Selasa, 21 April 2020

Marhaban Yaa Ramadhan 2020

Beberapa hari lagi kita akan ketemu kembali dengan bulan Ramadhan. Sayangnya bulan ramadhan kali ini benar benar berbeda karena situasi COVID-19 yang menyebabkan kita semua harus menjaga jarak dan di rumah aja. Hikmah besarnya adalah kita bisa lebih khusyu beribadah dan fokus sama apa yang harus kita selesaikan. Untuk saya pribadi, bulan Ramadhan adalah bulan yang sangat spesial karena ada banyak kenangan manis yang selalu saya ingat setiap bulan Ramadhan. Meskipun ga semua ceritanya adalah cerita cerita bagus, kebanyakan adalah kenakalan saya semasa remaja tapi itu membuat saya ingat bahwa perjalanan panjang tersebut akan mengingatkan saya untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

Nah cerita cerita apa aja sih selama Ramadhan yang paling saya inget sejak saya kecil sampai saya sekarang sudah berkeluarga seperti sekarang ini. Tulisan kali ini akan mengisahkan soal pengalaman pengalaman seru tersebut. Kalau ada yang relate, bisa lho cerita juga di komen artikel ini pengalaman apa yang paling menarik selama bulan Ramadhan kamu kamu semua!

1. Solat subuh di mesjid dilanjutkan main petasan
Kalau temen temen saya yang tinggal di Reni Jaya Pamulang di era th 90-an pasti inget betul masa masa ini. Jadi seinget saya di tahun 1993-1998'an saya rutin melakukan ini. Sehabis sahur kami akan saling nyamper ke rumah temen untuk bersama sama ke mesjid untuk solat subuh berjamaah. Entah kenapa kami rajin rajin amat waktu itu teh. Setelah saya ingat ingat, kayaknya solat berjamaahnya hanya menjadi modus supaya kami bisa main di kala subuh sampai pagi hari. Dan tentunya mendapat ijin dari orangtua untuk keluar rumah. Wkwkwk. Setelah solat selesai kami akan konvoy ke tanah lapang untuk main petasan. Kala itu masih banyak komplek perumahan yang belum dibangun dan masih berupa tanah lapang. Saya gak tahu apakah kebiasaan ini masih dilakukan oleh anak anak komplek seperti yang kami lakukan dulu.

2. Cinta monyet bersemi di kala teraweh
Ini adalah salah satu yang gak pernah saya lupakan. Saya hampir ga pernah gonta ganti orang yang saya suka semasa bulan Ramadhan. Jadi apakah itu cinta di bulan Ramadhan sajakah? saya juga ga tahu. Bermula dari dia adalah secret admirer saya sedari duduk di bangku sekolah dasar sampai akhirnya SMP dan berlanjut ke SMA. Laki laki ini kemudian setia menjadi orang yang memberi saya semangat untuk berangkat teraweh. Pada saat SMA, kami sempat bener bener dekat walau akhirnya saya melakukan kesalahan dan meninggalkan orang ini untuk satu dan lain hal. Siapakah orangnya? ya tentu tidak akan saya ceritakan di sini hahaha. Sampai hari kami masih berhubungan baik melalui facebook, kami sudah sama sama menikah. Dia sudah punya dua orang anak dan rasanya masih tinggal di Pamulang.

3. Pernah jadi anak remaja mesjid
Yup, cerita nomer tiga ini berhubungan erat dengan cerita nomer dua. Laki laki yang saya suka kebetulan tinggal di satu komplek dan satu RW dan kami sama sama menjadi anak remaja mesjid. tentunya sebagai anak yang lebih muda saya adalah follower. Dia lebih dulu bergabung menjadi remaja mesjid, saya menyusul kemudian karena ditawari oleh salah seorang kawan. Biasanya kami membantu marbot mesjid menyiapkan takjil untuk orang orang yang akan berbuka puasa di mesjid. Membantu menghitung kotak amal, membantu penerimaan zakat fitrah dan lain sebagainya. Dan kisah percintaan saya dengan sang anak remaja mesjid semakin indah saat setiap selesai teraweh kami bertadarus bersama di mesjid. Ahh,.. serunya! ihiw

4. Diam diam suka minum air mentah di kamar mandi
Kalau yang terakhir ini adalah kebiasaan aneh yang kalau saya pikir pikir kenapa sih saya harus melakukan itu. Jadi semasa saya di SD saya suka dengan sadar ke kamar mandi dan minum air keran karena sudah kehausan. hanya minum saja lalu melanjutkan puasa kembali. Tentunya alasan "kan masih kecil" bukanlah pembenaran ya. Tapi kenapa juga ya saya ga minum air mateng aja? Kan sama sama udah batal juga, tapi lebih sehat. LOL!

Kalau kalian, apa sih cerita cerita menarik yang semasa kecil atau remaja dan waktu muda pernah terjadi? Pasti ada juga ya yang merasakan hal yang sama. Sayangnya sekarang ini mungkin kita ga akan bisa merasakan solat subuuh jamaah di mesjid, taraweh, tadarus bersama di luar rumah. Karena pandemi covid-19 akan menjadi lebih buruk kalau kita berkumpul dan berkerumun. Jadi dengan semangat sehat dan semangat supaya Indonesia menjadi lebih baik, kita bisa tetap beribadah dnegan khusyuk meskipun kita ga bisa melakukan banyak kebiasaan baik bersama sama di luar sana. Insyallah, Allah senantiasa menerima semua amal baik yang teman teman semua lakukan ya! aniway, Terima kasih juga sudah membaca tulisan hari ini. Stay safe, love you all!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar