Rabu, 21 Desember 2016

Cara dan Peralatan Untuk Membuat Mandala

Kalau di tulisan sebelumnya saya menjelaskan sedikit mengenai esensi Mandala dalam tradisi kuno di agama Hindu serta misteri bagaimana kehamilan ini memicu saya sangat aktif mengoperasikan kedua tangan serta otak dan hati saya untuk menggambar Mandala.

Baca Tulisan sebelumnya Yuk :
Sejarah dan Misteri Kegemaran Membuat Mandala Selama Masa Kehamilan

Di tulisan kali ini saya akan membagi kepada teman - teman semua kira - kira alat apa saja yang dibutuhkan untuk membuat Mandala ini, dan bagaimana step - step nya. Semoga bisa dipahami dengan mudah, bagus lagi jika teman - teman terinspirasi untuk membuat karya serupa. Nah, ini nih Peralatan yang teman - teman butuhkan. Sangat sederhana, relatif tidak terlalu mahal dan masih mudah dicari di toko buku.

Here is the equipment :
  • Pensil, Penghapus, Rautan, Jangka dan Busur
  • Penggaris Panjang (Minimal 20 Cm)
  • Kertas HVS Polos (Warna sesuai selera)
  • Snowman - Drawing Pen Ukuran 0.1, 0.2 dan 0.3 (Warna Hitam, merk sesuai selera dan kocek)
  • Snowman - Spidol (Warna Hitam, merk sesuai selera dan kocek)
  • Sakura - Gelly Roll Pen (Warna warni sesuai selera, Merk sesuai selera dan kocek), kalau ini fungsinya untuk mewarnai bagian dalam. Kalau mau membuat mandala langsung dengan gelly roll ini juga bisa, untuk merk Sakura ada yang tinta biasa, tinta metalik, dan tinta dengan glitter, katanya sih ada yang glow in the dark juga.. tapi belum nemu sih.

Now the step to make it!
Yang paling harusss dipastikan adalah.. kamu gak ada kerjaan lain, sudah nelfon pacar.. sudah angkat jemuran dan sudah makan siang. Jadi gak akan ke distract sama yang lainnya saat menggambar. Kamu juga bisa sambil dengerin musik, tapi jangan sambil ngemil ya.. karena remah - remah makanan serta minumannya bisa tumpah ke gambar dan bakalan bikin kamu mewek 7 hari 7 malam.

Step 1.
Gambarlah Lingkaran menggunakan pensil dan jangka, Untuk ukuran bisa disesuaikan dengan ukuran kira - kira berapa besar Mandala yang mau dibuat. Untuk awalan, biar ga terlalu pusing, karena terlalu besar, bisa membuat dengan diameter 10 Cm. Setelah itu, dengan menggunakan busur (penggaris setengah lingkaran), silahkan teman - teman bagi lingkaran yang sudah dibuat menjadi potongan - potongan pizza seperti pada gambar. lalu kemudian buat layer, kembali dengan jangka. Kalian bisa membuatnya sebanyak 5 lapisan saja untuk awalan.


Step 2.
Kalian bisa mulai menentukan pattern atau pola apa yang akan dibuat. Prinsip utamanya adalah repetisi atau pengulangan. Jadi apa yang digambar pertama kali akan diulang di tiap slice pizza dan layer yang sudah teman - teman tentukan. Misalnya, gambar pertama.. teman - teman akan membuat motif daun. Maka untuk potongan selanjutnya pola daun tersebut diulang sampai memenuhi layer pertama. Lihat bagian tengah gambar. lalu selanjutnya teman - teman bisa menentukan di layer selanjutnya pola apa yang teman buat. Kalau masih susah, teman- teman bisa mengulang pola yang sama, atau membuat segitiga lalu diisi dengan polkadot. Jika layer kedua sudah selesai, teman - teman bisa berkreasi dengan layer - layer selanjutnya sesuai selera teman - teman.

Untuk referensi gambar kalian bisa melihat instagram para Mandala Artist, cukup search hashtag #Mandala. Maka akan keluar step by step yang lebih mudah, karena banyak yang mengupload video cara pembuatan dasar mandala.

Step 3.
Jika semua layer sudah terisi penuh, teman - teman bisa mulai menghapus pola awal yang dibuat menggunakan Pensil, Jangka dan busur tadi. Hapus dengan perlahan, dan pastikan tinta pulpennya sudah kering ya. Kalau Snowman Drawing Pen sih sudah pasti akan mengering dengan cepat sehingga kita gak perlu terlalu khawatir akan bikin gambar kita akan bleber.  


Step 4.
Teman - teman bisa menebalkan dengan spidol atau mewarnai bagian dalam sesuai selera. Dibuat polos seperti gambar di Step 3 juga ga masalah, kebanyakan Mandala yang saya buat berwarna Hitam. Atau bahkan, jika sudah berani bermain warna, bisa langsung dengan warna yang disuka untuk membuat pola di tiap layer, atau bisa mengganti kertas dengan HVS Polos warna HItam, dan Mandala nya dibuat dengan warna Putih. Cek Gambar dibawah ini ya.

Mandala dengan 2 Warna, hitam dan ungu.

Mandala dengan warna warni

Mandala yang dibuat di kertas HItam dengan tinta putih

Nah, susah yaaaa.. hahahaha, ampun deh gak ngebantu sama sekali. Kalau masih pada bingung pegangan yahh. Karena Mandala ini jarang banget yang buat, makanya agak susah memang mempraktekannya. Kalian bisa cari referensi dari para tattoo Artist, pattern dan simbol2 yang dibuat bisa jadi bahan buat mengisi tiap layer di Mandala. Atau ada beberapa Mandala Artist idola saya, bisa silahkan dilongok Instagramnya, Lizzie Snow di Akunnya instagram.com/fortyonehundred. atau seperti clue yang saya kasih di atas, just search the #Mandala Hashtag. 

Terima kasih sudah membaca tulisan iniii, Selamat Mencobaaa yaa!! 
Love you all!




2 komentar:

  1. Aku pnh dksi mandala sbg farewell gift dr temenku pas pindahan. Smpe skrg lukisan mandalanya digantung d ruang tamu. Bagus2 ya mandala, sukaak. Tp kyknya ga setelaten itu buat bknnya deh

    BalasHapus