Kamis, 11 Juli 2013

[Puasa 1434H] Day 1, I Miss My Family

Spirit Of Ramadhan! 
Pada ramadhan kali ini saya berinisiatif untuk sharing tentang apapun setiap harinya. Pastinya semoga bermanfaat buat siapapun yang membaca ini yah. well, Marhaban Yaa Ramadhan, Selamat datang wahai bulan penuh hikmah dan ampunan, Ramadhan. Kalau kamu semua ditanya, apa yang mengingatkan kalian dengan bulan ini. sambil tersenyum pasti ada beberapa jawaban ini, seperti buka puasa bareng, atau teraweh, atau kolak pisang sama es buah, atau pastinya ingat dengan keluarga. 

Begitupula dengan saya. Ramadhan selalu mengingatkan saya tentang betapa keluarga memiliki peran yang sangat penting bagi seluruh aspek kehidupan saya. Dan Ramadhan tahun ini, kondisinya sedikit berbeda. we're not as one again. Sepeninggal suami saya tahun 2009, saya yang akhirnya kembali kerumah mama kembali menjadi anak manis, bersama orangtua dan kakak adik saya. namun di tahun 2013 ini, ada yang sedikit berbeda. Kenapa? karena saya memutuskan untuk berpuasa di kantor. Senin - Jum'at saya akan tinggal di Rawamangun, sabtu dan Minggu akan pulang kerumah. Dengan beberapa alasan seperti cost transportasi yang akan sedikit lebih ekonomis. di sisi lain, yang membuat berbeda adalah ini puasa ke-6 tanpa kakak pertama saya yang telah wafat di tahun 2006, dan puasa tahun ke-2 tanpa kakak kedua saya, karena beliau sekarang bekerja di Dubai. Huhuhuhuhuu, sedih yaa.. engga sih biasa aja. Hidup itu tentang segala hal, kepastian tentang hidup hanya Allah swt yang mengetahui. begitupula hal yang sungguh pasti dari kehidupan adalah kematian dan satu hal yang abadi sifatnya hanyalah cinta Allah swt kepada umatNya.

Picture by Google.com

Puasa kali ini juga sangat membahagiakan karena adik saya yang paling bungsu Muthia, alhamdulilah lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru di Universitas Jendral Soedirman Purwokerto. Alhamdulilah. berkat kegigihan dan semangatnya untuk belajar dan mengejar cita cita, terwujudlah impiannya untuk menempuh pendidikan lanjutan ke perguruan tinggi negeri. Beberapa persyaratan dan kelengkapan pun mulai dia penuhi di hari pertama puasa ini. mulai dari Pemeriksaan kesehatan, mengurus surat bebas narkotika, dan beberapa persyaratan yang harus diregistrasinya via online. Rencananya, 16 Juli besok dia bersama papa akan bertandang ke Purwokerto untuk registrasi fisik dan menyerahkan beberapa kelengkapan surat menyurat seperti ijazah dll. Proud of You dear sister!

Alhamdulilah lagi! Ramadhan kali ini dihiasi warna merah dan Putih bagi putri saya tercinta. yang kini sudah memasuki usia sekolah dasar. InsyaAllah, Senin 15 Juli 2013 mendatang adalah hari pertama-nya memasuki jenjang yang baru. semoga kamu selalu menjadi anak yang baik, yang menjadi cahaya dan kebahagiaan bagi setiap orang yang melihatmu.

Walaupun puasa kali ini ada jarak terbentang diantara kita semua. Mama, papa, Alm Abet, Alm Mas Adhi, Mas Hendi, Putri, Saya dan Malika. Saya yakin ada jembatan yang tidak terlihat, yang selalu terucap dalam doa dan semangat kekeluargaan kami, yang walaupun tidak pernah ditunjukan. bahwa kami saling mengasihi dalam diam, kami saling mencintai dalam jarak, dan bila pada saatnya bertemu nanti, akan ada pelukan kasih diantara kita semua.

Ada satu hal yang menyenangkan di hari pertama puasa ini. Bahwa saya merasakan nikmatnya Ramadhan, dan menikmtai khusuknya ibadah setelah bekerja di Indonesia AIDS Coalition. karena saya mendapatkan keleluasaan untuk tetap beribadah di sela sela waktu kerja saya. Dengan suasana kantor yang sangat nyaman, sehingga untuk sholat, mengaji, sahur dan berbuka puasa tidaklah menjadi halangan bagi saya. Berharap bahwa puasa Ramadhan ini bukanlah hanya sekedar menahan lapar dan haus, melainkan juga melatih kesabaran dan perbaikan diri ke depannya. Semoga Ibadah saya bulan ini menjadi konsisten, di bulan bulan mendatang.

Oh iya, salah satu ritual wajib yang selalu saya lakukan adalah tadarus Qur'an. Biasanya saya lakukan setiap habis teraweh dan setelah shalat subuh. namun karena saya lupa membawa Qur'an ke kantor, maka ritual mengaji saya sangat terbantu dengan adanya applikasi online di internet yang memudahkan saya tetap bisa mengaji dan membacanya. Yuk, Buka aplikasinya disini, sayangnya arti di applikasi ini dibuat dalam bahasa Inggris. Sehingga saat kita ingin sekaligus memperdalam makna ayat yang kita baca, agak kesulitan karena harus membuka sederet.com hehehe.

Over All, alhamdulilah wa syukurilah untuk puasa hari pertama yang berjalan sungguh baik dan lancar. tidak ada haral merintang terkait kesehatan, ARV dan lain sebagainya. terima kasih juga untuk @Febbylorentz yang memberikan doa pada saya untuk dibaca di awal Ramadhan.

Bismillahirrahmanirrahim.
Allahumma shalli ala Muhammadin wa ali Muhammad.
Allahumma innahu qad dakhala syahru ramadhana.
Allahumma rabba syahri ramdhanal ladzi anzalta fihil qur'ana.
Wa ja'altahu bayyinatin minal huda wal furqani.
Allahumma fabarik lana fi syahra Ramadhana 
wa a'inna 'ala shiyamihi wa shalawatihi wa taqabbalhu minna.

Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.
Ya Allah, sampaikan shalawat kepada Nabi Muhammad dan keluarga Nabi Muhammad.
Ya Allah, sungguh bulan Ramadhan telah tiba.
Ya Allah, Tuhan Pemilik bulan Ramadhan, yang didalamnya Engkau turunkan Alquran.
Dan menjadikannya sebagai penjelas antara petunjuk dan pembeda.
Ya Allah, berkatilah kami di bulan Ramadhan, 
bantulah kami dalam menunaikan puasanya dan salat 
serta terimalah amalan-amalan kami didalamnya.

Alhamdulilah. semoga di bulan Ramadhan ini, kita selalu menjadi pribadi yang dicintai Allah swt, bermanfaat bagi sesama, dan mampu memperbaiki diri untuk kehidupan dunia akhirat. Semangat yaaa Puasanyaaa. terus ikutin postingan saya setiap hari yaa..  

3 komentar:

  1. selamat berpuasa dan semangat sampai akhir teteh. :)
    tulisannya menginspirasi euy, seneng bacanya. :)
    semangat teh, akan ada do'a yg terbaik dan tak pernah putus buat teteh kok ;)

    BalasHapus
  2. terima Kasih Arai! Semangat semangat!
    Selamat menunaikan Ibadah Puasa juga yah...

    BalasHapus
  3. nice post frnd i like artical thanks for the artical

    BalasHapus