Sabtu, 20 Juli 2013

[Puasa 1434] Day 11, Emotion Freedom Technique

Seringkali sesorang mendapatkan suatu hal yang membuat hatinya tidak menentu. Entah itu membuatnya merasa sakit, sedih, dan menderita. Baik disebabkan oleh penyakit, hal buruk yang menimpa dan lain sebagainya. Sayangnya, hal hal yang sifatnya seperti merasa sakit, menderita, sedih depres tersebut akan melahirkan emosi negatif. Dan emosi negatif menyebabkan gangguan pada sistem tubuh. 

Jika dibuat skala atau scoring, seperti segitiga disamping ini. berapa banyak score stress intensity meter anda? apakah 1, 2 3 atau 10? nah, semakin tinggi tingkatannya, emosi negatif yang terkumpul di dalam tubuh akan semakin menganggu sistem metabolisme tubuh. dan buruknya, emosi negatif ini bisa membuat aliran darah menjadi mampet, sistem pencernaan terganggu dan lain sebagainya yang tentunya membuat kita jadi tidak sehat.

Ada beberapa tips yang biasa saya lakukan sejak saya duduk di bangku SMA. tindakan ini adalah afirmasi diri. bagaimana caranya? yakni memperbaiki pola pikiran, perkataan dan ungkapan kepada suatu yang bersifat positif atau melahirkan aura positif. sepert "Saya akan selalu sehat, dan bersemangat hari ini." atau bisa juga "Pekerjaan saya akan lancar, dan sesuai dengan jadwal". Konon katanya, apapun yang terbersit di dalam pikiran, perasaan dan ucapan kita, akan menjadi pemicu dan sumber tenaga yang diwujudkan oleh alam semesta. lantas jika ucapan yang terucap atau terbesit dan dipikirkan oleh kita buruk, maka energi yang mucul dan aktualisasi kegiatannya menjadi energi negatif.
 
Nah, sambil berafirmasi positif seperti yang saya jelaskan diatas, kita bisa sambil mengetukan dua jari kita secara perlahan pada titik tubuh gambar di bawah ini,
 
Tapping Points

Jadi begini resepnya, 
1. Mengungkapkan sikap/perkataan/perasaan afirmasi  sebanyak 3x, sambil
2. ketuk 7x pada setiap titik energi pada gambar diatas, sambil mengulangi kalimat afirmatif pada setiap titik. 
3. Ambil nafas dalam, lalu lepaskan dan ulangi terus seperti itu
4. untuk mempermudah, silahkan lihat video dibawah ini untuk lebih memperjelas atau bisa juga dilihat di link ini https://www.youtube.com/watch?v=CiK7HdXvijk



3 komentar:

  1. Ilmu NLP ini ya? Dicoba kalau lagi me time dan sebelum tidur kali ya.

    BalasHapus
  2. hai mas Arif Abdurahman.. silahkan :)

    BalasHapus