Sabtu, 24 November 2012

Hari Berterima kasih

Thanksgiving Day History sumber Kompasiana

Thanksgiving day dimulai saat pencari kebebasan hidup ( the pilgrim) tiba di Benua Amerika dari Eropa pada tahun 1620 setelah mereka mengarungi lautan atlantic selama 66 hari menumpang kapal Mayflower yang banyak mengalami badai dan topan besar, namun berkat pertolongan Tuhan 102 orang  para pencari kebebasan hidup tersebut tiba dengan selamat walaupun kapal mereka terdampar  diwilayah Plymouth MA,  padahal tujuan mereka adalah Virginia sekitar 300 miles laut lagi  diselatan kota Boston.

Saat mereka tiba di Plymouth dengan cuaca yang sangat dingin  sejumlah 46 orang pencari kebebasan hidup tersebut meninggal dunia karena dinginnya cuaca di Plymouth dan juga penyakit yang mereka derita selama mengarungi lautan luas, saat itu mereka memohon kepada Tuhan agar diberikan pertolongan oleh karena kapal mereka terdampar diwilayah tersebut.  Dan tidak berapa lama penduduk asli Amerika suku Indian datang menolong dan membantu mereka dengan memberikan tempat tinggal maupun makanan.
Mereka diberikan makanan dari hasil pertanian yang dihasilkan suku Indian dari dulu  sampai hari ini  seperti  Jagung, Kacang buncis (bean), Pumpkin ( labuh) dan Strawberry maupun apple., dan untuk menghormati tamu yang datang dari jauh itu, suku Indian juga menyiapkan hidangantambahan daging  seperti daging Itik ( Gees, maupun jenis hewan piaraan lainnya

Dari penglihatan suku Indian, para pencari kebebasan hidup yang datang dari Eropa ini  khususnya dari Irlandia kedapatan banyak sekali yang menderita penyakit cacar maupun penyakit kulit lainnya,  oleh karena penderitaan yang mereka alami sewaktu melarikan diri dari Eropa, agar penyakit ini tidak menular maka sesuai dengan tradisi kepercayaan suku Indian, pendatang ini harus diberikan makan  daging burung kalkun ( Turkey) agar penyakit bangsa pendatang ini sembuh, entah benar atau hanya secara kebetulan, mitos tersebut banyak memberikan kesembuhan bagi pendatang ini, dan dari situlah tradisi thanksgiving dilambangkan dengan symbol ayam kalkun ( Turkey).

Tuhan memberkati kehadiran pendatang dari Eropa ini, mereka tekun bekerja untuk segala jenis pekerjaan yang dapat mereka lakukan untuk menyambung hidup, dan  atas kebaikan suku Indian yang memberikan lahan untuk dikerjakan  mereka,  maka tahun 1621 satu tahun setelah mereka tiba di Plymouth  dan saatnya untuk memasuki menjelang musim dingin, mereka mengadakan suatu hari pertemuan untuk menaikkan syukur atas kebaikan Tuhan dalam hidup mereka,  dulu sebelum acara makan bersama,  satu hari sebelumnya mereka berpuasa dan berdoa. maka sejak itulah Amerika merayakan Thanksgiving setiap tahunnya tanggal 25 November.

Selain itu pada hari jum’at nanti seluruh toko-toko di Amerika akan mengadakan acara sales besar-besaran dengan istilah Black Friday, harga dibanting hingga 70%  dan tentu mengundang minat masyarakat luas untuk berduyun duyun menikmati harga miring tersebut, dan bahkan banyak  yang bermalam dimuka toko yang mereka akan masuki agar barang yang mereka inginkan didapatkan, sebab toko-toko akan buka mulai dari jam 5:00 pagi hingga menjelang sore hari.

Inilah hari yang paling bermakna bila anda hidup tinggal di Amerika, Thanksgiving day hari raya besar dan diperingati seluruh lapisan masyarakat untuk mengucap syukur kepada Tuhan atas berkat yang telah dia berikan, dan sepengetahuan saya baru di Amerika dan Canada yang merayakan hari seperti ini, yang mengajarkan agar bangsanya selalu bersyukur.

-----------------------------------------------------------

Indonesia tidak memiliki Thanksgiving day. Namun kita  bisa terinspirasi untuk juga bisa merayakan rasa syukur kita setiap hari. hari berterima kasih bisa kita lakukan dengan diri sendiri, dengan sahabat, pasangan ataupun keluarga. tidak harus besar besaran atau seperti kita merayakan hari raya. kita bisa melakukannya dengan mengucapkan doa setiap kali bangun dari tidur. atau memberikan hadiah spesial pada diri sendiri/orang terdekat setiap harinya dengan bingkisan kecil (tidak mahal), surat cinta atau ucapan mesra setiap hari.

bersyukur merupakan suatu bentuk ucapan terima kasih seorang manusia terhadap Tuhannya. terhadap setiap kejadian, kebahagiaan, ksempatan, kesehatan dan apapun yang dia dapatkan baik atau kurang menyenangkan. bersyukur juga sebaiknya dilakukan setiap saat, karena dengan bersyukur kita bisa memperbaiki keadaan hati kita, kita bisa lebih melihat kekurangan apa yang selama ada di diri kita. dengan bersyukur kita bisa kembali mengingatkan diri kita bahwa kita cuma manusia.

Jadi, apakah kalian sudah bersyukur hari ini?

Alhamdulilah.. I thank full today for my best or worst condition. Allahu Akbar.
Bismillahirrahmanirrahim. Mari kita selalu mengingat setiap hal dan bersyukur.. :)
selamat pagiiiiii...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar