Jumat, 22 Mei 2020

Jaga Diri, Jangan Lelah

Begitu banyak konspirasi tentang isu c19 ini. To be honest saya sempat mengikuti perkembangannya di awal dan mengerikan jika memikirkan jika ini memang dibuat oleh manusia dan sengaja dilepaskan untuk tujuan tujuan tertentu. TAPI, sebetulnya jauh sebelum ini terjadi hampir semua isu virus dan penyakit di muka bumi ini akan selalu ada pihak pihak yang mencari cari akar serta asal muasalnya. Entah itu akan end up dengan sebuah teori ataupun fakta bahwa penyakit tersebut memang ada, I decide to believe that virus is here now with us on earth.

Sebagai contoh, pada saat saya terinfeksi HIV saya memiliki pergolakan batin yang luar biasa. Selain karena begitu minimnya pemahaman akan informasi yang saya miliki... saya juga sempat mendapatkan informasi dari kanal kanal yang salah. Jika dalam isu HIV, teori yang berkembang sungguh menyeramkan dan sangat merugikan orang orang yang memang nyatanya terdampak HIV seperti kelompok perempuan dan anak anak mereka.

Pergulatan batin itu tentunya juga dibarengi dengan ketakutan besar karena faktanya hasil pemeriksaan HIV di darah saya menunjukan hasil reaktif pada dua kali pemeriksaan di dua rumah sakit berbeda. Fakta lainnya adalah suami saya (alm) saat itu dalam kondisi yang sangat buruk yang di kemudian hari saya ketahui bahwa dia sudah masuk fase AIDS.

Did I trust the  Issue? Well, I was thinking about that. But.. the most important thing at the end.. I got the virus.. They got us and killin my husband. So Daripada capek capek mikirin teori konspirasi.. saya memilih untuk mencari kebenaran dari para ahli dalam hal ini tim medis di rumah sakit seperti dokter, perawat dan juga mulai berkenalan dengan lebih banyak orang yang juga terinfeksi HIV. You will never know the feelin until you got it. Sadly but true.

Jadi dalam konteks c, saya (alhamdulilah) memang tidak terkena c. Keluarga kecil saya, ayah ibu saya di Pamulang, Kakak laki laki saya di Papua dan adik saya di Kendari.. they all save and healthy. Some of us stay at home but the rest still need to go to work. Kekhawatiran tentang c ini bukannya ga ada.. its there. 

Tapi sekali lagi.. angka dan data membuktikan bahwa hari ini based data global ada lima juta orang yang kena c di seluruh dunia dan tiga ratus ribu diantaranya sudah meninggal dear. Meskipun ada dua juta lebih orang yang dinyatakan sembuh. Tapi menurut saya ini bukan main main. The virus is here... with us.

I can’t argue right now with whoever you are about that. Karena yang paling penting saat ini adalah melindungi diri dan orang orang yang kita sayang serta masyarakat di sekitar kita dengan stay di rumah aja jika bisaaaa. Jika memang tetap harus bekerja dan melakukan aktifitas, please do it safely! Pake masker, social distancing within 2 meters each other... Wash your hand, etc.

And yeah, menjelang Idul Fitri i know this one is the hardest one. I know you miss your parents, your family, your love one. But trust me.. you cannot put yourself or them.. in more danger because you may know your condition.. but you dont know the other that you going to meet in the way there.. or even your fam! Buset separagraf pake bahasa inggris. yagitu deh pokoknya yaaa. Pleasee jangan beli baju lebaran.. ga usah solat ied.. stay home and pray that everything going to be better soon. Thankyou for read until this word ya. God bless you! stay safe





Tidak ada komentar:

Posting Komentar