Rabu, 28 Desember 2016

Kabar - Kabar Menggembirakan di Usia Kandungan 16 Minggu

Alhamdulilah, tepat hari jumat tanggal 23 Desember 2016 yang lalu, usia kandungan saya menginjak 16 minggu. Di usia 16 minggu, atau 4 bulan.. ada banyak sekali perubahan - perubahan yang terjadi baik pada diri saya maupun pada si bayi tentunya. ini tentunya membuat kami sekeluarga sangat bahagia. Khususnya karena hingga tulisan ini dibuat (dan udah rada telat.. 5 hari), kondisi kesehatan saya jauh semakin membaik. Dari beberapa literatur dan bacaan yang saya rutin nikmati setiap hari tentang kehamilan, si bayi berusia 16 minggu ini sekarang sudah sebesar buah alpukat. Dan yang sangat menyenangkan adalah, bayi di dalam perut sudah bergerak dengan aktif dan saya sudah bisa merasakan lho! seru banget ya. meskipun hanya gerakan - gerakan kecil dan belum bisa terlihat dari luar perut, tapi si bayi cukup aktif bergerak semenjak 2 minggu belakangan ini dan sangat terasa khususnya di malam hari saat saya bersantai menjelang waktu beristirahat tidur.

Tepat di hari yang sama, 5 hari yang lalu kami juga kontrol ke dokter. Kabar baiknya, saat ini kita sudah pindah dokter. Bukan lagi ke dokter yang lama, melainkan ke dokter Benny namanya. Kebetulan, sehari - hari dia praktek di Klinik Kimia Farma Jl. Braga (deket banget sama rumah, hanya 5 menit). Selain itu, dia juga praktik di RS Hasan Sadikin dan RS Advent. Jika tidak ada halangan, mungkin saya akan menjalani proses persalinan di RS Advent saja. Eh ngomong - ngomong, apa itu kabar baiknya? Kabar baiknya ada saat kami kontrol dan bertemu dengan dokter Benny.

Kabar baik pertama adalah, berat badan saya sudah mulai berangsur - angsur pulih. Setelah drama muntah setiap hari di 3 bulan pertama yang menyusutkan 7 kg bobot badan saya hingga di angka 45 kg, kini sudah kembali lagi ke 49 kg. Kalau kebanyakan perempuan yang saya temui gak suka naik berat badan, saya malah senang. Karena saya merasa kekurangan energi dengan bobor badan 45, i need gain my weight, and I did it. Itu karena (kabar baik kedua), si mual dan muntah sudah jauhhh berkurang di minggu ini.. masih suka muntah sih kalau kecapekan, atau berada di tempat yang penuh sesak orang seperti mall atau pasar. But I'm so glad, karena akhirnya saya bisa lebih menikmati makanan yang masuk. Semua keinginan saya, baik yang memang saya inginkan atau yang tidak direncanakan, bisa tertelan dengan baik.

Kabar baik selanjutnya adalah, saat saya melakukan USG di kontrol kemarin, dokter menyampaikan bahwa penis anak kami terlihat dengan jelas (I also see clearly!!), and I'm proud to announce that we will have a baby boy! Senang sekali rasanya, karena sesuai dengan harapan saya. Iya nih, pengen banget punya anak laki - laki, meskipun kalau ternyata dikasih anak perempuan juga gak apa - apa. Maka beberapa nama kemudian dipilihkan oleh si bapak, saya masih belum sreg dan setuju sih.. masih pingin sabar menanti dan tidak terburu - buru dengan nama. Karena ada banyak hal yang lebih penting yang harus dipikirkan di 2 bulan kedepan.

Khususnya soal rencana - rencana persalinan, pilihan pemberian makanan bayi, apakah rumah sakit tempat dimana saya akan melakukan persalinan sudah sesuai dengan harapan dan dapat menangani saya. Bagi saya itu lebih penting untuk dipikirkan saat ini. Selain juga kemudian untuk terus menabung, karena kebutuhan - kebutuhan si bayi dan ibunya akan bertambah menjelang masuk trimester kedua. Seperti perut saya yang kini sudah mulai membesar. hampir semua celana (yang menggunakan resleting, dan kancing) dan celana dalam tidak bisa saya gunakan. Saya juga akhirnya lebih banyak menggunakan baju terusan atau rok dan celana legging agar nyaman. Kaki saya juga mulai tidak nyaman jika harus menggunakan beberapa sepatu santai favorit saya, karena nampaknya sang kaki akan menjadi tumpuan seluruh berat di tubuh saya ini saat beraktifitas.

So, still.. HIV tidak menjadi halangan saya untuk menjalani kehamilan ini. Alhamdulilah, ARV Terapi rutin saya konsumsi. Minggu depan insyaallah saya akan menjalani pemeriksaan CD4, semoga hasilnya baik yah. Selain itu, saya juga rencananya mau melakukan beberapa pemeriksaan darah rutin karena kondisi kesehatan yang naik turun di 4 bulan terakhir. Wahhhh akhirnya yaa, kehamilan ini memberikan lebih banyak semangat pada saya, setelah galau tak berkesudahan di trimester pertama.

Kabar membahagiakan terakhir adalah, menurut keyakinan umat Islam, Allah swt meniupkan ruh pada bayi usia kandungan 16 minggu. Dimana, seluruh rencana kehidupan si jabang bayi sudah tertulis dalam bukunya sendiri. Rencananya (meski terlambat, tapi gak apa - apa), tangga 3 Januari 2016 ini, kami sekeluarga akan mengadakan pengajian dan doa bersama untuk si bayi di perut. Agar kelak dia akan tumbuh dengan sehat di dalam perut, kemudian lahir dengan sehat dan selamat. Lalu dia akan tumbuh menjadi anak yang baik, anak yang menyenangkan dan membahagiakan, anak yang mencintai dirinya serta keluarganya (itu dulu). Pengajiannya rencananya akan diadakan di rumah ibu saya, di Pamulang. Karena salah satu tempat paling nyaman untuk saya adalah disana. Dimana kakaknya si bayik, Malika lahir dan besar di kota kecil itu, Sekaligus saya bersilaturahmi dan melepas rindu dengan kedua orangtua saya.

Teman semua yang rutin dan setia membaca blog saya, terima kasih banyak yah atas segala support dan doanya, semoga kalian semua juga selalu berbahagia dan dalam keadaan sehat. Keep updates my blog yah! Love you all!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar