Kamis, 19 Maret 2015

'HARUS', Perjuangan Perempuan HIV Melawan Kekerasan




Pada Tahun 2012, Ikatan Perempuan Positif Indonesia (IPPI) yang merupakan jaringan nasional perempuan yang hidup dan terdampak dengan virus HIV membuat sebuah film pendek berdurasi 25 menit berjudul HARUS. Film ini merupakan ilustrasi dari pendokumentasian kasus kekerasan yang pernah terjadi pada anggota IPPI yang dilakukan pada Bulan Juli sampai dengan Oktober tahun 2011.

Dalam Proses pendokumentasiannya, IPPI menemukan bahwa perempuan khususnya mereka yang hidup dengan HIV, mendapat tindak kekerasan baik secara fisik, mental, dan ekonomi yang didapat bukan hanya dari pasangan, melainkan dari keluarga dan masyarakat. Sampai film ini selesai di buat, dan hingga kini tahun 2015, masih banyak sekali kasus kekerasan yang terjadi pada sahabat sahabat saya yang hidup dan terdampak HIV, masih banyak sekali perempuan perempuan baik di kota maupun di pelosok desa yang tidak mendapatkan pelayanan kesehatan secara maksimal.

Film ini dan dokumentasi kasus kekerasan IPPI, mengajarkan saya untuk lebih giat untuk berjuang menginformasikan mengenai pencegahan dan penularan HIV serta pengobatan HIV yang sudah dapat diakses dengan mudah. Dengan cara yang saya mampu (melalui tulisan tulisan saya, dan bersama @ODHAberhakSehat) saya berharap, tidak ada lagi  perempuan yang meneteskan air mata dan darah karena mengalami kekerasan dan haknya diabaikan.

Menyaksikan kembali film ini melalui youtube (walau punya dvd-nya) saya jadi kangen sama banyak orang. Orang orang yang pernah membuat saya jatuh, orang orang yang membuat saya bangkit dari keterpurukan, dan kini (alhamdulilah) saya hidup jauh lebih baik, mereka semua yang pernah menjadi bagian dari kehidupan saya..terima kasih.

Salam sayang dan Rindu untuk kalian semua,
Oldri Sherly Mukuan, Meirinda Sebayang, Baby Rivona, Sari Aznur, Aci Sabeum, Sari Novia, Naomi terito, Lola Lamanda, Bani Risset, Dwie Surya, Syafirah Hardani Asj'ari​, Marcia Soumokil​, Asti Widihastuti​, Surya Anaya​, Tim Produksi film : Ripe dkk. Terima Kasih untuk Melanin Band untuk soundtrack film yang keren ‘aku ingin dia selamat’ dan Aulia Syarief untuk music music pengiring yang indah, terima kasih untuk bang Naomi untuk Birahi Blues-nya. Terima kasih untuk para pendukung film yang tidak bisa disebutkan satu persatu.

Terima kasih untuk seluruh Anggota IPPI diseluruh Indonesia, walau kembali menangis dan sakit kepala saat nonton film ini. Saya bangga menjadi bagian dari kalian semua. Terima kasih untuk Christine Mester, dan seluruh Staff Sekretariat Nasional yang masih terus berjuang bersama dalam organisasi IPPI. Love you all!


Film HARUS dapat disaksikan dan diunduh di link ini


listen to this amazing song too!
Birahi Blues https://www.youtube.com/watch?v=ZssM161R8Ns
Aku Ingin Dia Selamat https://soundcloud.com/melaninband_id/aku-ingin-dia-selamat


Baca Juga

“Global mechanism, regional solution: ending forced sterilization”

2 komentar:

  1. Baru tahu ada film tema ini. Thank's Mbak udah sharing! :))

    BalasHapus