Rabu, 21 November 2012

Tangan Tuhan yang Tak Terlihat

Ketika saya terbangun pagi ini, saya melihat begitu banyak kekuatan terpancar dari sebuah sosial media bernama twitter. kenapa saya bilang begitu.. saya melihat dan merasakan, ada banyak Tangan tuhan yang terulur untuk menolong sesama umat manusia.

Dulu, untuk memberikan atau menyalurkan bantuan kemanusiaan membutuhkan waktu yang lama, panjang, sulit, mahal dan tak jarang benar benar bisa di tempuh dengan jalan darat. berbagai rintangan jauh lebih besar pada masa itu. kala musibah seperti Banjir, kebakaran, gempa bumi, tsunami dan perang sekalipun terjadi di suatu daerah atau wilayah.

sosial media seperti twitter dan facebook juga blog, digunakan sebagai sarana cepat dan efektif. bukan hanya menolong penduduk yang sedang tertimpa suatu musibah, hal ini juga berlaku saat orang perorangan dan juga sebuah kelompok membutuhkan bantua penggalangan dana. saya merasakannya.. impact yang luar biasa. pertolongan yang tersampaikan dan jiwa jiwa yang tersenyum. rangkulan yang tak terlihat, pelukan erat yang sangat virtual. luar biasa..

#SaveTKI saya tidak begitu familiar dengan Isu buruh Migran, tenaga kerja Indonesia, dan seputarnya. namun.. melihat begitu banyak pemberitaan tentang bagaimana tenaga kerja dari Indonesia  yang bekerja di beberapa negara diperlakukan tidak adil dan semena mena. saya lalu melihat hashtag #SaveTKI di twitter. di inisiasi oleh akun @infoburuhmigran gerakan ini menjadi cara masyarakat dan penggiat isu Migran menyampaikan aspirasi dan suara mereka. bagaimana supaya TKI akhirnya mendapatkan perlindungan oleh negara saat bekerja. jika menyampaikan keluh kesah dan berita penting seputar kekerasan pada TKI tidak lagi diindahkan oleh negara. maka twitter bisa menjadi cara yang ampuh. mengumpulkan ratusan, ribuan dan jutaan folowers yang peduli terhadap nasib sodara kita. bisa menjadi pukulan bagi pemerintah.. saat rakyat berteriak tanpa kekerasan. dengan cara yang halus besar harapan bisa memberikan dan mengembalikan hak perlindungan untuk mereka.

#1000untuk1 Tidak sedikit diantara kita yang pernah melihat hashtag ini. Gerakan yang dibuat guna mengumpulkan uang sejumlah 500 Juta rupiah dari 500.000 Orang Masyarakat Indonesia. untuk apa? Sejumlah pemuda yang selama ini termarginalkan, dianggap sampah masyarakat, bahkan tidak dianggap sama sekali. hanya karena mereka dulunya pernah hidup dengan Narkotika dalam darah mereka, sebagian dari mereka hidup dengan HIV AIDS, dan para pemuda lainnya adalah masyarakat miskin yang jarang sekali mendapatkan kesempatan. mereka tergabung dalam suatu tim Street soccer dan mendapatkan kesempatan emas untuk mengikuti pertandingan internation bernama Homeless World Cup yang diadakan di mexico. Di inisiasi oleh Rumah Cemara, ini seperti keajaiban, seperti mimpi saat sebuah gerakan kecil menghasilkan dampak yang begitu besar. dampak yang akhirnya merubah hidup seseorang. membuat mereka, para pemuda yang tadi saya sebutkan merasakan hidup sebagai manusia. bermain sepak bola dan mengibarkan bendera merah putih di tanah Meksiko, dengan pulang membawa juara ke-4. gerakan ini jelas saya bilang sangat membantu.. gerakan yang sangat inspiratif.. more information adn inspiration can read in here League Of Change

#SaveGaza Jalur Gaza adalah sebuah kawasan yang terletak di pantai timur Laut Tengah, berbatasan dengan Mesir di sebelah barat daya dan Israel di sebelah timur dan utara. Populasi di Jalur Gaza berjumlah sekitar 1,7 juta jiwa. Mayoritas penduduknya besar dan lahir di Jalur Gaza, selebihnya merupakan pengungsi Palestina yang melarikan diri ke Gaza setelah meletusnya Perang Arab-Israel 1948. Populasi di Jalur Gaza didominasi oleh Muslim Sunni. Jalur Gaza memperoleh batas-batasnya saat ini pada akhir perang tahun 1948, yang ditetapkan melalui Perjanjian Gencatan Senjata Israel-Mesir pada tanggal 24 Februari 1949. Perjanjian ini menyatakan bahwa garis demarkasi di Jalur Gaza bukanlah merupakan perbatasan internasional. Israel merebut dan menduduki Jalur Gaza dalam Perang Enam Hari pada tahun 1967. Berdasarkan Persetujuan Damai Oslo yang disahkan pada tahun 1993, Otoritas Palestina ditetapkan sebagai badan administratif yang mengelola pusat kependudukan Palestina. Israel mempertahankan kontrolnya terhadap Jalur Gaza di wilayah udara, wilayah perairan, dan lintas perbatasan darat dengan Mesir. Israel secara sepihak menarik diri dari Jalur Gaza pada tahun 2005. Jalur Gaza merupakan bagian dari teritori Palestina. Sejak bulan Juli 2007, setelah pemilihan umum legislatif Palestina 2006 dan setelah Pertempuran Gaza, Hamas menjadi penguasa de facto di Jalur Gaza, yang kemudian membentuk Pemerintahan Hamas di Gaza. taken from Wikipedia

Perang antara israel dan Hammas yang terjadi di Jalur Gaza ini, mengakibatkan jatuhnya korban yang tidak bersalah lebih dari 100 Jiwa diantaranya perempuan dan anak. mereka yang tidak bersalah, yang tidak mengertibahkan tidak tahu menahu tentang problematika perang tersebut malah menjadi korban. gerakan ini buka hanya di Indonesia, melainkan Seluruh dunia mengecam tindakan perang antara Israel dan Hammas yang impactnya teramat sangat merugikan. #SaveGaza merupakan sebuah simbol keprihatinan dunia.

 #PrayForSoreang Musibah banjir yang menimpa bandung Selatan, tepatnya daerah Soreang merendam hampir 500 rumah di daerah tersebut. Bandung Seketika berduka. pukul 11 malam saya melihat timeline twitter ramai oleh sekelompok pemuda yang di inisiasi oleh akun @aksibandung menggalang kekuatan, bantuan dan pertolongan. untuk mengevakuasi warga yang terjebak banjir, mendistribusikan bantuan pakaian, bahan pangan dan obat obatan.Saya tidak bisa membayangkan jika saya ada di posisi mereka, warga yang harusnya sudah bisa bisa beristirahat, namun perabotan mereka terendam banjir, beberapa rumah rusak parah, kendaraan hanyut dan menyedihkan saat mendengar ada korban jiwa. gerakan ini mengantarkan sejuta pertolongan kepada warga setempat mulai dari mie instan, kornet, beras, pakaian, pembalut, susu, selimut, tikar, bantal, bahkan buku dan peralatan sekolah. sejumlah dokter dan petugas medis turun berkat efek viral dari informasi yang diciptakan oleh gerakan ini. Hingga kini, proses bantuan masih berjalan, karena hujan masih terus turun dan bantuan masih terus dibutuhkan. beberapa pemuda yang aktif bergerak dari Posko aksi Bandung di Jl.purnawarman 70, diantaranya @febbylorentz @ridwankamil @pancadz @reggimunggaran @larasatita @dixxieland dan masih banyak lagi... mereka tidak henti menyebarkan informasi dan membantu distribusi bantuan. Ada kekuatan yang terpancar dari jari jari manis yang menulis.. #PrayForSoreang


#SaveBabyKeandra Keandra Morris Ksatria Lim, yang akrab di panggil Baby K atau kakang, adalah Putra pertama dari sahabat saya Ranny dan Adit. Dokter menyatakan  kakang mengalami retardasi mental, atau yang biasa disebut dengan Down Syndrome. Keandra dilahirkan dengan ukuran normal namun dianggap terlalu kecil dengan berat badan saat lahir 2.85 kg dan tinggi badan 45 cm. Keandra juga memiliki masalah dengan jantungnya, terdapat tiga buah lubang di jantung Keandra. Down Syndrome + Complete AVSD, yang artinya ada beberapa lubang di jantung nya, ditambah dengan klep yang menjadi satu (seharusnya terpisah). Bukanlah persoalan yang mudah untuk dihadapi Ranny dan Adit. Bayi Keandra membutuhkan dana 100 juta untuk biaya operasi dan pengobatan. Bukan uang yang sedikit dan bukan mudah. Maka dengan ini, keluarga serta sahabat memutuskan untuk membuat gerakan #SaveBabyKeandra dengan tujuan menggalangdana untuk biaya pengobatan kakang. Sangat mengharukan, karena dalam waktu kurang dari 3 bulan.. banyak bantuan mengalir untuk Kakang. Keandra akan melalukan sejumlah pemeriksaan menjelang operasi di akhir bulan ini. Teman teman bisa melihat tulisan Aditya taslim dalam Blognya "Thoughts Of Life" , yang bercerita tentang perjuangan mereka untuk Kehidupan keandra. Terima kasih tanpa lelah juga diucapkan kedua orangtua untuk kemurahan hati kawan kawan..

 5 diantara ribuan Gerakan kemanusiaan yang saya captured diatas hanyalah sebagian kecil dari apa yang terlihat. bahwa sebenernya masih banyak cinta kasih dan rasa kemanusiaan di bumi. Masih banyak orang orang yang tidak pernah lupa untuk melihat saudara saudaranya yang membutuhkan pertolongan, dukungan, senyum bahkan pelukan. gerakan ini harusnya bisa menjadi inspirasi bagi kita semua untuk menolong tanpa melihat, siapa mereka, dan bagaimana mereka. apapun gerakannya, siapapun yang ditolong.. tanpa berusaha membuat gerakan lainnya tersingkir, mari jangan lelah untuk terus berbuat baik. mari jangan letih bersama bergandengan tangan, walaupun berjauhan hati kita bersama untuk kedamaian bumi. salam, selamat siang.

Keep the Spirit, keep helping, Loving and caring.
La Tahzan, Innallah ma'anna! Hakuna Matata! Chayoooo!
#RESPECT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar