Kamis, 06 Desember 2012

Indonesia Newgen Leadership





pelatihan kali ini tidak seperti pelatihan kebanyakan. mnoton dan hanya terpaku pada slide atau sibuk mencatat dan mendengarkan sang fasilitator mengoceh gak karuan. tapi yang kali ini berbeda. Newgen leadership training yang diadakan 28 Nov s.d 3 Dec lalu memiliki banyak pesan moral dan hasil yang cukup baik. Khususnya dari peserta yang hadir. 24 Orang yang hadir diantaranya, remaja muda MSM (gay), Transgender, pekerja seks, pecandu dan perempuan yang hidup dengan HIV. 

Mereka yang awalnya tidak saling mengenal, malu malu bahkan tidak mau bicara membuat saya sebagai trainer awalnya aga sulit mencairkan suasana. Tapi merangsang seseorang memiliki jiwa pemimpin dasarnya memang tidak mudah. Dan terima kasih Tuhan, kami memilih peserta yang tepat. Ke 24 orang yang terpilih dari latar belakang beragam nyatanya memang seorang pemimpin. Mereka remaja yang mau belajar dan beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya. Datang dari latar belakang yang berbeda dan kehidupan yang tidaklah muah, mereka hadir dan belajar bersama selama 5 hari di Jakarta.

Di awal hari, agak kesulitan untuk membangun suasana yang bersahabat dan mendukung. Namun berkat permainan dalam setiap aktifitas yang mengajak peserta agar terlibat aktif. Mereka menjadi semakin nyaman untuk berinteraksi satu sama lain. 

Awalnya Peserta juga masih memerlukan waktu untuk mengenal satu sama lain, dan beberapa permainan yang mengajak mereka harus berpasangan dengan orang ang tidak mereka kenal membuat mereka akhirnya membaur dalam kelompok. Karena sangat penting untuk mendorong peserta untuk berbaur dan belajar dari orang lain. Hal ini juga akan menimbulkan rasa percaya bahwa mereka dapat bekerja dengan siapa saja tanpa memandang keberagaman dan perbedaan.

Di akhir hari, saya melihat begitu banyak perubahan. Masing-masing dari peserta menunjukan perkembangan yang signifikan dan menunjukan bahwa mereka adalah pemimpin. Banyak pembelajaran yang membuat mereka berubah pesat, seperti kemampuan berbicara di depa umum, kemampuan berkomunikasi, bagaimana menjadi pemimpin dalam kelompok, bagaimana menjadi pemimpin untuk diri mereka sendiri. Dengan latar belakang kehidupan yang cukup berat, banyak peserta yang berbagi cerita tentang pengalaman mereka pertama kali terinfeksi HIV dan kesulitan serta tantangan dan hambatan yang dihadapi. Hamper dari mereka semua menyampaikan bahwa, pelatihan ini membantu mereka menemukan jati diri, mengembalikan kepercayaan diri dan semakin yakin bahwa Tuhan tidak pernah tidur dan kesempatan selalu terbuka lebar di depan mata.

most of all, saya bahagia sudah membagikan ilmu yang saya miliki kepada semua teman teman remaja yang memiliki banyak keterbatasan untuk mengakses informasi dan pengetahuan. 5 hari ini saya kembali belajar banyak.. wel anyway thanks to Ikatan Perempuan Positif Indonesia, Indonesia AIDS Coalition and YouthLEAD dan donor donor yang ga bisa disebutkan satu persatu.. :)

Barang bawaan panitia, 4 Koper 2 kerdus.. 1 tas kamera dan 1 tas Equipment!

 
Peserta saat pembukaan, masih sangat malu malu.. :)

 
disini semua harus kebagian ngomong, ngoceh, berkomentar dan memberi pendapat


 ada kelas acting juga :)


 Melingkar dan saling pijat memijat, melepas lelah..



  mereka memperhatikan saat ada kawan lain yang sedang presentasi..


 Oldri Sherly Mukuan, salah satu Fasilitator yang sedang orasi.. :D


 Belajar berbicara dengan audience, dari berbagai usia.. who's your audience?
5 tahun, 15 tahun atau 75 tahun..

 Dea Fira, our Young trainer dari batam..


 
 banyak menggunakan kertas plano, metaplan, kertas warna warni.. so Fun!


Learn how to Be Assertive when you talk to others


 belajar berpidato


 
 
 permainan selalu menjadi bagian utama dari pelatihan. 
selalu ada makna dari setiap kegiatan kepemimpinan..



 
 another discussion group :)


 mengantar Thu, salah satu Board member YouthLEAD yang akan kembali pulang ke Singapore


 waka waka dance, melenturkan pinggang dan menghilangkan ngantuk


 nonton bareng #Linimassa2 plus Pizza and Cola


 
 YKAP Got Talent!!
seru, heboh dan menyenangkan.. :)


Betapa cantiknya Trainer yang satu ini di malam YKAP Got Talent
bravo Setia Perdana untuk performancenya.. 



well you know who is she?..




 
 This is The Indonesia Newgen Leaders!! \m/


 and i would like to thanks to miss Asti yang selama 5 hari banyak membantu khususnya di sesi sesi yang cukup sulit dan mendebarkan.. dan terima kasih untuk complimentnya.. :*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar