Rabu, 20 Januari 2016

Mengalahkan Ketakutan Dalam Diri Sendiri (18-365)

source : pexels.com
Banyak sekali hal dalam hidup yang mampu membuatmu takut. Ketakutan yang membuat kita tidak dapat tidur, tidak enak makan, gelisah, tidak mampu melakukan aktifitas sederhana karena dikalahkan oleh rasa takut itu sendiri. Saya sendiri merasakan bahwa saya pribadi yang sangat penakut, saya sangat mudah terintimidasi oleh rasa takut di dalam diri sendiri. Dan kita benar-benar membutuhkan bantuan untuk menyelesaikan persoalan tersebut. 

hal ini tentunya tidak mudah. karena tentunya kita akan disibukkan dengan pikiran kita sendiri yang berusaha keras berkata, its ok.. kamu gak apa-apa, semua akan baik baik saja. Tapi kenyataannya, rasa takutnya menjadi berlipat ganda dan semakin memenuhi kepala. Ada beberapa hal yang sering membuat orang takut, dan saya memiliki lebih dari satu hal dan itu sering kali membuat saya gila. Mulai dari hal-hal sederhana seperti kecoa, ruangan gelap, ketinggian, tidak bisa sendiri, dan banyak hal lain. 

Salah satu hal yang (bagi saya sangat baru) membuat saya ketakuan dan trauma setengah mati adalah saat kita memiliki anggota keluarga yang memiliki gangguan kejiwaan. (Baca Tulisan saya sebelumnya Bayang-bayang skizofrenia Paranoid dan memiliki Keluarga Dengan Skizofrenia). Saya harus melawan ketakutan saya SETIAP HARI. Setiap mendengar suaranya, mendengar suara orang membuka pintu, saat akan keluar rumah dan banyak aktifitas sepele yang sangat membekas luka besar berupa ketakutan mendalam pada diri saya.

Saat ini adik kami, dalam pantauan pengobatan. Namun, persoalan ini bukan semudah HIV yang bisa dikontrol oleh obat. Harus ada dukungan besar dari orang terdekat yang seringkali abai,cuek, gak peduli dan gak mau tau akan urusan ini. Saya tidak mau mengatakan diri saya korban, namun rasanya nampak seperti itu. Saya harus bernegosiasi dengan diri saya, saat hendak memulai hari dan memastikan bahwa saya tidak takut. Saya tidak menangis, saya bisa menghadapinya. 

And it still so hard.. sampai hari ini. Saya tidak tahu saya harus kemana. Saya tidak tahu bagaimana mengalahkan ketakutan yang satu ini. Jika meminta diri saya berdamai akan persoalan ini saya malah khawatir akan menghilangkan rasa waspada saya akan kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi. Oh, I really need help to handle my fear. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar