Senin, 20 April 2020

Rutinitas Selama di Rumah Aja!

Hal yang paling sulit dilakukan saat harus di rumah aja adalah mengulang ritual ritual yang seharusnya terasa biasa saja. Kenapa itu menjadi sulit, karena biasanya pada kondisi diluar pandemi covid-19 kita masih bisa melakukan aktifitas di luar rumah seperti bekerja, bertemu dengan kawan dan aktifitas lainnya. Sehingga rumah atau luar rumah bisa menjadi obat. Contohnya kala sedang di rumah seharian jenuh berminggu minggu kita bisa keluar untuk bertemu kawan. Begitupun sebaliknya saat kita sudah terlalu sibuk dengan pekerjaan, rumah bisa menjadi hal yang paling dirindukan untuk tempat kita pulang. 

Nah kondisi sekarang ini tidak memungkinkan untuk kita beraktifitas luar rumah seperti bekerja dan bertemu atau berkumpul dengan kewan dan sebaliknya kita diharuskan untuk di rumah saja setiap hari melakukan aktifitas yang sama berulang - ulang. Lantas, kebiasaan apa sih yang berubah di rumah saat kondisi COVID-19 ini sedang terjadi.. padahal kebiasaan itu biasa kita lakukan.. namanya juga kebiasaan ya gak.

1. Memasak
Sebelum COVID-19, saya sebenernya termasuk yang jarang memasak. Karena tinggal hanya dengan tiga orang membuat aktifitas mengolah bahan pangan dan memasaknya itu menjadi merepotkan. Ih dasar ibu pemalas! Memang yeee! LOL. By The way, setelah situasi di rumah aja, memasak menjadi rutinitas SETIAP HARI yang saya lakukan karena.. pertama sudah ga banyak lagi tukang makanan yang berjualan dengan leluasa. Keduanya jajan di luar setiap kali mau makan membuat bangkrut. Sehingga sudah tiga minggu terakhir ini saya memutar otak untuk memasak makanan makanan sehat ala rumahan yang saya masak dengan ala kadarnya. tapi tetap sehat, higienis dan ramah untuk kantong.

2. Mencuci dan Menyetrika pakaian
Sebetulnya, sebelum COVID-19, ini adalah hal yang tetap harus dilakukan karena kan kita membutuhkan pakaian untuk beraktifitas. Tapi, karena sekarang setiap hari benar benar ada di rumah saya mengubah kebiasaan mencuci dan menyetrika pakaian ini yang tadinya dilakukan seminggu sekali. Sekarang pertiga hari sekali saya sudah mencuci pakaian. Dan per dua minggu sekali say amenyetrika baju baju tersebut padahal sebelumnya saya selalu dibantu oleh tukang setrika kiloan. Lagi lagi demi alasan penghematan dan mengisi waktu luang.

3. Tidur
Saya ga tau kenapa nulis bagian yang ini. tapi ini adalah salah satu kebiasaan yang berubah total dimana saya jadi tidur kapan aja tanpa banyak berfikir. kebiasaan tidur tepat waktu di malam hari berubah menjadi tidur larut malam dan tidur kapan saja dapat dilakukan kapanpun dan dengan durasi yang sesuka hati. Sleep is my middle name nowadays.

4. Membersihkan rumah atau benda - benda yang sebelunya jarang dibersihkan
Nah kalau yang ini beneran ga ada kerjaan sih. Selama di rumah aja sebulan ini ada banyak hal yang akhirnya saya bersihkan setelah telah lama ku tak melakukan ini. Saya membersihkan kulkas, kompor, satu buffet lemari berisi keramik dan porselen milik mertua, I clean up my book shelf.. tiap buku one by one. Dan rasanya sangat memuaskan!! hahaha so weird tapi aku senang sekali karena akhirnya ada banyak hal yang menjadi lebih bersih during this hard time.

5. Melakukan Hobi
Ini salah satu yang akhirnya tercapai lagi. Menulis blog dan menggambar mandala menjadi rutinitas harian yang saya kembali lakukan. So i dont need to explain more karena buat saya dua hal ini adalah hal yang bisa menjadi coping yang baik untuk menyembuhkan

6. Melakukan hal baru
kalau yang ini bukan saya sih. I'm not doing anything new in this situation. Ini  suami saya yang kemudian belajar membuat VLOG! yesss, suamiku yang ajaib itu bikin Vlog. Sooo for closing this article, I kindly ask you to subscribe his channel just to see how his effort to do the shoot.. and edit the video. He is funny Tho!

So, terima kasih sudah membaca yaa. Semoga kamu kamu kamu juga punya aktifitas sehari hari yang membuat kamu sehat dan bahagia! Inget yaaa kalau ga perlu perlu amat ga usah keluar dan tetap sehat! love you all!

2 komentar:

  1. Kenapa gw ngerasa begitu di rumah aja yg musti dikerjain malah tambah banyak ya, Yu? Lu berasa gitu nggak sih Yu? Atau ini perasaan gw aja...?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha BETUL de! sepakat. Gw merasa kita jadi melihat kembali apa yang belum dikerjakan. atau yanag ga pernah dikerjakan sama sekali. Gw seneng seneng aja sih, cuma kangen keluar keluar dan nongkrong sama wankawannn ajaaa hikzzzz

      Hapus