Rabu, 03 Juli 2013

Beli Beras Merah Dimana Ya?

Picture from Google.com

Beras merah dikenal sebagai pengganti beras putih yang lebih menyehatkan. Beberapa ahli gizi menyarankan bagi para penderita obesitas untuk mengkonsumsi beras merah sebagai sumber karbohidrat. Beras merah juga diketahui memiliki karbohidrat kompleks yang membuat perut kenyang lebih lama.

Khasiat lain dari beras merah yang baru ditemukan adalah ternyata beras merah juga mampu mengurangi hasrat untuk mengkonsumsi makanan berlemak tinggi. Manfaat ini diharapkan dapat membantu menurunkan obesitas maupun diabetes pada manusia. Hal ini dilansir oleh jurnal American Diabetes Association dari penelitian tim Prof. Hiroyuki Masuzaki di Univesitas Ryukyu, Okinawa, Jepang, Senin 30 Juli 2012.

Tim ini meneliti sekelompok tikus yang diberi pilihan makanan. Seperti mamalia lain, termasuk manusia, tikus lebih memeilih makanan yang mengandung banyak lemak ketika merasa kelaparan. Hal ini yang menyebabkan tikus mengalami kegemukan.

Namun ketika peneliti mengganti separuh asupan karbohidrat dengan beras merah, para tikus memilih makanan sehat dan berhasil mengurangi berat badan mereka. Ketika asupan karbohidrat diganti dengan beras putih, para tikus kembali memilih makanan berlemak. Saat tim mengekstrak gamma oryzanol dari beras merah untuk para tikus, mereka kembali memilih makanan sehat.

Manfaat beras merah pun langsung nampak dalam penelitian. Karena kandungan zat dalam beras merah menyerap lemak dalam pencernaan, kadar gula dan lemak dalam darah menurun. Namun saat tikus mengkonsumsi makanan berlemak, otak bagian hipotalamus yang mengendalikan nafsu makan tertekan sehingga kecanduan lemak.

Tim berencana melakukan penelitian terhadap 50 orang pada musim gugur mendatang. Para responden akan diberi suplemen yang terbuat dari gamma-oryzanol. “Beras merah sangat aman dan manusia telah mengkonsumsinya selama berabad-abad. Kami berharap dapat mengembangkan suplemen untuk mengatasi obesitas dan diabetes,” ujar Masuzaki
 
Sumber : Tempo.co

1 komentar:

  1. Saya sendiri sudah 3 tahun mengkonsumsi beras merah, gara - garanya ibu saya terkena diabet, akhirnya semua keluarga konsumsi. Awalnya sih dicampur dengan beras putih biasa.

    Saya beli beras merahnya online di www.umawali.org. Berasnya tidak keras dan tidak perlu dicampur dengan beras putih.

    BalasHapus