Selasa, 19 Mei 2020

A Morning Reflection

Saat seseorang merasa baru saja melakukan aktifitas yg resiko HIV...
Saat seseorang bahkan merasa memiliki gejala HIV...
Saat seseorang baru tahu kondisi HIV...
itu pukulan telak bagi mereka… semua pasti parno.. dan takut..

Sayangnya…
Gak semua orang bisa langsung kuat kayak saya atau kamu..
Gak Semua orang langsung pintar kayak kamu, kamu dan kamu..
Semua butuh proses…

Karena… saya juga pernah ada di posisi orang yang ga tahu apa apa, paranoid dan ketakutan.
Mungkin kamu juga pernah ngerasain.. tapi sudah lama dan lupa karena sekarang hidupmu sudah oke oke saja dan bahagia…

Maka itu… jika ada orang lain yang ga kita kenal.. ada orang lain yang tanya sama kamu soal HIV karena dia merasa kamu tahu jawabannya.. jawablah dengan cara yang baik..

Jangan malah sinis… dihina, dibully, diledekin..

Mungkin pertanyaan itu sudah 1.800x ditanyakan orang ke kamu.. tapi ya mereka memang butuh informasi supaya mereka tahu dengan pasti kemana tes HIV, gimana caranya tes HIV… apa yg harus mereka lakukan kalau mereka positif.

Kalau kamu merasa terbebani untuk jawab pertanyaan mereka, ya jangan dijawab..
kamu ga harus menjadi pahlawan dengan selalu menjawab pertanyaan orang lain.
dan yang paling penting… diam.. jangan malah membully

Lalu… Kalau kamu bukan dokter, jangan pernah jawab pertanyaan yang bersifat medis. Jangan kasih saran soal obat – obatan. Minta mereka untuk konsultasikan pada dokter. Dan lagi lagi jangan lah dibully.. orang tuh butuhu bantuan lho.

Nah buat teman – teman yang membutuhkan informasi soal HIV AIDS juga harus paham bahwa teman ODHA atau aktifis HIV bukan hanya sumber rujukan utama dalam mencari informasi, karena bisa jadi… hari dimana kamu bertanya.. mereka juga lagi pusing, ga punya duit, atau lagi bĂȘte sama pacarnya.. atau masalah apapun.. sehingga mereka ga selalu bisa ada buat kamu.

Kamu bisa pergi ke puskesmas atau layanan kesehatan juga untuk dapat informasi yang lebih valid soal kesehatan.

Ayolah kita sama sama saling bantu.

Buat yang mau bertanya juga… mungkin bisa scroll scroll dulu ke postingan sebelumnya dan banyak baca penjelasan2 yang pernah ada di grup. Kalau ga ada jawabannya baru ditanyakan. Dan yang lebih penting, jika kamu sudah tahu soal resiko HIV.. hindari perilaku beresikonya.. atau lakukan dengan aman agar kamu ga tertular HIV.

Buat yang sudah lebih lama.. lebih expert.. lebih sehat..
Bisa kan kita bantu jawab dengan cara cara yang baik, sopan dan membuat orang lain merasa nyaman. Apa sih keuntungannya kita jawab ketus ketus atau kasar kasar… kan ga bikin kita jadi kaya juga..

Saya juga ga sempurna, ga selalu bisa jawab pertanyaan teman – teman di grup karena saya juga punya kehidupan yang harus saya urus. Ini Cuma keprihatinan saya aja. Saya yakin, bukan hanya saya tapi kamu… tapi semua juga ga mau kan odha tambah banyak.. atau yang makin banyak yg meninggal karena terlambat penanganan atau ga tahu informasi.

Semoga bisa menjadi pengingat buat semua apalagi di masa covid-19 seperti ini. Mari bikin timeline facebook lebih sejuk dengan saling memberi informasi dengan benar dan saling memberi semangat.

LOVE!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar