Selasa, 30 April 2013

TIPS Naik Moda Transportasi di JAKARTA


PAKAIAN DAN ALAS KAKI
Pastikan anda menggunakan pakaian yang nyaman. gak bikin anda kepanasaan atau kedinginan. karena jika anda naik bus metromini atau kopaja, dan anda pake jaket super tebel, sama aja anda menyakiti diri anda sendiri. pastikan anda nyaman. atau jika anda naik commuterline (kereta api with pendingin) jangan pakai juga pakaian yang terlalu tipis, khawatir anda masuk angin. tapi kalau sudah biasa dengan cuaca dingin ya gak apa. 

ohya, Jika anda perempuan, saya tipikal orang yang suka pakai celana atau rok pendek. walaupun naik angkot ataupun bus kota. tapi pastikan siapa orang yang ada di sekeliling anda. siapa bilang pakai rok mini atau celana pendek gak boleh? boleh kok. tapi anda harus benar benar waspada, karena ada aja orang yang benar benar sengaja dan punya niat buruk untuk menjahili kita. be yourself tapi jangan lupa waspada.

gunakan alas kaki yang nyaman. biarpun kece tapi lihat kondisi juga. seperti saat naik kereta, pastikan anda menggunakan sepatu yang tertutup, karena di jam jam tertentu kereta sangatlah crowded. bisa saja kalau anda pakai flatshoes atau sandal, khawatir, sandal anda bisa jatuh atau hilang. saya pernah mengalaminya (lihat link ini http://sukamakancokelat.blogspot.com/2012/10/hari-tanpa-alas-kaki.html). lalu kalau anda menggunakan hak tinggi atau wedges (bener ga nulisnya) pastikan anda berhati hati dengan langkah anda dalam kendaraan umum seperti angkot, bus dan kereta api. jangan sampai saking keburu buru, hak sepatu anda patah, atau kaki anda keseleo yah.

UANG RECEH DAN KARTU BERLANGGANAN
Ini bagian yang cukup penting. kenapa? ya kalao ga pake duit ga bisa naik kendaraan umum kalee. hehehe.. pastikan anda selalu sedia dompet receh di bagian tas yang mudah dijangkau. sediakan uang dalam pecahan yang lebih kecil mulai dari 500 rupiah, 1000, 2000, 5000 dan seterusnya. kenapa? kadangkala kita ga ready sama uang pada saat sudah mau sampai tempat tujuan. dan mengambil uang dengan terburu buru, lalu si supir atau kenek tidak punya kembalian. jelas itu akan menyita waktu anda dan pastinya mengundang hal hal yang tidak diinginkan terjadi seperti copet. pastikan sebelum anda sampai ke tempat tujuan, sediakan uang pas yang anda dapat ambil di tempat yang dapat dijangkau. ga usah sampai mengeluarkan dompet besar anda.

Begitu juga jika anda menggunakan kereta api atau transjakarta. pastikan anda menyiapkan uang pas saat antri di loket pembelian tiket. selain memang lebih cepat, anda tidak akan mengantri terlalu lama dan membiarkan orang lain menunggu. Jika anda memiliki kartu berlangganan (misal untuk transjakarta), anda dapat langsung menggunakan dan tidak perlu menunggu antrian.

MINUMAN DAN MAKANAN
di beberapa kendaraan dimana kita akan menempuh perjalanan yang cukup jauh dan pastinya kena macet-nya ibukota Jakarta. pastkan anda membawa sebotol air mineral dan cemilan. kenapa? kalao saya sih tipikal orang yang (alhamdulilah) rajin minum air putih dan gampang lapar. daripada terjadi sesuatu yang tiak diinginkan seperti dehidrasi atau kelaparan selama dalam perjalanan, kalian bisa menyiapkan roti atau biskuit yang mudah dikonsumsi. pastikan makanan dan minuman tersebut, tidak membuat anda ribet, lalu tidak berbau menyengat, karena anda juga bisa mengganggu penumpang yang lain. anda juga bisa membawa permen, untuk teman ngunyah sepanjang perjalanan.

MUSIK DAN BACAAN
kadangkala, menempuh perjalanan menggunakan moda transportasi di Jakarta dengan segala problem macetnya sangatlah menjenuhkan. kalian bisa membawa majalah, atau buku bacaan sebagai teman di perjalanan. tapi tidak direkomendasikan untuk perjalanan malam tanpa penerangan ya, bisa berbahaya untuk mata. mendengarka lagu, radio, atau mp3 juga gak apa kok, tapi pastikan volume musik anda tidak sampai menutupi telinga anda mendengarkan apa yang ada di sekeliling. kalau saya biasa mendengarkan hanya dengan memasang earphone di telinga kiri, dan telinga kanan saya biarkan terbuka. agar saya mendengar jika ada yang memanggil atau ada kejadian apapun di sekitar anda.

BARANG BAWAAN
saya termasuk orang yang suka membawa banyak barang setiap perjalanan. seperti laptop dan sepatu cadangan. sehingga tas ransel saya akan terasa berat dan menggelembung menjadi besar karena terlalu penuh. atau kadangkala saya juga membawa tas tangan untuk meringankan ransel anda. hal ini tidak terlalu baik untuk ditiru, karena selain akan melukai pundak anda dan membuat anda juga terlalu lelah, ini akan menurunkan kewaspadaan anda terhadap sekitar. pastikan anda membawa barang yang cukup dan mampu anda bawa. namun, jika terpaksa anda membawa banyak barang. pastikan anda tidak menganggu penumpang lainnya. anda bisa menaruh ransel anda di bagian depan tubuh. atau bisa ditaruh di bawah dekat kaki, sehingga tidak akan menyenggol dan menganggu penumpang lainnya.

MENERIMA TELFON ATAU MEMBALAS PESAN SINGKAT
tidak bisa dipungkiri, gadget menjadi salah satu kebutuhan pokok manusia jakarta saat ini. entah itu untuk membalas pesan singkat, menerima atau menelfon, mengirim pesan bahkan mengirimkan email. dan semua hal itu tak jarang dilakukan di dalam kendaraan umum saat kita sedang dalam perjalanan. yang harus anda ingat bahwa kejahatan itu datang karena ada niat dan kesempatan. jadi berhati hatilah saat anda mengakses sarana telekomunikasi super pintr tersebut, karena tak heran beberapa orang lebih pintar dari gadget kita dan mengakibatkan dapat berpindah tangan.








Picture taken from google.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar