Senin, 26 November 2012

Surga Dunia Ayu


melihat gambar ini selalu membuat saya tersenyum. membayangkan ruangan dingin dengan rak berwarna cokelat dengan tumpukan buku buku di dalamnya. dengan cover warna warni, judul judul melankolis. tumpukan kata yang di rangkum mnjadi sebuah paragraf paragraf yang mengundang saya untuk haus untuk terus dan terus dan terus membaca dan kembali ke tempat ini untuk menambah koleksi buku saya. Saya sudah sering bilang kan, kalo sejak kecil saya selalu tersihir dengan cerita, dongeng, fabel, kisah kisah pahlawan, sampai menjeang dewasa.. kebiasaan membaca itu menjadi sebuah addict yang sulit untuk dihilangkan. lagipula, saya memang ingin memeliharanya. tidak ingin saya hilangkan. 

kebiasaan membaca inilah juga yang membuat saya pada akhirnya jatuh cinta untuk menulis. menulis, curhat dan apapunlah isi tulisan saya terinspirasi dari buku buku yang selama lebih dari 20 tahun ini saya baca. lama lama terbsit keinginan saya untuk jadi penulis. ingin rasanya menyalurkan kecintaan saya akan menulis pada sebuah buku. namun keberanian dan ide yang ada di kepala saya, rasanya sulit untuk ditumpahkan, mengingat aktifitas saya yang membuat sulit untuk fokus jika benar benar ingi membuat buku. 

Nah, hari itu saya yang sedang berada di Gramedia Bintaro mencoba untuk menikmati pemandangan yang sangat indah ini sekaligus melihat tren tulisan sekarang seperti apa. jenis buku apa yang paling laris. sekalian membeli beberapa buku yang memang sudah menjadi incaran saya sejak lama. namun setiap kali kembali ke toko buku, membuat saya semakin haus untuk membaca dan menulis.


Djenar Maesa Ayu
dengan kreatifnya membuat cover bersambung yang mengambarkan perempuan.
Mereka Bilang Saya Monyet, Jangan main main (dengan kelaminmu), Nayla, Cerita pendek tentang cerita cinta pendek. idenya menarik dan brilian, selain daripada saya sudah membaca beberapa diantaranyasaat cover buku terdahulu. buat saya Djenar itu inspiratif.


tema tema cinta masih bertebaran menjadi judul buku..


Buku buku Horor yang ga kalah laris. tapi saya ga suka.. serem dan bikin mimpi buruk buat saya :p


Saya belum membaca ini. tapi Ika Natasha punya cara menarik untuk menyajikan bukunya yang saya sendiri menjadi penasaran. 323 mg, 288 mg, 355 mg..



Buku buku berbau religius juga melirik hati saya karena judulnya yang indah

#SelfTalk cerita tentang Pasar Pagi

pasar ini hanya buka setiap pagi saja. mulai pukul 4 pagi sampai sekiranya pengunjung sepi sekitar pukul 11 dan 12. pasar ini adalah pasar yang memang menjadi inisiatif para penjual sayur dan pedagang lainnya, lalu mereka bersepakat dengan warga dan ketua RT/RW setempat untuk membuka pasar pagi ini. terletak di dalam komplek perumahan. mereka menjajakkan dagangannya di sepanjang jalan utama. jadi harap maklum jika lalu lalang kendaran aga sedikit sulit. tapi pasar pagi ini tidak semerta merta menutup jalan. kendaraan tetap dibiarkan lewat, hanya harus bersabar. 

saya dulu bukan pecinta pasar. saya anti pasar sewaktu duduk di bangku TK. kenapa? karena saya pernah terpeleset di pasar cipulir, saat kondisi sedang hujan dan becek. dan seluruh pakaian saya menjadi bau dan kontor oleh becekan yang melekat di badan saya. saya menangis tanpa henti sampai saya memutuskan, saya tidak akan kembali ke pasar sampai saya dewasa nanti. itu ikrar saya. tapi ternyata keadaan tidak mendukung niat saya yang begitu lantang saya ucapkan sewaktu kecil. 

ibu saya termasuk tipikal orang yang tidak mengenal kompromi. buat dia, anak perempuan harus suka ga suka ya harus suka dengan pasar. yah.. begitulah. kalau bicara soal ini nanti saya akan orasi soal kesetaraan gender. hehehe.. singkat kata.. saya akhirnya memberanikan diri untuk pelan pelan menemani ibu saya berbelanja. atau bahkan saya menawarkan diri untuk belanja kebutuhan masak memasak. sehingga lama kelamaan, becek dan bau menyengat dari amisnya hewan laut tidak lagi menjadi masalah besar buat saya. ditambah lagi sejak saya menikah dan almarhum suami punya hobi makan, mertua sangat galak (*maaf) mengharuskan saya bisa masak seperti dirinya. sehingga saya memutuskan dengan tekad yang bulat, saya cinta pasar.

hari minggu kemarin 25 november 2012, saya dan malika memutuskan untuk ke pasar pagi dekat rumah. kami janjian, sama sama ingin makan nasi uduk favorit kami. sambil melihat pedagang yang sangat ramai. mulai dari sayur mayur, buah, ayam, ikan, telur asin, sampai ke perabotan rumah tangga, pakaian, kerudung, mainan anak, tukang penjajak makanan seperti tukang bakso, mi ayam, batagor, bubur kacang ijo, dan lain lain.. aktifitas ini selalu menyenangkan pada akhirnya. saya menjadi akrab dengan banyak pedagang. saya jadi tahu banyak bumbu dapur dan jenis sayur sayuran. saya jadi tahu tukang sayur mana yang ramah dan biasa memberi harga miring, tak jarang bahkan memberikan beberapa tomat atau kentang gratis. saya memang belum begitu mahir memaak, belum tahu betul taste yang lezat. tapi saya suka pasar.. :)






Minggu, 25 November 2012

Seks sebagai Sarapan Pagi



[AIDS INA] KURANGI/HILANGKAN HAK ISTIMEWA LAKI-LAKI DI BIDANG SEKSUALITAS, Ini adalah Subject email di Milis aidsindonesia yang sedang ramai memperbincangkan bagaimana sebaiknya apakah Laki laki pelanggan seks di kriminalkan atau bagaimana....
Please, Ralat jika saya salah..

Sebagai anak baru yang terjun di isu penanggulangan HIV AIDS baru beberapa saat (baru jalan 2 tahun), saya melihat isu diatas lagi semakin seru diperbincangkan di 2012. Sasaran target upaya penanggulangan pencegahan rupanya mulai bergeser. 

Dulu, fokus pemerintah adalah dengan memutus mata rantai penyebaran infeksi HIV baru kepada masyarakat. Dengan cara mengedukasi para pekerja seks agar penting bagi mereka tahu keberadaan kondom untukk melindungi dirinya dari Infeksi Menular Seksual dan HIV ataupun sebaliknya melindungi para pelanggan. 

Kepada para pengguna Napza Suntik dan Pecandu narkotika. Diberikan substitusi Program Methadone dan Layanan Jarum suntik steril. Agar mereka bisa menggunakan jarum suntik tanpa bergantian dengan orang lain dan kalaupun pada akhirnya masalah adiksi yang masih menjadi masalah Layanan Methadone menjadi alternative agar tidak lagi menggunakan putaw.

Lalu, di 2012 ini. Laporan triwulan kementrian kesehatan ttg data infeksi baru HIV meningkat pada Ibu rumah tangga, dan.. Isu yang di atas pada akhirnya muncul. Saya akan kembali copy paste judulnya supaya anda ga perlu nge scroll mouse anda..

[AIDS INA] KURANGI/HILANGKAN HAK ISTIMEWA LAKI-LAKI DI BIDANG SEKSUALITAS

Sabtu, 24 November 2012

Kecanduan Pelukan


Pagi ini saya ingin dipeluk. Pelukan yang menghangatkan. 
saya ingin dipeluk karena dalam peluk, saya merasakan rasa aman. sama meraa bahwa saya tidak sendirian. saya merasakan bahu saya menempel di bahunya, dan saya mendapatkan sedikit sandaran. saya merasakan degup jantung saya didengar oleh orang yang memeluk saya seakan akan dia memahami apa yang saya pikirkan dan rasakan. Saya juga punya hobi memeluk. sama seperti dipeluk. orang yang punya inisiatif memeluk biasanya memiliki jiwa yang kuat dan menenangkan. tidak jarang saat menangis atau marah atau bahkan lepas kendali, Pelukan menyembuhkan saya. 

dan ini berlaku pada siapapun. bukan cuma dua sejoli yang sedang kasmaran. pelukan dari kakak ke adik, anak ke ibu, pelukan dengan sahabat bahkan dengan dokter anda. Sebuah penelitian yang dipublikasikan oleh Journal of Epidemiology and Community Health mengungkapkan fakta bahwa bayi yang baru lahir selalu diberi sentuhan, seperti pelukan, ciuman, belaian sebagai tanda kasih sayang dari orangtuanya tumbuh menjadi pribadi yang tak mudah stres. terbukti bahwa manusia dilahirkan dengan indra perasa yang super sensitif.

saya punya pengalaman saat mendampingi seseorang yang baru mengetahui status HIV nya. dia menangis dan berteriak tanpa henti. lalu perlahan saya berbisik di telinganya "ibu, ijinkan saya memeluk anda. insyaAllah semua akan baik baik saja." lalu apa yang terjadi.. dia menangis lebih kencang dalam pelukan saya selama beberapa saat, dan kemudian tertidur. antara tertawa dan lega. tapi perempuan ini kemudian berterima kasih karena detik itu saat dia merasakan guncangan hebat yang ada di dirinya, sesaat sembuh. 

hal ini pun sampai dimanfaatkan oleh seorang Wanita 29 tahun asal New York yang membuka sebuah klinik terapi yang membebaskan klien untuk memeluknya. Tanpa konteks seksual, ia memasang tarif US$60 atau hampir Rp600 ribu per jam. bayangkan, hal hebat apa yang dia berikan kepada orang lain, selain juga pada akhirnya mendapatkan keuntungan.

Hebaaattt... Katanya nihh, Saat pelukan terjadi, Hormon Oksitosin dilepaskan dari otak Anda yang nantinya memunculkan perasaan bahagia dan tidak stres. Nah, perasaan inilah yang akan memberi manfaat positif terhadap kesehatan.

Jadi, mana nih yang bisa dipeluk? *kemudian mencari malika atau papi...*

 

Hari Berterima kasih

Thanksgiving Day History sumber Kompasiana

Thanksgiving day dimulai saat pencari kebebasan hidup ( the pilgrim) tiba di Benua Amerika dari Eropa pada tahun 1620 setelah mereka mengarungi lautan atlantic selama 66 hari menumpang kapal Mayflower yang banyak mengalami badai dan topan besar, namun berkat pertolongan Tuhan 102 orang  para pencari kebebasan hidup tersebut tiba dengan selamat walaupun kapal mereka terdampar  diwilayah Plymouth MA,  padahal tujuan mereka adalah Virginia sekitar 300 miles laut lagi  diselatan kota Boston.

Saat mereka tiba di Plymouth dengan cuaca yang sangat dingin  sejumlah 46 orang pencari kebebasan hidup tersebut meninggal dunia karena dinginnya cuaca di Plymouth dan juga penyakit yang mereka derita selama mengarungi lautan luas, saat itu mereka memohon kepada Tuhan agar diberikan pertolongan oleh karena kapal mereka terdampar diwilayah tersebut.  Dan tidak berapa lama penduduk asli Amerika suku Indian datang menolong dan membantu mereka dengan memberikan tempat tinggal maupun makanan.
Mereka diberikan makanan dari hasil pertanian yang dihasilkan suku Indian dari dulu  sampai hari ini  seperti  Jagung, Kacang buncis (bean), Pumpkin ( labuh) dan Strawberry maupun apple., dan untuk menghormati tamu yang datang dari jauh itu, suku Indian juga menyiapkan hidangantambahan daging  seperti daging Itik ( Gees, maupun jenis hewan piaraan lainnya

Dari penglihatan suku Indian, para pencari kebebasan hidup yang datang dari Eropa ini  khususnya dari Irlandia kedapatan banyak sekali yang menderita penyakit cacar maupun penyakit kulit lainnya,  oleh karena penderitaan yang mereka alami sewaktu melarikan diri dari Eropa, agar penyakit ini tidak menular maka sesuai dengan tradisi kepercayaan suku Indian, pendatang ini harus diberikan makan  daging burung kalkun ( Turkey) agar penyakit bangsa pendatang ini sembuh, entah benar atau hanya secara kebetulan, mitos tersebut banyak memberikan kesembuhan bagi pendatang ini, dan dari situlah tradisi thanksgiving dilambangkan dengan symbol ayam kalkun ( Turkey).

Tuhan memberkati kehadiran pendatang dari Eropa ini, mereka tekun bekerja untuk segala jenis pekerjaan yang dapat mereka lakukan untuk menyambung hidup, dan  atas kebaikan suku Indian yang memberikan lahan untuk dikerjakan  mereka,  maka tahun 1621 satu tahun setelah mereka tiba di Plymouth  dan saatnya untuk memasuki menjelang musim dingin, mereka mengadakan suatu hari pertemuan untuk menaikkan syukur atas kebaikan Tuhan dalam hidup mereka,  dulu sebelum acara makan bersama,  satu hari sebelumnya mereka berpuasa dan berdoa. maka sejak itulah Amerika merayakan Thanksgiving setiap tahunnya tanggal 25 November.

Selain itu pada hari jum’at nanti seluruh toko-toko di Amerika akan mengadakan acara sales besar-besaran dengan istilah Black Friday, harga dibanting hingga 70%  dan tentu mengundang minat masyarakat luas untuk berduyun duyun menikmati harga miring tersebut, dan bahkan banyak  yang bermalam dimuka toko yang mereka akan masuki agar barang yang mereka inginkan didapatkan, sebab toko-toko akan buka mulai dari jam 5:00 pagi hingga menjelang sore hari.

Inilah hari yang paling bermakna bila anda hidup tinggal di Amerika, Thanksgiving day hari raya besar dan diperingati seluruh lapisan masyarakat untuk mengucap syukur kepada Tuhan atas berkat yang telah dia berikan, dan sepengetahuan saya baru di Amerika dan Canada yang merayakan hari seperti ini, yang mengajarkan agar bangsanya selalu bersyukur.

-----------------------------------------------------------

Indonesia tidak memiliki Thanksgiving day. Namun kita  bisa terinspirasi untuk juga bisa merayakan rasa syukur kita setiap hari. hari berterima kasih bisa kita lakukan dengan diri sendiri, dengan sahabat, pasangan ataupun keluarga. tidak harus besar besaran atau seperti kita merayakan hari raya. kita bisa melakukannya dengan mengucapkan doa setiap kali bangun dari tidur. atau memberikan hadiah spesial pada diri sendiri/orang terdekat setiap harinya dengan bingkisan kecil (tidak mahal), surat cinta atau ucapan mesra setiap hari.

bersyukur merupakan suatu bentuk ucapan terima kasih seorang manusia terhadap Tuhannya. terhadap setiap kejadian, kebahagiaan, ksempatan, kesehatan dan apapun yang dia dapatkan baik atau kurang menyenangkan. bersyukur juga sebaiknya dilakukan setiap saat, karena dengan bersyukur kita bisa memperbaiki keadaan hati kita, kita bisa lebih melihat kekurangan apa yang selama ada di diri kita. dengan bersyukur kita bisa kembali mengingatkan diri kita bahwa kita cuma manusia.

Jadi, apakah kalian sudah bersyukur hari ini?

Alhamdulilah.. I thank full today for my best or worst condition. Allahu Akbar.
Bismillahirrahmanirrahim. Mari kita selalu mengingat setiap hal dan bersyukur.. :)
selamat pagiiiiii...

Jumat, 23 November 2012

Obama who' Respect Diversity



Sophia bailey Klugh writen:
 

Dear Barack Obama..

It's Sophia Bailey Klugh. Your friend who invited you to dinner. You don't remember okay that's fine. But I just wanted to tell you that I am so glad you agree that two men can love each other because I have two dads and they love each other. But at school kids think that it's gross and weird but it really hurts my heart and feelings. So I come to you because you are my hero. If you were me and you had two dads that loved each other, and kids at school teased you about it, what would you do? Please respond!

I just wanted to say you really inspire me, and I hope you win on being the president. You would totally make the world a better place.

Your friend
Sophia
 P.S. Please tell your daughters Hi for me!

 ----------------------------------------------------------

President Obama reply :

Miss Sophia Bailey Klugh

Dear Sophia,

Thank you for writing me such a thoughtfull letter about your family. Reading it make me proudto be your president and even more hopeful about the future of our nation.


In America, no two family look same. We celebrate this diversity. And we recognize that wheter you have two dads or one mom what matters above all is the love we show one another. You are very fortunate to have two parents who care deeply for you. They are lucky to have such an exceptional daughter in you.
Our differences unite us. You and I are blessed to live in a country where we are born equal no matter what we look on the outside, where we grow up or who are our parents are. A good rule is to treat others the way you hope they will treat you. Reminds your friends in school about this rule if they something that hurts your feeling.

Thanks again for taking a time to write to me. I’m honored to have your support and inspired by your compassion. I’m sorry I couldn’t make it to dinner, but I’ll be sure to tell Sasha and Malia you say Hello.

Sincerely
(sign) Barack Obama 



-------------------------------
a young 10 years old young girl who have 2 fathers write a letter for Barack Obama before he win the election for 2012 period. Obama send back letter wisely and so nice, that he proud can respect the diversity. He is the great president who lead America with brave heart and his courage to fair and respect the diversity value. How we finally could build equality without see the sexual orientation. I respect you as Indonesian people and as people living with HIV. really hope that we have a leader like you in here. so inspiring and motivating.

Tetangga Kami Si Ibu kucing



sudah minggu ke dua kami menempati rumah besar yang menjadi markas besar Indonesia AIDS Coalition. rumah yang nyaman dan sejuk, dengan langit langit tinggi di dalamnya. lingkungan yang tidak begitu berbeda jauh dengan rumah yang sebelumnya, hanya lebih private karena berada di dalam gang. 

di depan kami tinggalah sebuah keluarga yang di beri amanah oleh si pemilik rumah yang kami sewa rumahnya, untuk sering sering berkomunikasi dengan kami. karena beliau lah tetangga terdekat kami. awalnya hanya koh iwang yang dekat dengannya. saya tidak terlalu suka berbincang bincang dengan tema basa basi dengan tetangga. jadi cukuplah saya memperkenalkan diri dan rajin menyapa atau tersenyum.

Si ibu adalah penyayang hewan. dapat terlihat dari jumlah hewan yang dia miliki. dia memiliki 2 ekor anjing dan 'seperti' nya lebih dari 5 ekor kucing. dengan rumah yang tidak begitu besar, hewan sebanyak itu kalau buat saya sangat menganggu. bau kotoran dan bulu bulu yang berterbangan. tapi sepertinya si ibu tidak sepakat dengan saya. saya sebut tetangga saya kini Sang Ibu Kucing. mengapa.. karena semua kucingnya dia panggil dengan sebutan kakak atau adik. kalaupun kucing tersebut memiliki nama, maka si ibu akan mencantumkan kakak dan adik sebelum namanya.

seperti pagi ini, saat saya menyapu halaman depan rumah. dan menyapa si ibu yang sedang mencari cari beberapa ekor kucingnya yang sedang bermain main di jalan raya..

"kakaaak.... kakak mana yaaa... kakaaak.., nah kamu tuh ya, kalau pagi makan dulu.. baru main main. nanti kalau lapar bagaimana.. ayo masuk.. ade aja udah makan tuh.." lalu si ibu yang menggendong si kakak kucing masuk ke dalam rumah sembari tersenyum manis ke pada saya.

lalu saya pun tersenyum..


*pict by google


dan pagi menjadi penuh rindu..

now listen Tulus ~ teman hidup

Hai, embun dan udara sejuk..
ijinkan saya menghirup oksigenMu pagi ini..
karena aku butuh oksigen
karena aku sudah merindukannya.. 
sangat merindukannya..

hai pagi, .. 
Aku sudah kangen.
dan Jakarta selalu menjadi penuh 
setiap pagi datang
penuh dengan perasaan rinduku yang tak terkira..
 lalu di racuni oleh lirik musik penuh arti ini..


Dia indah meretas gundah
Dia yang selama ini ku nanti
Membawa sejuk, memanja rasa
Dia yang selalu ada untukku

Di dekatnya aku lebih tenang
Bersamanya jalan lebih terang

Tetaplah bersamaku jadi teman hidupku
Berdua kita hadapi dunia
Kau milikku ku milikmu kita satukan tuju
Bersama arungi derasnya waktu
Kau milikku, ku milikmu ..Kau milikku, ku milikmu

Bila di depan nanti
Banyak cobaan untuk kisah cinta kita
Jangan cepat menyerah
Kau punya aku, ku punya kamu, selamanya kan begitu

Tetaplah bersamaku jadi teman hidupku
Berdua kita hadapi dunia
Kau milikku ku milikmu kita satukan tuju
Bersama arungi derasnya waktu
Kau milikku, ku milikmu
Kau jiwa yang selalu aku puja


menjadi doa pagi. agar Tuhan beri kita kesempatan untuk selalu bersama. memberikan kita umur yang cukup untuk bisa saling menjaga. memberikan kekuatan untuk dapat saling mengerti dan memahami satu sama lain. menjadi doa pagi ku. agar Tuhan melancarkan jalan ini.. untuk malika, dan untuk kita.

dear @febbylorentz,
good morning sunshine..
I love you my Future..

Kamis, 22 November 2012

10 pm Tonight


and the alarm ringing so loud
at 10 pm..
no need to hurry or move
I just take my glass of water
and 2 pils, beside me.. where I was sit..

after that, #StayAlive


His Dad,


He was the first man who held me tight in his arm, just after I was born
He was the first man who  worried when I was sick
He was the first man who felt terrified when I was lost of his sight
He was the first man who raised his anger to my complexities of mind

He is the first man who support me to be what I am today
He is the first man who know how to conquer my wild dreams and imagination
He is the first man who learn that it is useless to go against my rational minds
He is the first man who show me that injustice happens beyond our safe family home

But yes, He did some mistakes too from my perspective
He was frequently out of town when I was growing up
He was so patriarchal and he acted for many years that domestic works are women works
He still could be very terrified with homosexuality and still has very strong opinion on it

Yeap, we have our differences
But I love him no matter what and I know for sure that he loves me evenmore

Now,
he grows old
he has experienced many sickness
he is not the man I used to remember - strong, healthy and protecting

But you know what,
He is my Dad and I love him so much, that it hurts me to imagine that he is getting older

happy birthday Dad
I am praying so hard that God allows me to spend many years ahead with you..




Menuliskan kembali, Tulisan Ibu Marcia Soumokil.. tentang Sang Ayah.
yang telah kembali ke pelukan Sang Kuasa beberapa waktu lalu.
Rest In peace for him..


cerita sahabat

Layak nggak sih seorang HIV sepeti saya jadi Guru PNS???
Mungkin Cita citaku akan kandas karena penyakit ini. yang saya tahu untuk jadi PNS ada test darah. secara status HIV saya udah ada di Rumah sakit, otomatis bisa langsung ke lacak kan kalo saya tes dimana mana ya? apa aku beralih profesi  aja ya. tapi aku masih ada tanggung jawab di sekolah. harus sama siapa kalau sharing masalah kayak gini. Orangtua ku belum tau sakit ku.. mereka sangat berharap aku jadi PNS. Aku sangat diharapkan di keluarga ini. tapi apa jadinya... padahal ODHA juga manusia kan? masa kami ga berhak jadi PNS.

dan telfon malam tadi diakhiri dengan tangisan..
Ria (bukan nama sebenarnya) adalah salah satu dari jutaan perempuan di Indonesia yang terinfeksi HIV dari pasangannya. saya mengenalnya sekitar tahun 2010 di Rumah sakit tempat kami berobat. Ria adalah sosok yang energik, periang dan cantik. ibu satu orang putri ini, kini menjadi pribadi yang murung dan tidak bersemangat. dia adalah seoang guru SMA di sebuah sekolah. guru yang baik dan inspiratif bagi murid muridnya. akan ada kesempatan menjadi PNS (Pegawai Negeri Sipil) dia bilang pada saya. an itu menjadi kesempatan emas baginya untuk menunjukkan kepada orangtua nya, bahwa dirinya layak. namun seketika harapan itu pupus. Ria menjadi rendah diri dan tidak memiliki motivasi untuk hidup. Setelah dinyatakan HIV positif  bersama putrinya, Ria merasa hidupnya untuh seketika. 

Saya ga berhenti disini. sebagai teman. sebagai perempuan yang juga hidup dengan HIV, saya merasa Ria butuh banyak bercerita, bertukar pikiran dan keluar dari lingkaran ketakutan dirinya. itu memang tidak mudah. saya bisa bilang ini sangat sulit. kelihatannya beberapa teman yang hidup dengan HIV, kelihatan baik baik saja, terlihat menerima dan tidak seperti orang depresi. namun, jika saya atau mereka ditanya kembali, "Jika kamu terlahir kembali, apakah kamu mau menjadi odha?" jawabannya tidak, tentu saja tidak. namun beryukur atas apa yang kau miliki saat ini sangatlah penting. segala urusan, maalah, ketentuan yang diatur oleh Tuhan pasti ada sebab, entah apa itu.. baik ataupun buruk.. Tuhan sudah kasih yang paling baik untuk umatnya. saya tiak munafik, saya juga tidak terlalu religius. tapi saya percaya Tuhan. saya percaya bahwa ada kebahagiaan untuk setiap orang. itu sudah diatur dan digariskan.

Menjadi orang yang hidup dengan HIV tidaklah mudah. saya tidak menyebut apakah laki laki atau perempuan. tidak mudah. tapi saya dan banyak teman odha lainnya merasa bahwa satu satunya kekuatan yang kami miliki adalah diri kami sendiri. kami tidak menggantungkan hidup pada kami pada orang lain. bahkan kepada orang tua, pasangan, anak, sahabat atau siapapun.. berdiri diatas kami sendiri. kembali memanusiakan diri kami itu juga penting. bagaimana stigma dan diskrimasi terhadap orang yang hidup dengan HIV sangatlah ental di Indonesia, membuat kami.. saya khususnya berfikir Bagaimana orang bisa menganggap saya manusia jika saya tidak memanusiakan diri kita sendiri.

Sampai saat ini Ria belum menemukan solusi dari permasalahannya. saya juga masih mencari tahu apakah salah satu syarat menjadi PNS adalah test HIV. mari terus berusaha, berjuang.. bukan hanya untuk melaan HIV. namun untuk memperbaiki kehidupan kita. mencari kebahagiaan dan kedamaian.

Selamat pagi.. Jangan lupa senyuuuuuummmmmmmmmm.... 

Rabu, 21 November 2012

Serius ini gara gara Hujan..


It's hard for me to say the things I want to say sometimes
There's no one here but you and me And that broken old street light
Lock the doors, we'll leave the world outside 

All I've got to give to you Are these five words tonight

I never knew I had a dream  Until that dream was you

When I look into your eyes The sky's a different blue
Cross my heart I wear no disguise
If I tried, you'd make believe That you believed my lies

You pick me up when I fall down

You ring the bell before they count me out
If I was drowning you would part the sea
And risk your own life to rescue me


Thank you for loving me 
For being my eyes When I couldn't see 
For parting my lips When I couldn't breathe  


Umur ubungan ini baru dua bulan. kalau bayi baru bisa senyum, ketawa dan lebih banyak gerak atau aktif. tidak jauh berbeda dengan hubungan antar manusia. hanya saja.. rasanya sudah seperti selamanya. (lalu tiba tiba semua orang meneriaki saya.. huuuuuu, basiiii.. lebaayyy). yah.. itu terserah kepada pemirsa sekalian. Jatuh cinta sejuta rasanya, seperti yang dinyanyikan oleh Titik Puspa. saya sepakat. ada perasaan yang ga pernah bisa diungkap dalam kata dan hanya bisa di kutip dengan istilah sejuta rasanya. rasa yang jarang kau dapatkan saat anda sedang tidak berhubungan dengan siapapun. eits, tapi saya ga bilang yang single ga bahagia yah. I'm a Happy person. dalam setiap situasi dan kondisi, saya selalu berusaha untuk bahagia. dengan ataupun tanpa pasangan. Namun, berbagi hati bersama seseorang, rasanya sangat luar biasa.

Pria ini sudah menemani hari hari saya. tidak tingal bersama, tidak bertemu setiap hari, tapi dia selalu ada di hati saya, dan saya yakin.. saya yang ada di hatinya. hubungan jarak jauh yang pernah saya ceritakan cukup berat (karena ini pertama kali saya menjalani hubungan jarak jauh), lambat laun semakin terasa menyenangkan. jarak yang tadinya menjadi jurang pemisah, yang bisa saja membuat saya lompat dan terjatuh di dalamnya. kini malah menjadi jembatan. Yup, jarak tersebut kini menjadi jembatan bagi saya dan pasangan untuk menyirami perasaan kami setiap hari dengan kasih sayang hingga bertumbuh dan membangun jembatan yang kelak akan mempertemukan aku dan kamu. (tssaahhhh, bahasanya kahlil gibran banget, maafkan jangan muak)

tepat tanggal 21 September 2012, kami bertemu untuk pertama kalinya di Lapang bawet. setelah sebelumnya kami bermesraan melalui bbm (hahahaha.. saya serius ketawa). saya ingat betul, perasaan yang saat itu tumbuh sangatlah unik. saya belum jatuh cinta sama dia. tapi saya merasakan pria ini penuh kasih sayang. dia pria yang baik. atau dia sebenernya tukang gombal, saya juga ga tau persis di awal. saya seperti gambling.. membuka hati pada orang yang sosoknya pun saya tidak tahu. sebelum kami bertemu, dia pernah bilang supaya saya jangan sampai ilfil kalau ketemu dia. Mungkin ada sedikit ke khawatiran darinya, bahwa setelah bertemu, hati saya akan berubah.. perasaan dan sikap sikap saya akan menjadi lain. tapi tidak. kamu jangan khawatir beibeh.. Saya bukan tipikal perempuan yang menilai pasangan dari fisik. dan akhirnya bertemulah kami.. di lapangan.. (bukan temat yang romantis untuk bertemu muka pertama kali) dia menggunakan baju bola, saya pakai kaos dan celana pendek. lalu saya senyum senyum sambil melambaikan tangan.. 

21 Oktober 2012, Kami duduk di Origin House di Jl.Sumatera, hanya beberapa langkah dari tempat tinggalnya. saya ingat betul saat itu hujan sedag turun. tidak deras namun gerimis.. saya pesan ice chocolate dengan gelas yang begitu panjang hampir 1/4 meter panjangnya.. dan dia memesan minuman yang rasanya aneh. Rasa daun.. saya lupa namanya apa. well.. kembali di tanggal 21 satu bulan setelah menjalani hubungan. hari ini kami membaca doa bersama..doa yang menurut saya menjadi pengikat untuk kami berdua. untuk semakin yakin bisa dapat saling menjaga dan melindungi satu sama lain. kami pun berjanji akan kembali membaca doa ini bersama setiap 3 bulan.. hingga waktunya tiba... *kemudian hening*

wahhhh.. Cinta itu bisa seketika bikin orang pandai berkata kata. berpuisi dan mengeluarkan suara hati seperti layaknya air mengalir. ini pun yang saya rasakan. Hubungan ini membuat saya termotivasi untuk menulis kembali. bukan hanya mengenai kisah percintaan dan kisah hidup saya. tapi untuk apapun.. menulis kembai menjadi bagian paling menarik dalam hidup. Jarak yang ada antara kami ini, mendewasakan saya. membuat saya menjadi pribadi yang lebih sabar. Sabar menunggu.. *krik krik krik rik*

hari ini masih dikasih sehat dan dikasih umur buat ketemu lagi tanggal 21 november.. saya di Jakarta, kamu di Bandung.. ahhhh. (apaan sih) hehehehe... Si kakang lagi sibuk babantu di Posko Bencana, membantu daerah Bandung Selatan yang kena Banjir bandang. saya disini.. di kantor.. sambil kerja sambil curhat sambil denger yutub sambil nunggu tukang mie tek tek lewat. dan kembali mengingat bahwa sesungguhnya Hubungan ini tercipta semata mata bukan hanya karena soal cinta. tapi pembelajaran untuk saling mengenal, dan mengintrospeksi diri satu sama lain. melihat kekurangan sebagai pacuan untuk saling mengisi dan kelebihan untuk saling berbagi. aih matik gue puitis abes.. hahahaha..

yah pokonya begitu lah yaa.. terima kasih looo hujan hujan gini mau dengerin curhatnya saya.. ahahahayy..selamat menikmati suara indah Jon Bon Jovi sambil menikmati dinginnya hujan. yang punya pasangan silahkan didekap erat pasangannya.. yang ga punya, bisa cari selimut biar ga masuk angin..

Selamat malam.. I Love you Fulllll semuaaa..