Selasa, 12 September 2017

The Imitation Game [September Movie]

sumber : wikipedia
Alan Turing (Benedict Cumberbatch) adalah seorang pria sederhana dengan kecerdasan yang sangat luar biasa. Dia adalah seorang ahli Matematika yang lahir di London tahun 1912. Sejak kecil kecerdasan tersebut sudah ditunjukannya, dan hal itu kerap kali membuat sekolah tempatnya belajar kewalahan dan merasa bahwa sekolah bukan tempat yang tepat untuk Turing. Selain itu, di sekolah, Turing kerap mendapatkan tindakan yang tidak menyenangkan dari teman – teman di sekolahnya. Tindakan Bullying tersebut didapatnya Karena mereka menganggap Turing adalah anak yang aneh dan berbeda.

Di usianya yang ke 23 tahun, saat awal perang dunia kedua hampir dimulai Turing bekerja untuk Bletchley Park yakni sebuah pusat pemecahan kode morse Jerman di mesin Enigma. Pemerintah Inggris menduga bahwa setiap rencana penyerangan disampaikan melalui teka – teki rahasia di mesin Enigma tersebut.

Mesin Enigma yang dimiliki pemerintah Inggris, diselundupkan oleh salah seorang mereka untuk dipelajari dengan tujuan memenangkan perang melawan Jerman. Bersama dengan tim nya, Hugh Alexander, John Cairncross, Peter Hilton, Keith Furman and Charles Richards mereka berlima memiliki tugas untuk memecahkan kode  rahasia enigma untuk mengetahui langkah perang negara Jerman. Saat semua kelima orang di tim nya sibuk memevahkan kode secara manual, Alan Turing memiliki rencana lain. Dia malah membuat sebuah mesin, yang nantinya akan dapat memecahkan kode dalam mesin enigma secara otomatis setiap harinya.

Alan Turing 1912 - 1954
Dalam sebuah kesempatan, Turing mengajukan permohonan kepada Winston Churchill yang saat itu merupakan Perdana Menteri Britania Raya (sekarang disebut Inggris), untuk membuat mesin yang dapat memecahkan kode enigma dan permohonan tersebut dikabulkan oleh Churchill. Selain permohonannya yang dikabulkan, Churchill juga meminta Turing untuk mempin Tim Kriprography yang sebelumnya dipimpin oleh Hugh Alexander. Dalam melengkapi personil di tim – nya, Turing membuat perekrutan yang menarik, dengan menggunakan Pengisian teka teki silang di koran. Jika ada masyarakat yang mempu mengerjakan TTS tersebut, maka mereka berhak untuk mengikuti seleksi berikutnya.

Terdapat dua orang yang akhirnya berhasil lolos dalam seleksi perekrutan tim Alan Turing, dan salah satu diantaranya adalah seorang Perempuan. Kehadiran seorang perempuan dalam kerja – kerja yang dianggap tidak mungkin dilakukan oleh perempuan ini membuat beberapa orang sedikit meremehkannya. Dialah Joan Clarke, yang kemudian memiliki salah satu peran penting dalam meng-enkripsi kode rahasia jerman di mesin Enigma Bersama Alan Turing.

“Sometimes, it’s the people No one Imagines anything of, who do the thing that no one can Imagine” – Alan Turing. 

Perang akhirnya berakhir, Britania Raya menang mengalahkan Jerman. Turing dan kawan – kawan berkontribusi dalam berakhirnya perang, karena mereka berhasil memecahkan kode enkripsi dari mesin Enigma, dan Inggris mengetahui semua rencana perang yang dimiliki Jerman. Mesin yang dibuatnya berhasil sesuai dengan apa yang dipikirkan oleh Turing. Sayangnya kecerdasan dan kemampuan Turing sebagai ahli Matematika harus berakhir dengan tragis, saat pemerintah mengetahui bahwa Turing adalah seorang Homoseksual. Pada jaman itu, Orientasi Homoseksual dianggap sebuah ancaman, sehingga Turing mengakhiri hidupnya di tahun 1954 di usia ke 41 tahun. ‘Turing Machine’ menjadi landasan dasar yang kemudian terus dikembangkan oleh begitu banyak ilmuwan, yang kini dapat kita nikmati hasilnya menjadi sebuah alat yang disebut computer. Sejarah menyebutkan, pemecahan kode dari Mesin Enigma, diyakini memperpendek perang dunia kedua dan menyelamatkan lebih dari 15 juta jiwa.

Turing Machine, asal muasal Komputer

Mesin Enigma milik Jerman


Film ini mengajarkan kepada saya bahwa orientasi, pandangan serta nilai – nilai yang dianut seseorang tidak sepatutnya dijadikan persoalan public yang dapat melemahkan serta mengurangi peran seorang tersebut sebagai manusia. Tuhanlah yang memiliki kehendak untuk memberikan hukuman atau reward, kepada umatnya, bukan tugas kita manusia yang kemudian menghakimi dan mengambil alih tugas Tuhan. Imitation Game, diadaptasi dari Biografi Alan Turing berjudul Alan Turing : The Enigma karangan Andrew Hodges.

Terima kasih teman – teman sekalian sudah membaca review film Imitation Game hari ini, kalian tidak harus sepakat dengan apa yang saya tulis, pendapat yang yang saya utarakan, serta apa yang saya yakini. Kalian hanya perlu melakukan hal baik, dan berhenti menyakit orang  lain dengan dasar apapun.

Referensi :
1) http://www.knowthescientist.com/biography/alan-turing.php
2) https://www.mathworks.com/company/newsletters/articles/alan-turing-and-his-connections-to-matlab.html
3) https://en.wikipedia.org/wiki/The_Imitation_Game

Tidak ada komentar:

Posting Komentar