Senin, 05 November 2012

Tentang Saya Dan Blog Ini

Capture By Adrianus Mulya

Hai, Selamat Datang di www.sukamakancokelat.com, Perkenalkan nama saya Ayu Oktariani, semua orang biasanya panggil saya Ayu. Ada beberapa sih yang manggil saya dengan nama-nama tambahan seperti Ayu kecil, Ayu Ok (singkatan dari Oktariani), ada juga yang panggil saya unyil, pikachu dan lain sebagainya. But I am not suggest you to call me with that. Panggil aja Ayu. Saya adalah Seorang perempuan muda yang enerjik dan memiliki banyak mimpi serta cita-cita. Jika teman-teman semua mampir ke blog saya, yang menjadi pertanyaan pertama adalah pasti saat membaca header web ini, Daily Story Of Woman Living with HIV. Pasti kalo yang suka gossip ngomonginnya pakai bisik-bisik, "eh si Ayu HIV+ ya?" Hhihihihi, gak usah bisik-bisik, saya lebih suka yang terang-terangan. Seperti saya dengan tegas menyampaikan kepada publik bahwa saya adalah seorang ODHA (Orang yang hidup dengan HIV).

I've been living with HIV for 8 years (sampai profile ini dibuat, dan akan saya update terus setiap tahunnya hihii), saya terinfeksi HIV karena tertular dari pasangan saya yang dahulu-nya adalah pengguna narkoba suntik jenis putaw. Suami saya sudah meninggal pada tahun 2009, tidak lama setelah kamiberdua mengetahui status HIV kami. Saya sama sekali tidak membenci almarhum karena kemudian saya tertular HIV. But I hate the facts that, negara ini gak mengakomodir kita dengan comprehensive sexual education. Sehingga di masa remaja, saya gak merasa tahu dan memahami bahwa ada kebutuhan untuk mengenal diri sendiri, dan bagaimana melindunginya. Singkat cerita (saya gak mau panjang lebar tentang how I get this virus, hehehe) I am Happy now! Saya sudah mengkonsumsi terapi ARV (Anti Retroviral), yakni obat yang dikonsumsi oleh kami yang terinfeksi HIV. Fungsi dari obat ini bukan untuk mematikan virusnya, akan tetapi menekan jumlah pertumbuhan virus HIV nya, jadi raiso nyerang kekebalan tubuh yang kemudian akan melemahkan kita dari segala macam jenis kuman dan penyakit. I am healthy as you are who read this blog, meski kadang-kadang sering sakit, but trust me, kalo ngangkat galon atau geser lemari dan lari keliling lapangan 10 putaran aku sih yes (suara mas anang). 

So, saya tinggal di Bandung, warga Bandung dan punya Kartu penduduk Bandung. Saya tinggal bersama suami saya (yes, this is my second Marriage) dan putri kecil saya yang sudah tumbuh besar. Kami tinggal di tengah kota Bandung, dekat sekali dengan pusat keramaian seperti Jl. Braga, Alun-alun Bandung, dan Balaikota.

Blog ini pada awalnya dibuat karena saya suka curhat, dan udah males nulis pakai pulpen di buku diary. So I made this blog with helps from the master of IT, kang Bani Risset. Dulu sempet mikir, emang ada ya orang yang mau baca blog lo yu kalau tulisannya cinta-cintaan aja, mewek mewek aja, yang ada orang malah alergi karena sangat sinteron sekali. Maka dari itu seiring dengan berjalannya waktu dan kedewasaan berfikir (tsaaahhelahhh), blognya beralih fungsi menjadi ruang menyampaikan cerita-cerita serta pengalaman mengenai hidup sebagai perempuan yang hidup dengan HIV. Ya, udah 2 tahun terakhir lah akhirnya saya mengganti dan merubah konsep besar dari tujuan awal pembuatan blog ini. Jadi kalau misalnya balik ke tahun 2012-an, tulisan-tulisannya isinya puisi lah, lagu-lagu lah dan kebanyakan curhatan percintaan sih. But trust me, bagian yang itu juga gak jelek-jelek amat kok.

So at the end, saya mau mengucapkan terima kasih sebanyak-banyak bagi semua yang mau menyisihkan waktunya untuk membaca tulisan saya yang sederhana dan banyakan typo-nya (please let me know kalau ada yang typo yaaa). Semoga blog ini dapat membuka hati dan cara pandang teman-teman semua mengenai "Bagaimana seseorang hidup dengan HIV", so people can stop to give us stigma and discrimination, only because we have the virus. Dan, saya berharap sekali informasi yang diberikan bisa juga mengingatkan kepada teman-teman semua bahwa kita gak bisa serta merta bilang "Gue anak baik-baik men, mana mungkin gue terinfeksi HIV" lantas kemudian cuek, dan gak mau akses informasi. Itu salah banget! So, mereka-mereka yang cuek dan kalian semua yang baca saat ini juga rentan terinfeksi, JIKA kalian gak mau baca, gak mau tau dan gak mau peduli.

For more information, personal consultation and sharing about HIV please contact me through this email sukamakancokelat@yahoo.com or twitter @ayuma_morie. Happy Reading, stay healthy and be responsible with your life! 

LOVE YOU ALL!