Senin, 18 Mei 2020

AIDS Candlelight Memorial 2020

Ada banyak nama yang terekam dalam ingatan. Mereka yang selama 11 th terakhir mengisi kehidupan saya dengan cara cara dan durasi yang berbeda. Sebagian besar dari mereka saya kenal dari Klinik Wijaya Kusuma di RSUP Fatmawati Jakarta Selatan. Kami sama sama tumbuh dan belajar di sana menjadi manusia manusia yang lebih kuat di klinik tersebut. HIV mempertemukan kami semua dan menjadikan kami saudara. Sayangnya persaudaraan itu kini melampui ruang dan waktu. Kematian memisahkan kami, raga tak lagi bertemu meski rasa rindu tetap dapat diantarkan melalui doa.

Nama nama itu bukan hanya sekedar nama, senyum tawa dan canda serta kebersamaan di waktu yang cukup lama membuat saya senantiasa mengingat mereka dan menjadikan mereka sumber sumber kekuatan untuk tetap melanjutkan hidup dan perjuangan.

Mungkin mereka telah kalah dalam perjuangannya melawan virus HIV. tapi saya mau tetap hidup dan bertahan, meski HIV tidak selalu membuat saya menjadi orang yang kuat. Lebih sering melemahkan mental dan menjatuhkan saya berkali kali. Tapi apa yang tidak mematikanmu harusnya membuatmu menjadi lebih kuat. Episode demi episode kehidupan saya jalani dan kematian karena AIDS tetap datang tak bisa terelakkan.Ada banyak diantara mereka yang tidak beruntung. Tapi mereka beruntung karena tanpa mungkin mereka sadari, mereka kini menjadi saripati kebaikan dalam relung hati kami.

Peringatan AIDS Candlelight Memorial mungkin hanya akan terjadi setiap bulan Mei. Namun setiap saat jiwa jiwa mereka yang telah pergi tetap Abadi. Keep the light on.. because the light is in you.. you may cannot see it.. but when u feel it you need to embrace it. Biarlah Menyala meski dalam gelap. 

untuk Cumink sayang yang suka lemot, Bella kebo yang selalu keras kepala.. Afni the strong one.. A'a Aziz yang sering nganter aku pulang pake vespa, Neng Wulan yang kuat dan kokoh meski perkenalan kita sungguh singkat, untuk Awank sang pengelana, Micko.. gelasmu selalu kugunakan, Untuk Ginanoz maylove.. Ali Akbar yang selalu bijaksana, Arie si serigala berhati baik yang selalu kusayang, Kak Yus.. mawar dari Aceh, Nchis yang keras dan ga bisa terpatahkan.. Jokzin the funniest one.. soulmate semua orang.... dan banyak nama yang selalu ada di hati dan pikiran. Aku merindukan kalian semua.

Untuk semua semangat, kebaikan dan kekuatan kekuata tidak terlihat itu. Terima kasih ya.
May you all now rest in peace. Al Fatihah   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar