Kamis, 25 Juli 2013

[Puasa 1434] Tips bangun pagi

picture from google.com

Kesiangaaaaaannnnnn aaakkkkk~
Pagi yang cukup menyebalkan karena mendapati diri saya terbangun pukul 8.30 pagi. Melewatkan waktu sahur, shalat  subuh dan berimbas pada hari ini saya tidak berpuasa. Yup, sangat menyebalkan. dan ini saya berikan tips agar tidak bangun kesiangan atau bisa bangun pagi. saya berikan tips ini untuk diri saya sendiri. hehehe. Check it out!

1. Jangan tidur terlalu larut malam
Usahakan maksimal pukul 10 malam, anda sudah beristirahat dan tidur. hal ini dikarenakan, jam minimal tubuh untuk beristirahat adalah 8 jam. waktu yang sangat berkualitas untuk tidur dan bisa membuat anda lebih segar saat bangun keesokan harinya. Kecenderungan untuk terlambat bangun akan semakin besar saat anda harus bangun sahur atau subuh, tapi jam 1 dini hari atau lebih. karena tubuh ternyata masih menbutuhkan lebih banyak waktu untuk beristirahat.

2. Pasang alarm (extra)
ini salah satu penunjang terbesar untuk bangun pagi. alarm. kenapa saya bilang exstra, karena anda harus memasangnya di banyak tempat. mulai dari alarm jam (oldskul banget ya..tapi mudah2an masih pada punya), alarm di hp dan alarm lainnya yang anda miliki. beruntung jika anda punya banyak telfon genggam, sehingga memudahkan anda untuk membantu bangun. gunakan ringtone yang sedikit berisik, supaya saat berbunyi akan menimbulkan sedikit gangguan sehingga anda terpaksa harus bangun.
3. Minta orang lain untuk membangunkan anda
Jika anda sedang berada dirumah. anda bisa memanfaatkan ayah, ibu keluarga dirumah untuk membangunkan anda. mintalah pada mereka untuk melakukan itu di waktu yang anda inginkan. atau anda juga bisa minta tolong kepada orang terdekat anda (sahabat, pacar, teman, dll) untuk menelfon anda di waktu yang anda harapkan anda ingin bangun. Hewan peliharaan juga bisa membantu anda bangun pagi, karena mereka cenderung memiliki jam biologis di pagi hari, mereka biasa seringkali mengeong atau namun ini tidak berlaku pada mereka yang tinggal sendirian. hiks
4. Niatkan dalam hati
ini adalah poin terpenting saat bangun pagi. bahwa anda harus punya niat dan tekad yang tinggi untuk melakukan itu.  karena meskipun poin 1 sampai dengan 3 sudah anda lakukan, dan anda tidak berniat sama sekali untuk bangun lebih awal. akan menjadi sangat percuma lho. seperti saya pagi ini.. hiks..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar