Kamis, 14 September 2017

Julie & Julia [September Movie]

Sumber : Wikipedia
September Movie saya kali ini adalah rekomendasi dari salah satu emak blogger yang sepertinya memiliki hobi memasak. Dalam akun Facebook, saat saya meminta rekomendasi film, hanya teh Dyah Prameswari yang memiliki rujukan unik. Dia merekomendasikan film tentang memasak. Dan seingat saya, baru 2x saya menonton film tentang memasak yang pertama adalah ‘Burnt’ dan yang kedua adalah ‘Chef’. Tentu banyak orang akan berfikir bahwa film tentang memasak akan kebanyakan bercerita tentang bagaimana cara memasak, atau bagaimana pengalaman seorang Chef. I was thinking the same, at the beginning. Lalu saya merubah cara pandang saya, Karena film ini bukan Cuma soal memasak.

Julia Child (Meryl Streep) adalah seorang perempuan yang menikahi pria yang bekerja untuk pemerintah. Pasangan ini sering kali berpindah tempat tinggal Karena suami Julia, Paul seringkali berpindah tugas. Suatu hari, kehidupan mereka sampai di sebuah negara yang terkenal dengan romantismenya, Paris. Julia dan Paul adalah dua orang yang senang sekali menikmati makanan. Sampai di suatu titik, Julia merasa jenuh dan ingin mendalami kemampuannya memasak. Lalu dia berkeliling toko buku di Paris dan mencari buku masak berbahasa inggris. Sayangnya dia tidak menemukan yang ia cari. Kecintaannya pada memasak, membuatnya berfikir bahwa mungkin dia adalah satu – satunya orang Amerika di Paris yang berfikir bahwa membeli bahan masakan jauh lebih menarik daripada membeli pakaian.
"I maybe the only American I know in French who thinks shopping for food is as nice for buying a dress" - Julia Child
Julia bukan orang yang mudah menyerah, dia memutuskan untuk mengikuti sekolah memasak makanan Prancis. Dan dia mulai mengumpulkan resep – resep masakan yang dia dapat dari sekolahnya tersebut. Semakin hari Julia semakin bersemangat dengan aktifitas barunya, meskipun kehidupannya dengan sang suami harus terus berjalan dan tentunya berpindah tempat. Julia bertemu dengan dua orang kawan, Simca dan Louisette. 

Keduanya mengajak Julia untuk menerbitkan buku tentang resep – resep masakan yang telah dimasaknya selama ini. Julia juga memiliki seorang sahabat pena, yang pada akhirnya ikut membantu Julia untuk mengenalkannya pada beberapa penerbit. Jatuh dan bangun Julia rasakan, ditolak banyak penerbit Karena banyak hal, seperti bukunya terlalu tebal atau judulnya kurang menarik. Sampai akhirnya kesempatan itu datang dimana sebuah penerbit tertarik untuk menerbitkan dan menjual buku Julia setelah salah seorang editornya mempraktekan cara memasak makanan yang Julia tulis.

Di masa kini, jauh setelah buku Julia Child diterbitkan, ada seorang perempuan muda bernama Julie Powell’s (Amy Adam's). Dia tinggal di kota kecil di Amerika, dan bekerja di salah satu perusahaan dengan rutinitas yang membosankan. Untuk menghilangkan penat, dan menyenangkan dirinya sendiri, Julie biasa memasak. Sama seperti Julia, dia sangat hobi memasak. Bukan hanya itu, Julie powell’s sangat mengidolakan Julia Child beserta bukunya dan semua yang dilakukan Julia dalam hidupnya.

Julie adalah tipe orang yang tidak pernah tuntas mengerjakan sesuatu, sehingga sang suami menantangnya untuk menulis di blog, setiap kali Julie selesai memasak dari resep – resep yang ada di buku yang Julia buat. Dia bertekad akan menyelesaikan 524 resep dalam buku Julia Child dalam waktu 365 hari atau satu tahun. And guess what? She did it!

Film ini diangkat dari cerita nyata yang benar ditulis oleh Julia Powell’s berjudul ‘Julie & Julia’ pada tahun 2005. Berbagai Koran, majalah serta penerbit tidak berhenti menghubungi setelah mereka membaca blog Julia. Sayangnya Julie tidak pernah berhasil bertemu dengan Julia Child, sang idola. Julia meninggal pada tahun 2004 di usianya yang ke 91 tahun. Dan pada tahun 2009, Bukunya Mastering the Art of French Cooking sudah memasuki cetakan yang ke 49. Bagi saya film ini bukan hanya menceritakan soal memasak tapi lebih dalam dari itu semua.

Film ini menggambarkan bahwa jika kita menyukai sesuatu hal, dan kita memiliki komitmen yang sangat besar, maka jangan pernah menyerah untuk melakukannya. Jika kita gagal, ditolak atau tidak mendapatkan ruang atas pencapaian kita, jangan pernah berhenti. Julia Child dan Julie Powell’s membuktikan hal tersebut.

Julia Child

Julie Powell's

Julie & Julia’ juga memberikan gambaran bahwa memasak bukanlah hal rendahan, bukan sesuatu yang harus dilakukan perempuan Karena dia perempuan dan tidak ada hal lain yang bisa dilakukannya. Justru melalui masakan keduanya, Julie dan Julia mampu mengubah banyak hal. Kehidupan mereka, mempererat tali silaturahmi dengan teman, keluarga bahkan pasangan. Jadi its not a women job to cook, but women cook because they know they love it and they can do it. Tsahhhelaahh! hahahaha! apa sih..

Yang terakhir, saya memiliki pandangan yang sama dengan Julia tentang bagaimana blog dan menulis dapat menjadi sebuah rutinitas yang menyenangkan yang membuat kita menjadi terbiasa menuntaskan setiap pekerjaan yang sudah kita mulai atau kita targetkan. So, this #Septembermovie project on blog, not so different with what Julie Powell’s has done, isn’tTerima kasih ya teman – teman semua sudah membaca tulisan saya kali ini. Ohya, ajak orang -orang terkasihmu untuk menonton film ini, remember.. this movie not only about cook. Anyway, kalian bisa baca blog nya Julie Powell's di link ini, its also interesting to read http://juliepowell.blogspot.co.id/.

6 komentar:

  1. Menarik banget filmnya. A must watch movie nih. Paling suka saya tipe film inspiratif kaya gini. Thanks infonya Ayu.

    BalasHapus
  2. Wah mau nonton juga ah, kebetulan saya juga hobi masak karena katanya masak itu adalah ciri wanita bahagia hehe tentunya bikin langsing dan rekening gendut aamiin, tfs ta Teh

    BalasHapus
  3. Wih, ini film lama. Jadi kangen pengen nonton filmnya lagi. Dan paling "menyebalkan" kalo udah nonton film masak memasak, makanan, maunya cari resep, terus pergi ke supermarket dan pasar buat berburu bahan makanan lalu masak. Hureeeee...

    BalasHapus
  4. Iya, menarik banget kayaknya filmnya. Suruh suami nyari ah. Pengen nontoooon. :D

    BalasHapus
  5. Wah makasih nih dah ditunjukkin film inspiratif suka bingung apa yg hrs ditonton kalau lagi mau nobar bareng keluarga :)

    BalasHapus
  6. Aku jadi pengen lihat filmnya,ih. Pas akunua juga termasuk yang mudah nyerah soal masak. Makanya, bisanya masak yang enteng aja hahaha

    BalasHapus