Selasa, 29 Januari 2013

keramahan Djogjakarta

Pukul 6 sore kemarin saya tiba di stasiun Gambir. setelah 2 jam perjalanan dari rumah yang nun jauh di kota Tangerang Selatan. di stasiun rupanya saya sudah ditunggu oleh sang kekasih hati, yang kebetulan sedang berada di Jakarta dan hendak pulang ke Bandung menggunakan kereta api. ternyata ini yang membuat langit Jakarta cerah sore ini..

kami punya 2 jam untuk makan malam sambil ngobrol ngobrol dan melepas rindu. beberapa obrolan tentang update aktifitas dan selebihnya bercerita tentang perasaan. dan 2 jam gak pernah cukup buat kami berdua ngobrol. tak terasa waktu sudah menunjukan pukul 8 malam. lalu kami bergegas naik ke lantai 2, karena waktu keberangkatan kami sudah dekat.

kami berangkat dari tempat yang sama, Stasiun Gambir. saya di jalur 4 dengan Kereta Taksaka menuju Yogyakarta dan kamu di jalur 3 dengan Kereta Parahyangan menuju Bandung. its Funny, Tuhan sangat adil. sangat kau memohon dengan kerinduan.. Tuhan memberikannya langsung untuk melegakan hatimu.

20.20 wib, kereta-nya melaju meninggalkan Gambir menuju Bandung. dan 25 menit kemudian, 20.45 wib, kereta saya melaju menuju Yogyakarta. well, ini kali kedua saya menggunakan kereta api menuju luar provinsi. kali pertama saya pergi ke Semarang bersama eyang eyang yang sudah almarhumah. saya sudah hampir lupa rasanya. dan malam tadi saya kembali merasakan dan menikmati perjalanan menuju Yogyakarta, menggunakan kereta api.

sejak naik, saya sudah menggunakan earphone dan playlist musik di hp saya sudah diputar. kebanyakan lagu lagu slow melow seperti payung teduh, float, radiohead, michael bubble, dan lagu lagu yang bernuansa romantis. sepanjang perjalanan pun saya masih berkirim pesan melalui bbm dengan febby.. sambil menunggu pukul 10 malam, waktu saya minum obat.

bermodalkan 3 batang cokelat, 1/2 bungkus permen (yang setengah diminta penumpang jurusan bandung), 1 botol air mineral dan 1 buku Karangan Yan martell, Life Of Pi.. saya memulai perjalanan saya. rasanya tidak berbeda jauh dengan pesawat terbang. hanya saja perjalanan ini memakan waktu lebih lama, sekitar 8 jam.

rencana awal saya akan tidur setelah minum obat. namun karena kondisi pendingin dalam gerbong semakin larut semakin dingin. saya hampir saja tidak tertidur sama sekali. ya saya tidak kuat dengan udara dingin. saya terjaga sampai pukul 2 dan akhirnya tertidur. ditemani dengan selimut biru dan 1 buah bantal kecil, tidur saya yang ala kadarnya itu pun dimulai. dengan pemberhentian di 5 stasiun. saya pun terbangun 2 jam kemudian karena alarm hp saya berbunyi (saya harus memindahkan alarm ini ke jam 6 pagi).. ternyata perjalanan sudah semakin dekat. sekitar 45 menit lagi menuju Yogya.

saya memutuskan untuk bangun, buang air kecil dan menikmati pemandangan luar jendela yang sebenarnya tidak bisa dilihat (karena sangat gelap). 4.50 WIB saya tiba di stasiun tugu, Yogyakarta. dan saya tidak langsung keluar stasiun. saya hanya duduk dan menghirup udara disana.. sambil memotret beberapa objek barulah saya keluar dari stasiun.

yang menarik, di sepanjang pintu keluar ada banyak sekali supir taksi, tukan ojek serta tukang becak yang menawarkan jasa antar. namun cara menwarkan mereka sangatlah halus, tidak ekstrim dan agresif seperti di Jakarta. "Mba, taksi mba.." "Becak'e mba, mau kemana?""numpak ojek 5 ribu aja mba.." dengan logat Jawa yang Khas saya pun tak sungkan menjawab satu persatu dari mereka semua walaupun menolak, dengan senyum dan sangat ramah. "tidak pak, suwon..""trimakasih pak, jalan kaki saja.." sungguh kota yang ramah.

lalu saya memutuskan untuk berjalan kaki dari Stasiun Tugu ke KFC di dekat Sosrowijayan. sambil menggeret koper saya, saya melewati lorong sepanjang tempat berjualan di Malioboro yang kebetulan masih sepi. tibalah saya di tempat makannya orang Jakarta, karena saya masih menunggu romongan yang lain berkumpul di Balai keluarahn Sosrowijayan jam 9 nanti. memilih restoran cepat saji ini karena saya bisa gratis menggunakan pc dan internet sekaligus sarapan pagi.

will continue the story, 3 hari ke depan. ada apakah gerangan kaki saya melangkah ke Yogyakarta..