang mampu menyentuh perasaan. "Big Hero 6" menceritakan pedihnya rasa kehilangan sekaligus pelajaran untuk bangkit kembali dan meraih cita-cita. Uniknya, justru Baymax, yang notabene seorang robot menjadi kawan dan mampu menghibur di kala sedih. Persahabatan tim dan hubungan personal antara Hiro Hamada dan kakaknya Tadashi Hamada, cukup membuat film ini menyentuh hati penonton. 
----
Nah, buat Para Orangtua, mangga silahkan diajak anak anaknya untuk nonton film ini. saya sangat merekomendasikan. jangan tunggu hari libur. ajak mereka sepulang sekolah, besok! "Big Hero 6" mengingatkan saya tentang berbuat baik tanpa embel embel. jadilah orang baik tanpa diminta, jadilah orang jujur dan orang yang penuh kebaikan hati, jangan tinggalkan otak dan logika anda, tapi pendidikan bukan segalanya. otak verdas tidak lantas membuat anda menjadi pribadi yang hebat. tanpa hati, kepintaran anda kadang menjadi kekosongan belaka. Baymax, robot yang cerdas tanpa hati. namun lebih manusiawi daripada manusia. film keren! Nonton yuk!

3 komentar:

  1. good. saya juga jadi pengen nonton!

    kuliah di ITB memang seru yaaa :)

    BalasHapus
  2. hahaha.. harus nonton!
    ini film scifi robotic paling keceh!

    BalasHapus
    Balasan
    1. baiklah.. akan segera menonton :)

      Hapus